Al-Habib
Ahmad bin Abdullah bin Thalib Alatas dilahirkan di kota Hajeriem, Hadramaut,
pada tahun 1255 H.
Pada
masa kecilnya, beliau mendapat didikan langsung dari ayah beliau Al-Habib
Abdullah bin Thalib Al Attas. Setelah dirasakan cukup menimba ilmu dari
ayahnya, beliau kemudian meneruskan menuntut ilmu kepada para ulama besar yang
ada di Hadramaut.
Diantara
para guru beliau adalah :
Al-Habib
Hasan bin Ali Alkaff
Al-Habib
Al-Qutub Sholeh bin Abdullah Alatas
Al-Habib
Al-Qutub Abubakar bin Abdullah Alatas
Al-Habib
Al-Qutub Thahir bin Umar Alhaddad
Al-Habib
Al-Qutub Idrus bin Umar Alhabsyi
Al-Habib
Ahmad bin Hasan bin Sholeh Al-Bahar
Al-Habib
Muhammad bin Ibrahim Balfagih
Setelah
ditempa oleh para ulama besar bahkan para Qutub yang ada di Hadramaut saat itu,
keinginan beliau untuk menuntut ilmu seakan tak pernah luntur dan pupus. Hasrat
beliau untuk menambah ilmu sedemikian hebat, sehingga untuk itu beliau kemudian
melakukan perjalanan ke kota Makkah. Beliau banyak menjumpai ulama-ulama besar
yang tinggal di kota Makkah saat itu. Kesempatan baik ini tak beliau
sia-siakan. Beliau berguru kepada mereka.
Diantara
ulama-ulama besar yang menjadi guru beliau disana adalah :
As-Sayyid
Al-Allamah Ahmad bin Zaini Dahlan (Mufti Makkah saat itu)
Al-Habib
Abdullah bin Muhammad Alhabsyi
Asy-Syaikh
Muhammad bin Said Babsail
Al-Habib
Salim bin Ahmad Alatas
Beliau
Al-Habib Ahmad dengan giat dan tekun mengambil ilmu dari mereka. Sehingga tak
terasa sudah 12 tahun beliau jalani untuk menimba ilmu disana. Beliau terus
mengembangkan keilmuannya, sehingga kapasitas beliau sebagai seorang ulama
diakui oleh para ulama kota Makkah saat itu.
Panggilan Berdakwah
Beliau
kemudian dianjurkan oleh guru beliau, As-Sayyid Al-Allamah Ahmad bin Zaini
Dahlan, untuk memulai terjun ke masyarakat, mengajarkan ilmu dan berdakwah.
Mula-mula beliau berdakwah di pinggiran kota Makkah. Beliau tinggal disana
selama 7 tahun. Dalam kurun waktu itu, kegiatan dakwah selalu aktif beliau
lakukan disana.
Kemudian
beliau berkeinginan untuk melanjutkan perjalanan dakwah beliau ke Indonesia.
Beliau sampai disini diperkirakan sekitar tahun 1295-1300 H. Setibanya beliau
di Indonesia, beliau menuju ke kota Pekalongan dan menetap disana.
Di
kota Pekalongan beliau selalu aktif meneruskan kegiatan-kegiatan dakwahnya.
Beliau tidak ambil pusing dengan urusan-urusan duniawi. Semua fikrah beliau
semata ditujukan untuk kepentingan dakwah. Waktu beliau selalu terisi dengan
dakwah, ibadah, dzikir kepada Allah dan rajin membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an.
Selain
itu, ilmu beliau selalu tampak bercahaya, terpancar melalui akhlak beliau yang
mulia. Beliau selalu berperilaku baik, penyayang dan lemah lembut terhadap
sesama.
Akan
tetapi itupun tidak meniadakan sikap beliau yang selalu ber-nahi mungkar. Jika
beliau melihat seseorang yang melakukan suatu kemungkaran, beliau tidak
segan-segan untuk menegurnya. Perkataan-perkataan yang keluar dari mulut
beliau, selalu beliau ucapkan dengan shidq. Beliau tidak perduli terhadap
siapapun jika ada hak-hak Allah yang dilanggar di hadapan beliau. Sehingga
berkat beliau, izzul Islam wal Muslimin tampak terang benderang, menyinari kota
Pekalongan.
Disamping
itu, dari sebagian jasa-jasa baik beliau, beliau membangun beberapa masjid dan
madrasah Salafiyah, yang berjalan pada thariqah para salaf beliau yang shaleh.
Rumah beliau selalu penuh dengan tamu dan beliau sambut dengan ramah-tamah.
Inilah akhlak beliau yang mensuri-tauladani akhlak dan perilaku datuk-datuk
beliau.
Sampai
akhirnya beliau dipangil ke hadratillah, pergi menuju keridhaan Allah. Beliau
wafat pada tanggal 24 Rajab 1347 H di kota Pekalongan dan dimakamkan disana.
Masyarakat berbondong-bondong mengiringi kepergian beliau menghadap Allah.
Derai keharuan sangat terasa, membawa suasana syahdu…
Selang
setahun kepergian beliau, untuk menghidupkan kembali kesuri-tauladan dan
mengenang jasa-jasa baik beliau, setiap tahun di kota tersebut diadakan Haul
beliau. Haul tersebut banyak dihadiri oleh berbagai kalangan umat Islam. Mereka
berduyun-duyun dari berbagai kota hadir disana, demi mengenang kehidupan
beliau…demi menjemput datangnya nafaahat dan imdaadat.
Wara
dan Zuhud
Beliau
dikenal sebagai orang yang sangat wara dan zuhud. Beliau terpelihara dengan
peliharaan yang agung, terjaga dengan penjagaan yang sempurna, sehingga tidak
masuk pada dirinya sesuatu yang dapat mengotorinya. Jika akan datang sesuatu
itu kepadanya, beliau mendapatkan penjelasan-penjelasan ilahiyah :
mengetahuinya atau diberi tahu baik dalam keadaan terjaga maupun tidur. Demi
kehati-hatian pula beliau tak mau menerima sesuatu dari seseorang kecuali dari
orang yang baik pergaulannya dan benar niatnya. Selama bertahun-tahun beliau
tinggal dalam kehidupan yang susah,memakan makanan yang sangat sederhana dan
tidak ingin bersenang-senang menikmati kehidupan kecuali sekedar untuk menopang
kebutuhan hidup.
Suatu
ketika beliau menitipkan uang dalam jumlah yang besar kepada seseorang,
kemudian uang itu hilang semuanya, ketika diberi tahu beliau hanya tertawa
sedikitpun tidak menunjukkan perubahan dan sama sekali tidak terpengaruh dengan
kejadian itu. Beliau juga tidak suka bergurau baik dalam perbuatan maupun
ucapan dan selalu menghindari gurauan dalam semua majelisnya, sehingga yang ada
didalam majelisnya hanyalah kesungguh-sungguhan. Aib orang tidak pernah disebut
dalam majelisnya, dan tidak ada pelanggaran terhadap hal-hal yang dilarang,
majelisnya sepenuhnya merupakan majelis ilmu, petunjuk, dzikir, peringatan, dan
da’wah.
Hatinya
yang jernih membuatnya diberikan anugerah dapat memberitakan hal-hal yang
ghaib. Beliau memiliki karamah-karamah yang besar yang menguatkan usahanya yang
mulia untuk meraih keridhoan Allah SWT, namun beliau tidak mau membicarakannya
sedikit pun.
Pada
suatu hari karena suatu urusan seorang pencintanya dimasukan ke penjara,
kemudian beliau diberi tahu, ‘fulan pencinta Habib ditahan, semoga Allah
membebaskannya.” Mendengar itu beliau berkata,’hari ini ia akan makan siang
bersama kita!”. Ketika jamuan makan siang dihidangkan hari itu, ternyata
pencintanya itu benar-benar datang, makan siang bersama mereka karena telah
bebas dari penjara.
Orang
mengenal beliau sebagai sosok yang bagus ahklaknya, mulia perangainya,
penyayang, dan belas kasih kepada sesama. Beliau orang yang baik dalam
bersahabat, menyenangkan dalam bergaul dan tidak mengerjakan atau mengucapkan
sesuatu kecuali yang diizinkan oleh syara’. Namun apabila larangan-larangan
Allah dilanggar beliau sangat marah dan marahnya belum reda sampai beliau dapat
mengubah kemungkaran itu dengan tangannya. Beliau adalah seorang yang adil,
tidak melampaui batas, mengetahui hak-hak dan kewajiban-kewajibannya, beliau
tidak lalai dari hak orang terhadap dirinya, tetapi toleran dalam hak-hak dirinya
dan menggugurkannya dari orang lain dan tidak memandang bahwa dirinya memiliki
hak terhadap orang lain.
Ketika
telah sempurna waktu yang dibatasi baginya dalam kehidupan dunia dan telah
sampai puncak keinginan, beliau pun rindu pada alam malakut yang tertinggi,
beliau menderita demam. Ketika berada dalam sakitnya beliau tenggelam dalam
arus lautan makrifattullah, terkadang beliau mengatakan “Ash-shalah ash-shalah
(shalat,shalat), dekatkanlah air wudhuku.”Itu berlangsung selama 20 hari 20
malam, hingga ruhnya berpisah dengan jasadnya yang suci pada malam ahad tanggal
24 Rajab tahun 1347 Hijriyah (6 januari 1929) Inna lillahi wa ilaihi raji’un.
Suara
tangisan pun pecah dan kota Pekalongan menjadi terguncang. Kesedihan melanda
hamba-hamba Allah, sehingga orang-orang kafir dan kaum yang berbeda pun turut
bersedih karena merasa kehilangan, sampai-sampai seorang pemuka nasrani
mengatakan “hari ini tokoh pekalongan telah pergi, kapal telah pecah dan
berantakan kayu-kayunya.”
Rombongan-rombongan
dari berbagai tempat berdatangan setelah berita wafatnya terdengar di
mana-mana, jamaah yang sangat banyak belum pernah ada hari yang seperti itu
sebelumnya di Pekalongan, jenazahnya dishalatkan di Masjid Jami’ yang lebih
dikenal dengan sebutan Masjid Wakaf lalu dimakamkan sore harinya. Di atas
makamnya di Sapuro, dibangun kubah yang mulia dan tinggi, semoga Allah
banyakkan tokoh ulama seperti beliau agar cahaya kebenaran bersinar di
mana-mana..
Menengok Perjuangan Habib Ahmad bin
Abdullah
Tiba-tiba
saja Kotamadya Pekalongan menjadi lebih semarak pada 21-23 November lalu.
Ratusan bus dan mobil dari berbagai daerah memasuki kota ‘batik’, ini dengan
membawa ribuan jamaah yang datang dari berbagai tempat di Jawa. Belum lagi
mereka yang datang dengan kereta api. Bahkan ada jamaah dari luar Jawa yang
datang dengan pesawat atau kapal laut melalui Semarang. Akibatnya, sejumlah
losmen di kota ini menjadi kewalahan hingga tidak dapat lagi menerima para
tamu, termasuk Hotel Nirwana, hotel paling bergengsi di kota itu. Padahal, bagian
terbesar dari para tamu itu menginap di rumah-rumah penduduk yang berdekatan
dengan tempat khaul seorang ulama besar Pekalongan.
Membanjirnya
umat Islam ke Pekalongan, yang waktunya bersamaan dengan Muktamar NU di
Lirboyo, Kediri, adalah untuk menghadiri khaul atau peringatan wafatnya ke-73
Habib Ahmad bin Abdullah bin Tholib Alatas. Dari jumlah umat Islam yang datang
dari berbagai tempat untuk menghadiri khaul itu menunjukkan, bahwa sekalipun ia
telah meninggal dunia hampir tiga perempat abad lalu, tapi hingga kini kiprah
perjuangannya masih tetap dikenang. Memperingati khaul untuk mengenang seorang
tokoh agama dengan berbagai acara, di Indonesia merupakan tradisi yang banyak
dilakukan oleh warga Nahdliyin dengan berbagai acara, yang puncaknya
menziarahi kubur almarhum.
Khaul
ke-73 Habib Ahmad sendiri berlangsung pada hari Senin (22/11) atau bertepatan
dengan 14 Sya’ban 1420 Hijriah dengan mengadakan ziarah ke makam almarhum.
Berbagai acara yang digelar dalam rangkaian khaul ini ialah, pada hari Ahad
(21/12), diadakan pembacaan Dala’il al-Khaerat, berisi shalawat
puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu dibawakan oleh almarhum di
dalam majelis-majelisnya semasa ia hidup.
Ribuan
santri dan jamaah yang berdatangan dari kodya dan kabupaten Pekalongan serta
berbagai tempat lainnya, duduk mengitari makam Habib Ahmad di ruang khusus
berukuran sekitar 10×20 meter, di pemakaman umum Sapuro, Pekalongan. Mereka
seolah-olah larut dalam kesahduan ketika dengan suara keras
menggeleng-gelengkan kepala bershalawat dan berzikir kepada Allah SWT.
Menurut
seorang penjaga makam di Sapuro, tiga hari sebelum acara khaul telah
berdatangan kaum Muslimin dan Muslimat dengan menggunakan sembilan bus dari
Purwokerto, Bogor, Sukaraja, Semarang, dan Demak. Mereka berziarah hingga larut
malam. Sebagaimana terjadi tiap tahun, penjaga makam ini meyakini, bahwa sampai
dua hari setelah acara khaul tempat ini masih terus didatangi para penziarah.
Seperti
dituturkan oleh Haji Wagio, 40, sehari sebelum acara khaul, ia dan rombongannya
datang dari Surabaya ke Pekalongan dengan 23 buah bus patas. Tiap bus memuat 70
orang. Menurut Wagio, kunjungannya ke Pekalongan ini dalam rangka ‘Tour Ziarah
Walisongo dan Khaul Akbar’. Mengingat para jamaah bukan saja dari Surabaya,
tapi juga dari berbagai tempat di Jatim, menurut Wagio, ini menunjukkan bahwa
Habib Ahmad dikenal cukup luas di Jawa Timur.
Rombongan
yang berjumlah hampir 1.500 orang ini, bermalam di sekitar rumah-rumah penduduk
yang dengan sukarela menyediakan tempat untuk mereka. Sedangkan untuk makam dan
minum, disediakan oleh tuan rumah, yang dipimpin oleh Habib Abdullah Bagir
Alatas, cicit almarhum. Rumah almarhum sendiri, yang terletak di Jalan Haji
Agus Salim 29, Pekalongan yang bagian depannya menjadi Masjid Raudah dan
tempat kegiatan keagamaan, juga menampung ratusan para jamaah dari luar kota.
Habib Bagir sendiri merupakan generasi keempat penerus Habib Ahmad, setelah
ayahnya Habib Ahmad bin Ali Alatas, meninggal dunia hari Ahad (19/12), seminggu
sebelum acara khaul.
Sehari
menjelang khaul, pada malam harinya di Masjid Raudah diselenggarakan
acara khatam shahih Bukhari, salah satu mata pelajaran keagamaan yang
diberikan kepada murid-muridnya selama almarhum hidup. Imam Bukhari, yang lahir
di Bukhara, Asia Tengah (dulu bagian dari Uni Soviet), pada 194 H, selama 16
tahun telah mengumpulkan ratusan ribu hadits. Kemudian ia menyaring hadits itu
dan hanya beberapa ribu saja yang dinilainya dapat dipercaya. Ketelitiannya
dalam periwayatan hadits, menyebabkan para ulama hadits belakangan menempatkan
kitab Sahih al-Bukhari sebagai peringkat pertama dalam urutan
kitab-kitab hadits yang muktabar.
Amar
ma’ruf nahi munkar
Pada
puncak acara khaul, yang berlangsung Senin (22/11), dibacakan manakib
atau riwayat hidup Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Alatas. Ia dilahirkan di
kota Hajren, Hadramaut, Yaman, pada 1255 Hijriah atau 1836 Masehi. Setelah
menguasai Alquran dan mendalami dasar-dasar ilmu agama, ia melanjutkan menuntut
ilmu kepada para pakar dan ulama terkenal lainnya.
Kemudian,
ia menimba ilmu yang lebih banyak lagi di Mekkah dan Madinah. Sekalipun
mendapatkan tempaan ilmu dari berbagai ulama terkenal di kedua Kota Suci itu,
namun guru yang paling utama dan paling besar pengaruh didikan dan asuhannya
atas pribadi Habib Ahmad, adalah Assayid Ahmad Zaini Dahlan. Yang belakangan
ini, adalah seorang pakar ulama di Mekkah yang memiliki banyak murid dan
santrinya. Baik dari Mekah sendiri maupun negara-negara Islam lainnya. Termasuk
para tokoh ulama dan kiai dari Indonesia, seperti Hadrotul Fadhil Mbah KH
Kholil Bangkalan, Madura, dan Hadrotusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari, Jombang,
Jatim, pendiri NU dan kakek dari Presiden Abdurrahman Wahid. Di samping KH
Murtadha, tokoh ulama Betawi akhir abad ke-19.
Di
antara murid atau orang seangkatan Ahmad Zaini Dahlan di Mekkah adalah Imam
Nawawi Al-Bantani, seorang pemukiman Indonesia di Arab Saudi, pengarang
kitab-kitab kuning. Di antaranya Tafsir Munir, yang bukan saja dijadikan
acuan oleh ahli tafsir di Indonesia, tapi juga di hampir semua dunia Islam.
Setelah
usai dan lulus menempuh pendidikan dan latihan, terutama latihan kerohanian
secara mendalam, Habib Ahmad oleh guru besarnya itu ditugaskan untuk berdakwah
dan mengajar di Mekkah. Di kota kelahiran Nabi ini, ia dicintai dan dihormati
segala lapisan masyarakat, karena berusaha meneladani kehidupan Rasulullah.
Setelah
tujuh tahun mengajar di Mekkah, ia kemudian kembali ke Hadramaut. Setelah
tinggal beberapa lama di kota kelahirannya, Habib Ahmad merasa terpanggil untuk
berdakwah ke Indonesia. Pada masa itu, sedang banyak-banyaknya para imigran
dari Hadramaut ke Indonesia, di samping untuk berdagang juga menyebarkan agama.
Setibanya
di Indonesia, ia kemudian ke Pekalongan. Melihat keadaan kota itu yang
dinilainya masih membutuhkan dukungan pensyiaran Islam, maka tergeraklah
hatinya untuk menetap di kota tersebut. Saat pertama menginjakkan kakinya di
kota ini, ia melaksanakan tugas sebagai imam Masjid Wakaf yang terletak di
Kampung Arab (kini Jl Surabaya). Kemudian ia membangun dan memperluas masjid
tersebut.
Di
samping menjadi imam, di masjid ini Habib Ahmad mengajar membaca Alquran dan
kitab-kitab Islami, serta memakmurkan masjid dengan bacaan Daiba’i,
Barjanzi, wirid dan hizib di waktu-waktu tertentu. Ia juga dikenal sebagai hafidz
(penghapal Alquran).
Melihat
suasana pendidikan agama waktu itu yang sangat sederhana, maka Habib Ahmad
tergerak untuk mendirikan Madrasah Salafiyah, yang letaknya berseberangan
dengan Masjid Wakaf. Begitu pesatnya kemajuan Madrasah Salafiyah waktu itu,
hingga banyak menghasilkan ulama-ulama. Madrasah ini, yang didirikan lebih
sekitar satu abad lalu, menurut Habib Abdullah Bagir, merupakan perintis
sekolah-sekolah Islam modern, yang kemudian berkembang di kota-kota lain.
Menurut
sejumlah orang tua di kota Pekalongan, berdasarkan penuturan ayah atau mereka
yang hidup pada masa Habib Ahmad, habib ini selalu tampil dengan rendah hati (tawadhu),
suka bergaul, dan marah bila dikultuskan.
Kendati
demikian, kata cicitnya Habib Abdullah Bagir, ”Beliau tidak dapat mentolerir
terhadap hukum-hukum dari Allah atau melihat orang yang meremehkan soal agama.”
Seperti menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. Menurut Bagir, kakeknya
ibarat Khalifah Umar bin Khatab, yang tegas-tegas menentang setiap melihat
kemungkaran. Tidak peduli yang melakukannya itu orang awam atau pejabat tinggi.
Sebagai
contoh disebutkan, para wanita, tidak akan berani lalu lalang di depan
kediamannya tanpa mengenakan kerudung atau tutup kepala. Tidak peduli wanita
Muslim, maupun wanita Cina dan Belanda, menggunakan tutup kepala bila lewat di
tempat kediamannya. Pernah seorang isteri residen Pekalongan, dimarahi karena
berpapasan dengannya tanpa menggunakan tutup kepala. Cerita-cerita yang
berhubungan dengan tindakan Habib Ahmad ini sudah begitu tersebar luas di
tengah masyarakat Pekalongan. Bahkan, setiap perayaan yang menggunakan
bunyi-bunyian seperti drumband, mulai perempatan selatan sampai perempatan
utara Jl KH Agus Salim, tidak dibunyikan karena akan melewati rumahnya. Ia juga
sangat keras terhadap perjudian dan perzinahan, sehingga hampir tidak ada yang
berani melakukannya di kota ini, saat beliau masih hidup.
Keberaniannya
dalam menindak yang munkar itu, rupanya diketahui oleh sejumlah
sahabatnya di Hadramaut. ”Saya heran dengan Ahmad bin Thalib Alatas yang dapat
menjalankan syariat Islam di negeri asing, negeri jajahan lagi,” kata Habib
Ahmad bin Hasan Alatas, seorang ulama dari Hadramaut.
Habib
Ahmad yang kegiatan sehari-hari lebih banyak di Masjid Wakaf, Jl Surabaya, pada
akhir hayatnya mengalami patah tulang pada pangkal pahanya, akibat jatuh,
hingga tidak dapat berjalan. Sejak itu ia mengalihkan kegiatannya di
kediamannya, termasuk shalat berjamaah dan pengajian.
Penderitaan
ini berlanjut hingga meninggalnya pada malam Ahad, 24 Rajab 1347 H atau 1928 M,
dalam usia 92 tahun, dan dimakamkan di pekuburan Sapuro, Kodya Pekalongan.
Namun peringatan khaulnya diselenggarakan setiap tanggal 14 Sya’ban, bersamaan
dengan malam Nifsu Syaban, yang tiap tahun dihadiri ribuan orang, tidak jarang
dari luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.
Ketika
ia meninggal dunia, hampir seluruh penduduk kota Pekalongan dan sekitarnya
mengantarkan jenazahnya ke tempat peristirahatan terakhir. ”Belum pernah di
kota Pekalongan terdapat pengantar jenazah seperti ketika wafatnya Habib
Ahmad,” kata Habib Alwi Alatas, 70, salah seorang kerabatnya.
Karena
itulah, setiap khaulnya selalu dihadiri oleh ulama terkemuka, termasuk almarhum
KH Abdullah Syafe’i, dan kini putranya KH Abdul Rasyid AS, serta KH Abdurrahman
Nawi, dari Jakarta.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan