Menurut Kalam Hikmah ke 28 ,
Imam Ibnu Athaillah Askandary
Abu Hafash berkata : Bagusnya adab kesopanan lahir, membuktikan adanya adap yang di dalam batin.
Rasulullah saw. k e t i k a melihat seorang yang main-main tangannya ketika sembahyang, maka :
DALIL
Andaikan khusyu' hati orang itu, niscaya khusyu' semua anggota badannya.
Abu Thalib Almakky berkata : Allah telah menunjukkan tanda bukti seorang kafir, yaitu bila disebut nama Allah saja mereka mengejek dan enggan tidak mau menerima'
Firman Allah :
dan apabila hanya nama Allah saja disebut, kesallah hati orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat; dan apabila nama sembahan-sembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka bergirang hati. (S. Azzumar 45).
Di dalam ayat ini Allah menyatakan sendiri perbedaan antara jiwa orang mukmin yang merasa puas jika dikatakan kepadanya.Ini dari Allah, sedang orang kafir tidak merasa puas, bahkan keberatan kepadanya sesuatu terjadi semata-mata karena kekuasaan dan kehendak Allah. Dan ini pula merupakan perbedaan antara iman tauhid dengan syirik.
Abu Hafash berkata : Bagusnya adab kesopanan lahir, membuktikan adanya adap yang di dalam batin.
Rasulullah saw. k e t i k a melihat seorang yang main-main tangannya ketika sembahyang, maka :
DALIL
Andaikan khusyu' hati orang itu, niscaya khusyu' semua anggota badannya.
Abu Thalib Almakky berkata : Allah telah menunjukkan tanda bukti seorang kafir, yaitu bila disebut nama Allah saja mereka mengejek dan enggan tidak mau menerima'
Firman Allah :
dan apabila hanya nama Allah saja disebut, kesallah hati orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat; dan apabila nama sembahan-sembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka bergirang hati. (S. Azzumar 45).
Di dalam ayat ini Allah menyatakan sendiri perbedaan antara jiwa orang mukmin yang merasa puas jika dikatakan kepadanya.Ini dari Allah, sedang orang kafir tidak merasa puas, bahkan keberatan kepadanya sesuatu terjadi semata-mata karena kekuasaan dan kehendak Allah. Dan ini pula merupakan perbedaan antara iman tauhid dengan syirik.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan