Catatan Popular

Selasa, 15 Mac 2022

HIKAM ATHAILLAH SYEIKH SUFI KE 39 - ALLAH YANG MEMENUHI SEGALA HAJAT (KEBUTUHAN) MANUSIA

Menurut Kalam Hikmah ke 39 Al-Arifbillah Syeikh Ahmad Ibnu Athaillah As kandary:

 

“ Jangan mengadu (meminta) hajat kepada selain Allah, sebab Allahlah yang memberi (menurunkan) hajat itu kepadamu. Maka bagaimanakah sesuatu selain Allah akan dapat menyingkirkan sesuatu yang telah diletakkan oleh Allah. Siapa yang tidak bisa menyingkirkan bencana yang menimpa dirinya sendiri, maka bagaimanakah akan dapat menyingkirkan bencana dari yang lainnya”.

 

Bila terjadi suatu bencana yang menimpa dirimuhingga engkau membutuhkan suatu pertolongan, maka jangan mengharap kepada selain Allah, karena segala sesuatu selain Allah juga mempunyai hajat (kebutuhan) seperti engkau. Ia tidak memenuhi hajatnya tanpa pertolongan Allah, maka bagaimana mungkin ia dapat memenuhi hajatmu.

 

‘Atha Al Khurasani berkata: “ Saya bertemu dengan wahb bin munabbih di suatu jalan, maka kemudian saya berkata kepadanya: “ Ceritakanlah suatu hadits yang dapat saya ingat, tetapi persingkatlah”. Maka wahb bin munabbih berkata: “ Allah telah memberi wahyu kepada nabi Dawud as. : “Hai Dawud, demi kemuliaan dan kebesaran Ku, tiada seorang hamba Ku yang minta pertolongan kepada Ku dengan sungguh-sungguh kepada Ku dan tidak pula pada selain Ku, Aku mengetahui yang demikian dari niatnya, kemudian orang itu akan diperdaya oleh penduduk langit yang tujuh dan bumi yang tujuh, melainkan Aku pasti akan menghindarkannya dari semua itu. Sebaliknya demi kemuliaan dan kebesaran Ku, tiada seorang yang berlindung kepada seorang makhluk Ku, tidak kepadaku dan Aku ketahui yang demikian dari niatnya melainkan Aku putuskan ia dari rahmat yang dari langit, dan Aku longsorkan bumi di bawahnya, dan Aku biarkan ia dalam lembah jurang yang mana ia akan binasa.”

 

Tiada ulasan: