Catatan Popular

Sabtu, 25 Disember 2021

INJAKLAH WAJAH KU

Syeikh Abu Bakar al-Kattani menceritakan kisah berikut.

 

Pernah aku mengenal seorang lelaki yang perlakuannya sangat kasar terhadapku.

 

Aku memberinya hadiah, namun tetap saja kekasarannya tak mau hilang. Aku mengajaknya ke rumahku, dan aku berkata padanya, "Injaklah wajahku", ia menolak, namun aku memaksanya sampai ia akhirnya mau menginjak wajahku sedemikian lama hingga kekasarannya berubah menjadi cinta.

 

*****

 

Suatu hari aku mendapat hadiah wang sebesar dua ratus dirham dari sumber yang halal. Aku membawanya dan meletakkannya di ujung sajadahnya.

 

Aku berkata padanya. "Ini untukmu". Ia melirikku dan berkata, "Aku telah membeli kesempatan ini seharga 70 ribu dinar, dan engkau ingin memperdayai aku dengan wangmu itu?".

 

Kemudian ia bangkit, mengibaskan sajadahnya, lalu pergi. Aku tak pernah menemukan harga diri yang seperti harga dirinya, dan aku pun tak pernah merasa semalu itu saat aku memunguti wang dirhamku.

 

 

Tiada ulasan: