Catatan Popular

Sabtu, 13 Oktober 2012

KITAB MADARIJUS SALIKIN SIRI 8 : CAKUPAN IYYAKA NA’BUDU WA IYYAKA NASTA’IN TERHADAP MAKNA-MAKNA AL QURAN , IBADAH DAN ISTI’ANAH

SIRI 8

IBNU QAYYIM AL JAUZIYYAH


Rahasia penciptaan, perintah, kitab-kitab, syariat, pahala dan siksa
terpusat pada dua penggal kalimat ini, yang sekaligus merupakan inti
ubudiyah dan tauhid. Sampai-sampai ada yang mengatakan bahwa Allah
menurunkan seratus empat kitab, yang makna-maknanya terhimpun dalam
Taurat, Injil dan Al-Qur'an. Makna-makna tiga kitab ini terhimpun di
dalam Al-Qur'an. Makna-makna Al-Qur'an terhimpun dalam surat-surat
yang pendek. Makna-makna dalam surat-surat yang pendek terhimpun
dalam surat Al-Fatihah. Makna-makna Al-Fatihah terhimpun di dalam
iyyaka na'budu wa iyya-ka nasta'in. Dua kalimat ini dibagi antara milik
Allah dan milik hamba-Nya. Separoh bagi Allah, yaitu iyyaka na'budu,
dan separoh lagi bagi hamba-Nya, yaitu iyyaka nasta'in.
Ibadah mengandung dua dasar: Cinta dan penyembahan. Menyembah
di sini artinya, merendahkan diri dan tunduk. Siapa yang mengaku
cinta namun tidak tunduk, berarti bukan orang yang menyembah. Siapa
yang tunduk namun tidak cinta, juga bukan orang yang menyembah. Dia
disebut orang yang menyembah jika cinta dan tunduk. Karena itu orangorang
yang mengingkari cinta hamba terhadap Allah adalah orang-orang
yang mengingkari hakikat ubudiyah dan sekaligus mengingkari
keberadaan Allah sebagai Dzat yang mereka cinta, yang berarti mereka
juga mengingkari keberadaan Allah sebagai Ilah (sesembahan), sekalipun
mereka mengakui Allah sebagai penguasa semesta alam dan pencipta-nya.
Inilah tauhid mereka yang terbatas pada tauhid Rububiyah, seperti
pengakuan bangsa Arab, tapi mereka tidak keluar dari syirik, sebagaimana
firman Allah,

"Dan, sungguh jika kamu bertanya kepada mereka, 'Siapakah yang
menciptakan langit dan bumi?' niscaya mereka menjawab, 'Allah'."
(Az-Zumar; 38).

Isti'anah (memohon pertolongan) menghimpun dua dasar: Kepercayaan
terhadap Allah dan penyandaran kepada-Nya. Adakalanya seorang
hamba menaruh kepercayaan terhadap seseorang, tapi dia tidak menyandarkan
semua urusan kepadanya, karena dia merasa tidak membutuhkan
dirinya. Atau adakalanya seseorang menyandarkan berbagai urusan kepada
seseorang, padahal sebenarnya dia tidak percaya kepadanya, karena dia
merasa membutuhkannya dan tidak ada orang lain yang memenuhi
kebutuhannya. Karena itu dia bersandar kepadanya.
Tawakal merupakan makna yang juga cocok dengan dua dasar ini,
kepercayaan dan penyandaran, yang sekaligus merupakan hakikat iyyaka
na'budu wa iyyaka nasta'in. Dua dasar ini, tawakal dan ibadah disebut-kan
di beberapa tempat dalam Al-Qur'an, yang keduanya disebutkan secara
berurutan, di antaranya,

"Dan, kepunyaan Allahlah apa yang gaib di langit dan di bumi dan kepada-
Nyalah dikembalikan semua urusan, maka sembahlah Dia dan
bertawakallah kepada-Nya." {Hud: 123).

"Ibadah" didahulukan daripada "Isti'anah" di dalam Al-Fatihah merupakan
gambaran didahulukannya tujuan daripada sarana. Hal ini bisa
dilihat dari beberapa sebab:

1. "Ibadah" merupakan tujuan penciptaan hamba, sedangkan "Isti'anah"
merupakan sarana untuk dapat melaksanakan "Ibadah" itu.

2. Iyyaka na'budu berkaitan dengan Uluhiyah-Nya dan asma "Allah".
Sedangkan iyyaka nasta'in berkaitan dengan Rububiyah-Nya dan asma
"Ar-Rabb". Karena itu iyyaka na'budu didahulukan daripada iyyaka nasta'in,
sebagaimana asma Allah yang didahulukan daripada asma Ar-
Rabb di awal Al-Fatihah.

3. Iyyaka na'budu merupakan bagian Allah dan juga merupakan pujian
terhadap Allah, karena memang Dia layak menerimanya, sedangkan
iyyaka nasta'in merupakan bagian hamba, begitu pula ihdinash-shirath-almustaqim
hingga akhir surat.

4. "Ibadah" secara total mencakup "Isti'anah" dan tidak bisa dibalik. Se-tiap
orang yang beribadah kepada Allah dengan ibadah yang sempurna
adalah orang yang memohon pertolongan kepada-Nya, dan tidak bisa
dibalik. Sebab orang yang dikuasai berbagai macam tujuan pribadi dan
syahwatnya, juga bisa memohon pertolongan kepada-Nya, hanya karena
ingin memuaskan nafsunya. Karena itu ibadah harus lebih sempurna.
Berarti "Isti'anah" merupakan bagian dari "Ibadah" dan tidak bisa
dibalik, sebab "Isti'anah" merupakan permohonan dari-Nya, sedang
"Ibadah" merupakan permohonan bagi-Nya.

5. "Ibadah" hanya dilakukan orang yang ikhlas, sedangkan "Isti'anah" bisa
dilakukan orang yang ikhlas dan yang tidak ikhlas.

6. "Ibadah" merupakan hak Allah yang diwajibkan kepada hamba, sedangkan
"Isti'anah" merupakan permohonan pertolongan untuk dapat
melaksanakan "Ibadah".

7. "Ibadah" merupakan gambaran syukur terhadap nikmat yang dilimpahkan
kepadamu, dan Allah suka untuk disyukuri. Pemberian pertolongan
merupakan taufik Allah yang diberikan kepadamu. Jika engkau
komitmen dalam beribadah kepada-Nya dan ibadahmu lebih sempurna,
maka pertolongan Allah yang diberikan kepadamu juga lebih besar.
8. Iyyaka na'budu merupakan hak Allah dan iyyaka nasta'in merupakan
kewajiban Allah. Hak-Nya harus didahulukan daripada kewajiban-Nya.
Sebab hak Allah berkaitan dengan cinta dan ridha-Nya, sedangkan
kewajiban-Nya berkaitan dengan kehendak-Nya. Apa yang bergantung
kepada cinta-Nya harus lebih sempurna daripada apa yang bergantung
kepada kehendak-Nya. Semua yang ada di alam, para malaikat maupun
syetan, orang-orang Mukmin maupun orang-orang kafir, orang yang
taat maupun orang yang durhaka, semuanya bergantung kepada
kehendak-Nya. Apa yang bergantung kepada cinta-Nya adalah ketaatan
dan iman mereka. Orang-orang kafir ada dalam kehendak-Nya dan
orang-orang Mukmin ada dalam cinta-Nya.

Dari beberapa rahasia ini dapat diketahui secara jelas hikmah didahulukannya
iyyaka na'budu daripada iyyaka nasta'in.

Tiada ulasan: