(AWAL DALAM JENJANG KEWALIAN)
Hazrat Khwaja Farīduddīn
Mas'ūd Ganjshakar
Sayyidi Syaikh Abdul Wahhab as Sya’rani
Rhm bercerita: “Aku melihat Nabi SAW di dalam tidurku, maka aku berkata: ‘Ya
Rasulullah! Bahwasanya hamba sekarang ini seperti kanak-kanak yang baru belajar
Ilmu Tasawuf”.
Maka sabda Nabi SAW: “Baca (perhatikan)
olehmu akan perkataan kaum Ahlus shufi itu, maka bahwasanya orang yang mubtadi
(pemula) yang baru belajar Ilmu Tasawuf itu, yaitu Wali Allah. Adapun orang
yang berilmu Tasawuf ini, maka yaitu seperti bintang yang tiada dapat
dihinggakan akan dia (ketinggiannya)”.
Imam al Ghazali menukil dalam kitab Ihya’nya daripada perkataan sebagian ‘Arifin:
“Barang siapa yang tiada mengetahui
bagian-bagian dari Ilmu kaum Shufi dikhawatirkan mati dalam keadaan Su-ul
Khatimah dan sekurang-kurangnya bagian itu adalah membenarkan (Tashdiq)
dan berserah diri terhadap ahlinya (Taslim)”.
Syaikh Junaid al Baghdadi Rhm berkata:
“Orang
yang membenarkan Ilmu kami ini (yakni Ilmu Tasawuf ini adalah termasuk daripada
Wali Allah yang kecil”.
Syaikh Abu Yazid al Busthami Qs. Berkata:
“Jika engkau melihat seseorang
berhusnuz-zhan dengan perkataan Ahli Thariqah ini (Shufi), maka katakanlah agar
engkau dido’akan, karena sesungguhnya ia menjadi mustajab do’anya”.
Ruwaim Rhm berkata:
“Barang siapa mempercayai perkataan kami
ini (Ahli Shufi) ini meskipun ia berada di belakang 70 hijab (dinding), maka
sesungguhnya ia termasuk daripada Ahlinya”.
Syaikh Zakaria Khandalawi dalam kitab Fadhilah Tabligh-nya mengemukakan beberapa keterangan hadits:
Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Luqman al Hakim berkata kepada anaknya: '‘Wahai anakku, hendaknya engkau menyertai para Ulama dan dengarkan ucapan-ucapan ahli, karena sesungguhnya Allah menghidupkan hati yang mati dengan cahaya hikmah sebagaimana Dia menghidupkan tanah yang mati dengan air hujan”.
Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW: “Siapakah sahabat yang paling baik bagi kami?” Jawabnya: “Seseorang yang apabila kamu melihatnya,
kamu akan teringat kepada Allah. Apabila kamu mendengar pembicaraannya, pengetahuanmu mengenai Islam akan bertambah. Dan apabila kamu melihat kelakuannya, kamu akan teringat hari kiamat”.
Dalam hadits lain disebutkan bahwa hamba Allah yang terbaik adalah orang yang apabila kamu melihatnya, kamu akan teringat kepada Allah, Allah SWT berfirman:
“Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu
kepada Allah dan hendaklah kamu bersama Shiddiqin (orang-orang yang benar)”.
(At Taubah: 119)
Para ahli tafsir telah menafsirkan bahwa orang-orang Shiddiqin dalam ayat ini maksudnya adalah para Ulama Ahli Shufi dan para kekasih Allah (Awliya). Karena barang siapa berdekatan dengan mereka dan berkhidmah kepada mereka, akan mendapatkan tarbiyah dan kekuatan iman.
Dan masih banyak lagi keutamaan orang-orang yang menjalani Ilmu Tasawuf itu, yang tak dapat diuraikan di sini, dan mencukupilah kiranya apabila kita lihat uraian imam al Ghazali dalam kitab-kitabnya.
(Hikayat)
Syaikh Abdul Wahhab as Sya’rani di dalam kitabnya Madarijus Salikin mengisahkan suatu suatu peristiwa yang terjadi pada diri Syaikh Junaid Rhm, bahwa suatu jama’ah yang menuntut ilmu di Baghdad meninggalkan Guru fiqihnya, dan bergabung duduk bersama dalam halaqah Sufi al Junaid, sehingga membuat marah gurunya itu, sampai-sampai menghina dengan kata-katanya atas golongan Shufi. Maka disuruhlah gurunya itu untuk datang kepada al Junaid.
Maka berkatalah al Junaid kepada guru tersebut: “Wahai saudaraku, jika seorang hamba yang ingin bermaksud bertemu dengan kekasihnya memiliki 2 pilihan, ada yang sampai kepada kekasihnya dengan perjalanan kira-kira 30 tahun lamanya dan pilihan lainnya sampai kepada kekasihnya itu dengan waktu singkat kira-kira setahun lamanya. Maka manakah yang anda pilih?” Guru syariat itu berkata: “Tentu aku memilih jalan yang paling dekat dan cepat”. Berkata al Junaid: “Benar”. Lalu berkata guru tersebut: “Thariqah (jalan) kami adalah jalan yang paling dekat kepada Hadhrat Allah Ta’ala Al Haqq daripada thariqah (jalan)mu”. Maka berkatalah al Junaid: “Jalan dzikir kepada Allah itu lebih dekat/ mudah sampai kepada Allah daripada jalan mengetahui hukum-hukumNya, dikarenakan jalan syariat itu berhubungan dengan makhluk, sedangkan ‘jalan’ dengan dzikrullah itu berhubungan langsung dengan Allah Ta’ala Al Haqq”.
Guru syariat itu akhirnya berkata: “Apakah bukti kebenaran ucapan kamu itu?” Maka seru al Junaid kepada yang hadir: “Ambillah batu ini dan lemparlah kepada orang-orang Sufi yang faqir yang sedang berdzikir”. Maka ketika dilempar, berteriaklah mereka disertai ucapan ‘Allah, Allah’, dikarenakan asyiknya akan dzikrullah. Kemudian al Junaid memerintahkan mengambil batu yang lain untuk dilempar ke tengah-tengah jama’ah fuqaha. Dan ketika dilempari batu itu, maka terlihatlah jama’ah itu marah semuanya sambil berkata: ‘Tidak boleh engkau melakukan pelemparan seperti tadi, perbuatanmu itu haram!’
Menyaksikan perbedaan mencolok tadi, akhirnya sang guru syariat mengakui keunggulan dan kebenaran al Junaid: ‘Aku mohon ampun kepada Allah atas apa-apa yang menyalahi akan engkau, sekarang benarlah perbuatanmu tadi’. Lalu ia menjadi sahabat al Junaid dan mengambil thariqah daripada al Junaid, sampai ia menjadi sahabatnya yang paling dekat.
************
Imam Qusyairi mengatakan: “Manusia
adakalanya terpukau pada ayat dan hadits, adakalanya cenderung pada penggunaan
akal dan pikirannya. Bagi manusia pada umumnya, sesuatu yang tampak ghaib bagi
mereka menjadi tampak jelas bagi kalangan Shufi. Bagi khalayak, pengetahuan
merupakan tumpuan, namun bagi kalangan Shufi pengetahuan itu didapat dari Al
Maujud, Allah Al Haq. Mereka adalah sekumpulan hamba yang senantiasa
berjumpa dengan Allah SWT (Ahlul Wishal), sementara manusia pada umumnya
berpihak pada pencarian bukti (Ahlul Istidlal). Para Shufi itu adalah
sebagaimana yang diungkapkan penyair:
Malamku, bersama WajahMu, cemerlang
Sedang kegelapan menyelimuti manusia
Manusia dalam kegelapan yang gulita
Sedang kami dalam cahaya siang benderang.
Sedang kegelapan menyelimuti manusia
Manusia dalam kegelapan yang gulita
Sedang kami dalam cahaya siang benderang.
Tidak satupun zaman dalam periode Islam,
melainkan selalu ada seorang Syeikh dari para tokoh Shufi ini, yang mempunyai
ilmu tauhid dan kepimpinan spiritual. Tokoh-tokoh panutan umat dari kalangan
para ulama pada waktu itu benar-benar telah berpasrah diri kepada Syeikh
tersebut, bertawadhu’ dan menyerap barakah darinya. Kalau saja tiada keistimewaan
dan citra khususiyyahnya niscaya akan terjadilah persoalan sebaliknya. Inilah
yang dialami oleh Imam Ahmad bin Hanbal ketika bersama asy Syafi’i Ra.
Datanglah Syaiban ar Ra’yi.
Ahmad bin Hanbal berkata: “Wahai Abu Abdullah , aku ingin mengingatkan orang ini akan kekurangan ilmunya, agar mau tekun meraih sebagian pengetahuan”. Maka asy Syafi’i berkata, “Jangan anda lakukan!” Namun Ahmad tetap saja berupaya. Ahmad berkata kepada Syaiban, “Apa pendapatmu bila ada orang lupa akan shalatnya dari shalat lima waktu sehari semalam. Sementara ia tidak mengerti shalat mana yang terlupakan? Apa kewajiban bagi orang tersebut, wahai Syaiban?” Syaiban menjawab, “Wahai Ahmad, itulah hati yang lupa kepada Allah SWT. Kewajibannya ia harus belajar adab, sehingga ia tidak lupa Tuannya”. Seketika itu pula Ahmad pingsan mendengar jawaban Syaiban. Ketika sadar, as Syafi’i berkata kepada Ahmad, “Bukankah sudah kukatakan, jangan mengganggunya! Syaiban ini orang yang buta huruf. Apabila orang yang buta huruf seperti dia dari kalangan mereka (kaum Shufi)) saja demikian itu, lalu bukankah betapa hebat imam-imam mereka?”
************
Dikisahkan bahwa Ahmad bin Hanbal sangat
sering mengunjungi Bisyr Harits al Hafi. Ia begitu mempercayai kata-kata Bisyr
sehingga murid-muridnya pernah mencela sikapnya itu.
“Pada saat ini tidak ada orang yang menandingimu di bidang hadits, hukum, teologi, dan setiap cabang ilmu pengetahuan, tetapi saat engkau menemani seorang berandal. Pantaskah perbuatanmu itu?”
“Mengenai setiap bidang yang kalian sebutkan tadi, aku memang lebih ahli daripada Bisyr”, jawab Ahmad bin Hambal, “Tetapi mengenai Allah ia lebih ahli daripadaku”.
************
Diriwayatkan bahwa ada seorang ahli
fiqih dari kalangan Fuqaha besar mempunyai majelis halaqah yang berdekatan
dengan halaqah Dulaf asy Syibli di Masjid al Manshur. Faqih besar itu dipanggil
dengan nama Abu Amran, yang meremehkan halaqah dan ucapan-ucapan asy Syibli.
Suatu hari para murid Abu Amran bertanya kepada asy Syibli tentang masalah
haid, dengan tendensi (maksud) ingin mempermalukannya.
Asy Syibli menjawab dengan berbagai
pandangan ulama mengenai masalah tersebut serta menyebutkan soal khilafiyah
dalam masalah haid. Abu Amran langsung berdiri, mencium kepala asy Syibli
sambil berkata, “Wahai Abu Bakar , engkau telah menyerap sepuluh pandangan
tentang masalah haid yang belum pernah aku dengar sama sekali. Sedangkan yang
kuketahui hanya tiga pandangan saja”.
Dikatakan, “Abul Abbas Suraij adalah seorang ulama fiqih yang pernah menghadiri majelis al Junaid Ra. Dan mendengarkan penuturannya. Kemudian Abul Abbas ditanya, “Apa pendapatmu tentang ucapan itu?” Ia menjawab, “Aku tidak mengerti apa yang diucapkan al Junaid. Namun aku tahu ucapan itu merupakan lompatan, yang bukan tergolong lompatan kebatilan”.
Dikatakan kepada Abdullah bin Sa’id bin Kilab, Anda berbicara pandangan masing-masing ulama. Lalu di sana ada seorang tokoh yang dipanggil dengan nama al Junaid. Lihatlah, apakah anda kontra atau tidak?” Abdullah lalu menghadiri majelis al Junaid. Ia bertanya kepada al Junaid tentang tauhid, lalu Junaid menjawabnya. Namun Abdullah kebingungan. Lantas kembali bertanya kepada al Junaid, “Tolong anda ulang ucapan tadi bagiku!”
Al Junaid mengulangi, namun dengan
ungkapan yang lain. Abdullah lalu berkata, “Wah, ini lain lagi, aku tidak mampu
menghafalnya. Tolonglah anda ulangi sekali lagi!” Lantas al Junaid pun
mengulanginya, tetapi dengan ungkapan yang lain lagi. Abdullah berkata, “Tidak
mungkin bagiku memahami apa yang anda ucapkan. Tolonglah anda uraikan untuk
kami!” Al Junaid menjawab, “Kalau anda memperkenankannya, aku akan
menguraikannya”. Setelah dijelaskan dengan uraian panjang lebar, lalu Abdullah
berdiri, dan berkata akan keutamaan al Junaid beserta keunggulan moralnya.
“Apabila prinsip-prinsip kaum Shufi merupakan prinsip yang paling shahih, dan
para Syeikhnya merupakan tokoh besar manusia, ulamanya adalah yang paling alim
di antara manusia.
Bagi para murid yang tunduk kepadanya,
jika sang murid itu termasuk ahli salik dan penempuh tujuan mereka, maka para
Syeikh inilah yang menjaga apa yang teristimewa, berupa terbukanya keghaiban.
Karenanya, tidak dibutuhkan lagi bergaul (terkait) dengan orang yang ada di
luar golongan ini. Bila ingin mengikuti jalan Sunnah, sementara dirinya tidak
sanggup untuk mandiri dalam hujjah, lalu ingin menahapi wilayah bertaklid agar
bisa sampai pada kebenaran, hendaknya ia bertaklid kepada Ulama salafnya. Dan
hendaknya melintasi jalan generasi Shufi ini, sebab mereka lebih utama dari
yang lain”.
Al Junaid berkata, “Jika anda mengetahui bahwa Allah memiliki ilmu di bawah atap langit ini yang lebih mulia daripada ilmu Tasawuf, di mana kita berbicara di dalamnya dengan sahabat-sahabat dan teman kita, tentu aku akan berjalan dan mencari ilmu tadi”.
Al Junaid berkata, “Jika anda mengetahui bahwa Allah memiliki ilmu di bawah atap langit ini yang lebih mulia daripada ilmu Tasawuf, di mana kita berbicara di dalamnya dengan sahabat-sahabat dan teman kita, tentu aku akan berjalan dan mencari ilmu tadi”.
************
Adapun tujuan utama mendalami Tasawuf
adalah untuk mencapai Ma’rifatullah yang sebenar-benarnya (hakiki), dan
faedahnya sampai kepada Allah Ta’ala dengan tersingkapnya hijab (dinding) yang
membatasi dirinya yang dhaif dengan Allah Yang Quddus. Jadi bisa dikatakan
bahwa tujuan terakhir dan utama dari semua pelaksanaan ibadah seorang hamba
adalah mengenal Tuhan yang sebenar-benarnya yang dikatakan sebagai
Makrifatullah.
Dan dengan mempelajari ilmu Tasawuf
itulah merupakan kunci mengenal Allah melalui pengenalan dirinya yang dhaif
lagi faqir.
Adapun jalan untuk bermakrifat itu ada 2 cara:
1. Mulazamatudz Dzikri, terus menerus berada dalam dzikir (ingat) akan Alah Ta’ala.
2. Mukhalafa, yakni terus menerus menghindarkan diri dari segala sesuatu yang dapat melupakan Allah Ta’ala.
Sebagian ahli Tasawuf berkata: “Permulaan Tasawuf adalah ilmu pengetahuan, pertengahannya kekal mengerjakan ibadah dan akhirnya adalah mauhibiyyah, yaitu turunnya pemberian/ karunia Allah”.
Maka ilmu pengetahuan itu untuk membukakan kehendak. Amal ibadah menolong segala apa yang dimaksud. Dan pemberian (anugerah Allah) menyampaikan kepada apa yang dicita-citakan.
Nama-nama lain ilmu Tasawuf itu antara lain: ilmu Batin, ilmu Qalbi (hati), ilmu Laduni, ilmu Mukasyafah, ilmu Asrar, ilmu Maknun, ilmu Hakikat, dan lain-lain.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan