Catatan Popular

Sabtu, 13 Julai 2013

KITAB MADARIJUS SALIKIN SIRI 14: Taubat Sebagai Persinggahan Pertama dan Terakhir

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Jika seorang hamba sudah berada di persinggahan muhasabah ini
secara benar, maka ada persinggahan lain, yaitu taubat. Dengan muhasabah
dia bisa membedakan mana yang menjadi haknya dan mana yang menjadi
kewajibannya. Maka selanjutnya dia harus tetap membulatkan tekad dan
ambisi dalam melanjutkan perjalanan menuju Allah sampai akhir
hayatnya.
Taubat merupakan awal persinggahan, pertengahan dan akhirnya.
Seorang hamba yang sedang mengadakan perjalanan kepada Allah tidak
pernah lepas dari taubat, sampai ajal menjemputnya. Sekalipun dia ber-alih
ke persinggahan yang lain dan melanjutkan perjalanannya, taubat selalu
menyertainya. Taubat merupakan permulaan langkah hamba dan
kesudahannya. Kebutuhannya terhadap taubat amat penting dan mendesak,
tak berbeda dengan permulaannya. Allah befirman,

"Dan, bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang
beriman, supaya kalian beruntung." (An-Nur: 31).

Ayat ini turun di Madinah. Di sini Allah mengarahkan firman-Nya
kepada orang-orang yang beriman dan orang-orang pilihan-Nya, agar mereka
bertaubat, setelah mereka beriman, bersabar, berjihad dan berhijrah. Bahkan
Allah mengaitkan keberuntungan dengan satu sebab, dan juga
menggunakan kata "supaya", yang mengindikasikan pengharapan. Dengan
kata lain, jika kalian bertaubat, maka diharapkan kalian akan beruntung.
Sementara tidak ada yang mengharap keberuntungan kecuali orang-orang
yang bertaubat. Semoga Allah menjadikan kita semua termasuk golongan
mereka. Di samping itu, Allah juga befirman tentang kebalikan dari
golongan ini,

"Dan, barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orangorang
yang zhalim." (Al-Hujurat: 11).

Hamba dibagi menjadi orang yang bertaubat dan yang tidak bertaubat
atau zhalim. Tidak ada orang ketiga setelah itu. Cap zhalim diberi-kan
kepada orang yang tidak bertaubat dan tidak ada orang yang lebih zhalim
dari dirinya, karena dia tidak tahu Allah dan hak-Nya, tidak tahu aib
dirinya dan kekurangan amalnya.
Di dalam Ash-Shahih disebutkan dari Rasulullah Shallallahu Alaihi wa
Sallam, beliau bersabda,

"Wahai sekalian manusia, bertaubatlah kalian kepada Allah. Demi
Allah, aku benar-benar bertaubat kepada Allah lebih dari tujuh puluh kali
dalam sehari."

Dalam suatu majlis sebelum beliau beranjak pergi, para shahabat
pernah menghitung, beliau mengucapkan sebanyak seratus kali ucapan
berikut,

"Wahai Rabbi, ampunilah dosaku dan terimalah taubatku, karena Engkaulah
Maha Penerima taubat lagi Maha Pengampun."

Karena taubat itu merupakan langkah kembalinya hamba kepada
Allah dan meninggalkan jalan orang-orang yang mendapat murka lagi
sesat, maka dia tidak bisa memperolehnya kecuali dengan hidayah Allah
agar dia mengikuti ash-shirathul-mustaqim. Sementara hidayah-Nya tidak
bisa diperoleh kecuali dengan memohon pertolongan kepada-Nya dan
mengesakan-Nya. Urutan-urutan semacam ini sudah terangkum secara
baik dan lengkap di dalam Al-Fatihah. Siapa yang memberikan hak kepada
Al-Fatihah sesuai dengan kapasitas ilmu, kesaksian, kondisi dan ma'-
rifahnya, tentu dia akan mengetahui, bahwa pembacaan surat Al-Fatihah
ini belum dianggap sah dalam ibadah kecuali disertai taubat yang sebenar-
benarnya (taubatan nashuha). Sebab hidayah yang sempurna untuk
mengikuti ash-shirathul-mustaqim tidak akan diperoleh jika tidak tahu
terhadap dosa yang telah dilakukan, terlebih lagi jika dosa itu terus-menerus
dilakukan. Karena itu taubat dianggap tidak sah kecuali setelah mengetahui
dosa dan mengakuinya, lalu berusaha mencari jalan keselamatan
dari akibat yang akan diterima di kemudian hari.
Ada tiga syarat yang harus dipenuhi dalam taubat, yaitu penyesalan,
meninggalkan dosa yang dilakukan, dan memperlihatkan kelemahan serta
ketidakberdayaan.
Hakikat taubat adalah menyesali dosa-dosa yang telah dilakukan di
masa lampau, membebaskan diri seketika itu pula dari dosa tersebut dan
bertekad untuk tidak mengulanginya lagi di masa mendatang. Tiga syarat
ini harus berkumpul menjadi satu pada saat bertaubat. Pada saat itulah dia
akan kembali kepada ubudiyah, dan inilah yang disebut hakikat taubat.
Menurut Abu Ismail, rahasia hakikat taubat ada tiga macam:
1. Memisahkan ketakutan dari kemuliaan.
2. Melupakan dosa dan kesalahan.
3. Taubat dari taubat.
Memisahkan ketakutan dari kemuliaan, bahwa taubat itu harus
dimaksudkan sebagaiwujud ketakutan kepada Allah, melaksanakanperin-tah
dan menjauhi larangan-Nya, lalu dia melaksanakan ketaatan kepada Allah
berdasarkan cahaya dari Allah dan mengharapkan pahala-Nya. Dia juga
harus meninggalkan kedurhakaan kepada Allah berdasarkan cahaya dari-
Nya, takut terhadap siksa-Nya dan tidak dimaksudkan untuk menda-patkan
kemuliaan. Karena bagaimana pun juga ketaatan itu mempunyai
kemuliaan dalam lahir maupun batin. Siapa yang bertaubat dengan maksud
untuk mencari kemuliaan, maka taubatnya itu menjadi sia-sia.
Melupakan dosa dan kesalahan harus dirinci lebih lanjut lagi. Bahkan
ada perbedaan pendapat dalam masalah ini di kalangan orang-orang
yang meniti jalan kepada Allah. Di antara mereka ada yang berpendapat,
sibuk mengingat dosa adalah perbuatan yang sia-sia. Mempergunakan
waktu bersama Allah jauh lebih bermanfaat bagi orang yang bertaubat.
Maka ada pepatah, "Mengingat masa kemarau di musim penghujan adalah
kemarau." Ada pula yang berpendapat, memang yang lebih tepat ialah tidak
melupakan dosa itu dan dosa itu seakan-akan harus selalu hadir di depan
matanya, sehingga membuat hatinya senantiasa sedih.
Yang benar dalam masalah ini, jika seorang hamba merasakan adanya
ujub pada dirinya, melupakan karunia dan tidak merasa membutuhkan
Allah atau tidak melihat kekurangan dirinya, maka mengingat dosa lebih
bermanfaat baginya. Namun pada saat dia melihat karunia Allah yang
dilimpahkan kepadanya, hatinya dipenuhi rasa cinta kepada Allah,
kerinduan untuk bersua dengan-Nya, merasakan kebersamaan dengan-
Nya, melihat keluasan rahmat dan ampunan-Nya, maka melupakan dosa
dan kesalahan lebih bermanfaat baginya. Sebab jika seorang hamba te-rusmenerus
mengingat dosa dan kesalahannya, sementara dia dalam keadaan
yang kedua ini, maka dia akan turun dari tingkatan yang tinggi ke
tingkatan yang rendah, dan ini termasuk tipu daya syetan. Sebab dua
keadaan ini harus dibedakan.
Sedangkan taubat dari taubat, merupakan istilah yang masih ran-cu,
bisa berarti benar dan bisa berarti salah. Taubat termasuk kebaikan yang
paling agung. Taubat dari kebaikan merupakan keburukan yang paling
besar dan kesalahan yang paling buruk, bahkan bisa disebut ku-fur. Sebab
dengan begitu tidak ada bedanya antara taubat dari taubat dan taubat dari
Islam serta iman. Layakkah dikatakan taubat dari iman? Jika seorang
hamba senantiasa beserta Allah, senantiasa mengingat karunia, menyebut
asma' dan sifat-sifat-Nya serta senantiasa menghadap kepada-Nya, namun
dia juga masih mengingat-ingat dosanya yang telah lampau sebagai
perwujudan taubat, maka dia perlu bertaubat dari taubatnya itu.

Tiada ulasan: