Catatan Popular

Sabtu, 13 Oktober 2012

KITAB MADARIJUS SALIKIN SIRI 9: PEMBAHAGIAN-PEMBAHAGIAN MANUSIA BERDASARKAN KANDUNGAN IYYAKA NA’BUDU WA IYYAKA NASTA’IN

SIRI 9

IBNU QAYYIM AL JAUZIYYAH


Jika engkau sudah mengetahui secara jelas masalah ini, maka berdasarkan
dua dasar (Ibadah dan isti'anah) manusia bisa dibagi menjadi
empat golongan:

1. Ahli ibadah dan isti'anah kepada Allah. Mereka merupakan golongan
yang paling mulia dan paling tinggi. Ibadah kepada Allah merupakan
tujuan mereka, dan mereka pun memohon agar Allah menolong dan
memberikan taufik, sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah itu.
Karena itu permohonan paling utama yang disampaikan kepada Allah
ialah pertolongan menurut keridhaan-Nya, seperti yang diajarkan Nabi
Shallallahu Alaihi wa Sallam kepada orang yang beliau cintai, Mu'adz
bin Jabal Radhiyallahu Anhu. Beliau bersabda, "Wahai Mu'adz, demi
Allah, aku benar-benar mencintaimu. Maka janganlah engkau lalai
untuk mengucapkan seusai setiap shalat, 'Ya Allah, tolonglah aku untuk
menyebut nama-Mu, bersyukur dan beribadah secara baik kepada-
Mu'."

2. Orang-orang yang tidak mau beribadah dan tidak mau memohon pertolongan
kepada-Nya. Mereka tidak mengenal ibadah dan isti'anah. Ini
kebalikan dari golongan yang pertama. Bahkan jika salah seorang di
antara mereka memohon kepada-Nya, maka hal itu dimaksudkan untuk
memuaskan nafsunya, bukan berdasarkan keridhaan dan hak-Nya.
Semua yang ada di langit dan di bumi memohon kepada-Nya. Bahkan
makhluk yang paling dibenci Allah dan musuh-Nya, Iblis, ma-sih sempat
memohon kepada Allah dan Allah pun memenuhinya. Tapi karena apa
yang dimohon itu bukan untuk mendapatkan keridhaan-Nya, maka ia
semakin menambah penderitaan, kesengsaraan dan dia semakin jauh
dari Allah. Begitulah keadaan setiap orang yang memohon pertolongan
kepada Allah, namun tidak dimaksudkan untuk menambah ketaatan
kepada-Nya, sehingga dia menjadi budak dari apa yang dimintanya.
Hendaklah diketahui, bahwa kalaupun Allah memenuhi permintaan
orang yang meminta kepada-Nya, bukan karena ada kemuliaan pada
diri orang yang meminta itu. Hamba meminta kepada-Nya dan Allah
memenuhinya, padahal permintaannya itu boleh jadi menjadi sumber
kehancuran dan penderitaannya, sehingga pemenuhan Allah ini justru
menjadi kehinaan baginya. Sebaliknya, tidak adanya pemenuhan Allah
atas permintaan hamba justru merupakan kemuliaan dan gambaran
cinta Allah kepadanya, perlindungan dan penjagaan Allah baginya dan
bukan merupakan gambaran kekikiran Allah. Tapi orang yang bodoh
akan mengira bahwa Allah tidak mencintai dan tidak pula
memuliakannya, sehingga dia berburuk sangka terhadap Allah. Pemberian
dan pencegahan Allah merupakan ujian. Firman-Nya,

"Adapun manusia, apabila Rabbnya mengujinya lalu dimuliakan-Nya
dan diberikan-Nya kesenangan, maka dia berkata, 'Rabbku telah memuliakanku'.
Adapun bila Rabbnya mengujinya lalu membatasi rezkinya,
maka dia berkata, 'Rabbku menghinakanku'. Sekali-kali tidak
(demikian)."(Al-Fajr: 15-16).

Allah menyanggah dugaan orang, bahwa keluasan rezkiyang dilimpahkan-
Nya merupakan kemuliaan dari-Nya, sedangkan kemiskinan
merupakan kehinaan dari-Nya, dengan befirman, "Aku tidak menguji
hamba-Ku dengan kekayaan karena dia mulia di Mata-Ku. Aku tidak
mengujinya dengan kemiskinan karena dia hina di Mata-Ku." Dia memberitahukan
bahwa kemuliaan dan kehinaan tidak berkisar pada keluasan
harta dan pembatasannya. Toh Allah menghamparkan harta
seluas-luasnya kepada orang kafir, bukan karena dia mulia, dan membatasi
harta pada orang Mukmin, bukan karena dia hina. Segala puji
bagi Allah atas semua ini, dan Dia Mahakaya lagi Maha Terpuji. Jadi
kebahagiaan dunia dan akhirat tetap kembali kepada iyyaka na'budu
wa iyyaka nasta'in.

3. Golongan orang yang memiliki sebagian ibadah tanpa menghendaki
isti'anah. Mereka ada dua kelompok: Pertama, golongan Qadariyah
yang berpendapat bahwa Allah telah melakukan apa yang ditetapkan-
Nya pada hamba dan Dia tidak perlu lagi memberikan pertolongan
kepada hamba, karena Allah telah menolongnya dengan mencipta-kan
alat baginya, memperkenalkan jalan dan mengutus para rasul. Sehingga
setelah adanya pertolongan ini, hamba tidak perlu lagi memo-hon kepada-
Nya. Kedua, golongan yang beribadah namun tidak total dalam tawakal
dan memohon pertolongan kepada-Nya. Pandangan mereka tidak
mengaitkan orang yang bergerak kepada siapa yang meng-gerakkan, tidak
mengaitkan sebab kepada pembuat sebab, tidak mengaitkan alat kepada
pelaku.

4. Golongan yang mempersaksikan bahwa hanya AUahlah satu-satunya
yang memberikan manfaat dan mudharat. Apa pun yang dikehendaki-
Nya pasti akan terjadi dan apa yang tidak dikehendaki-Nya tidak akan
terjadi, namun mereka tidak berbuat apa yang dicintai dan diridhai-
Nya.

Seorang hamba tidak bisa mewujudkan iyyaka na'budu kecuali dengan
dua dasar: Mengikuti Rasulullah dan ikhlas terhadap Allah yang disembah.
Ditilik dari dua dasar ini, maka manusia bisa dibagi menjadi
empat golongan:

1. Orang-orang yang ikhlas karena Allah dan mengikuti Nabi Shallallahu
Alaihi wa Sallam. Merekalah yang benar-benar menghayati iyyaka
na'budu. Semua perkataan dan perbuatan mereka karena Allah, memberi
karena Allah, menahan karena Allah, mencintai karena Allah,
membenci karena Allah. Mu'amalah mereka secara lahir dan batin karena
mengharap Wajah Allah semata, tidak dimaksudkan untuk mencari
imbalan, pujian, pengaruh, kedudukan dan simpati di hati manusia atau
pun menghindari celaan manusia. Bahkan mereka mengang-gap semua
manusia tak ubahnya mayat yang sudah mati, tidak bisa memberi
manfaat dan mudharat. Perbuatan yang dimaksudkan untuk
mendapatkan kedudukan, mengatur manfaat dan mudharat, sama sekali
tidak mereka kenal.
Maka Al-Fadhl bin Iyadh pernah berkata, "Amal yang baik ialah yang
paling ikhlas dan paling benar." Orang-orang bertanya, "Wahai Abu Ali,
apa yang dimaksudkan paling ikhlas dan paling benar itu?"
Dia menjawab, "Jika amal itu ikhlas namun tidak benar, maka ia tidak
diterima. Jika amal itu benar namun tidak ikhlas, maka ia tidak diteri-ma
pula, hingga ia ikhlas dan benar. Ikhlas artinya karena Allah. Benar
artinya berdasarkan As-Sunnah. Inilah yang dimaksudkan dalam firman
Allah,

"Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya, maka hendaklah
ia mengerjakan amal yang shalih dan janganlah ia mempersekutukan
seorangpun dalam beribadah kepada Rabbnya." (Al-Kahfi: 110).

2. Orang yang tidak ikhlas dan tidak mengikuti As-Sunnah. Amalnya tidak
sejalan dengan syariat dan tidak pula ikhlas terhadap Allah yang disembah,
seperti perbuatan orang-orang yang ingin pamer di hadapan
manusia. Mereka adalah orang-orang yang paling buruk dan paling
dibenci Allah. Mereka inilah yang digambarkan dalam firman Allah,

"Janganlah sekali-kali kamu menyangka bahwa orang-orang yang gembira
dengan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka suka supaya
dipuji terhadap perbuatan yang belum mereka kerjakan, janganlah
kamu menyangka bahwa mereka terlepas dari siksa, dan bagi mereka
siksa yang pedih." (Ali Imran: 188).

3. Ikhlas dalam amalnya namun tidak mengikuti perintah dan As-Sunnah,
seperti yang dilakukan para ahli ibadah yang bodoh, mereka yang
cenderung kepada zuhud dan hidup miskin, orang-orang yang beribadah
kepada Allah dengan cara yang tidak sesuai dengan perintah-
Nya.

4. Amalnya sesuai dengan perintah dan As-Sunnah, tetapi untuk tujuan
selain Allah, seperti orang yang berjihad karena riya' dan memamer-kan
patriotismenya, menunaikan haji agar dia dipuji atau membaca Al-
Qur'an agar disanjung. Amal mereka secara zhahir sesuai dengan
perintah, tetapi tidak shalih.

Orang-orang yang mengamalkan iyyaka na'budu secara konsisten
memiliki sisi pandang yang berbeda tentang ibadah yang paling utama,
paling bermanfaat, paling layak untuk diprioritaskan. Dalam hal ini mereka
ada empat pendapat:

1. Orang-orang yang menganggap ibadah yang paling baik dan utama
adalah yang paling sulit dan berat, karena ibadah semacam ini adalah
yang paling jauh dari hawa nafsu. Sementara menurut mereka, pahala
juga diukur dari kadar kesulitan ibadah. Mereka berpendapat kepada
hadits yang sama sekali tidak ada dasarnya, "Amal yang paling utama
adalah yang paling sulit atau berat."
Mereka adalah orang-orang yang memang rajin beribadah, namun
bertindak semena-mena terhadap diri sendiri. Orang-orang yang
menganggap ibadah paling utama adalah zuhud di dunia, meminimkan
andil dalam keduniaan dan tidak peduli terhadap kehidupan dunia.

2. Orang-orang yang menganggap ibadah paling utama adalah yang manfaatnya
merambah secara luas. Menurut mereka, menyantuni orangorang
miskin, memenuhi kebutuhan orang banyak, membantu mereka
dengan tenaga dan harta adalah ibadah yang paling utama. Mereka
beralasan bahwa amal ahli ibadah hanya bagi dirinya sendiri, sedangkan
amal orang yang bisa memberi manfaat kepada orang lain bisa
dirasakan orang banyak, karena itu kelebihan orang yang berilmu atas ahli
ibadah seperti kelebihan rembulan atas seluruh bintang-gemin-tang.
Mereka juga berhuj jah dengan hadits-hadits tentang pahala yang
diberikan kepada pelaku kebaikan dan dia juga mendapatkan pahala
orang-orang yang mengikuti kebaikan yang dilakukannya itu.

3. Orang-orang yang menganggap ibadah paling utama adalah amal yang
dilakukan untuk mendapatkan ridha Allah, sesuai dengan timingnya dan
tugas yang memang harus dilaksanakannya. Ibadah yang paling utama
pada waktu jihad adalah berjihad, sekalipun harus meninggal-kan shalat
malam dan puasa, bahkan sekalipun dia harus meninggal-kan shalat
fardhu karena kondisi perang. Ibadah yang paling utama sewaktu ada
tamu yang datang ialah memenuhi hak-hak tamu. Ibadah yang paling
utama pada waktu sahur adalah mengerjakan shalat, mem-baca Al-Qur'an,
berdoa dan berdzikir. Begitu pula setiap ibadah yang disesuaikan dengan
situasi dan kondisinya, maka itulah ibadah yang paling utama.

4. Golongan yang keempat ini adalah ahli ibadah yang tak mengenal
batasan, sedangkan tiga golongan lain sebelumnya adalah ahli ibadah
yang terbatas. Jika salah seorang di antara tiga golongan ini keluar dari
jenis ibadah yang menjadi andalannya, maka dia menganggap ada yang
kurang dalam ibadahnya itu atau dia telah meninggalkan ibadahnya sama
sekali, karena dia beribadah kepada Allah dengan satu pola. Sementara
orang yang ibadahnya tidak mengenal batasan, tidak mementingkan satu
ibadah daripada yang lain. Tujuan yang diraihnya adalah keridhaan Allah,
di mana dan kapan pun dia berada. Dia selalu berpindah-pindah di berbagai
tempat ibadah. Jika engkau melihat para ulama, maka dia tampak
bersama mereka. Jika engkau melihat para ahli ibadah, dia tampak bersama
mereka. Jika engkau melihat para mujahidin, dia tampak terlihat bersama
mereka. Jika engkau melihat orang-orang yang mengeluarkan shadaqah,
dia tampak bersama mereka. Inilah hamba yang tidak terikat dan
tidak memiliki gambar tertentu.

Dialah orang yang mewujudkan maknaiyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in secara konsekuen.

Tiada ulasan: