Catatan Popular

Isnin, 26 Disember 2016

KISAH KEDEGILAN NAFSU....



Allah pernah bertanya pada akal, “Siapa Aku, dan siapa kamu?” Akal pun menjawab, “ Aku adalah hamba-Mu dan Engkau adalah Tuhanku”. Kemudian Allah beralih bertanya pada nafsu, ” Siapa Aku, dan siapa kamu?” Nafsu pun menjawab, ”Aku adalah aku, dan kamu adalah kamu.”
Karena kelakuan nafsu yang tak mengakui ketuhanan Allah ini, maka Allah mengurungnya dalam kelaparan selama seribu tahun. Nafsu pun tidak kuat dan akhirnya mengakui ketuhanan Allah.
Kata nafsu berasal dari baha arab an-nafs.
Kisah tersebut menandakan bahwa nafsu itu adalah makhluk yang membangkang dan anti tunduk. Nafsu seringkali digandingkan dengan hawa.
Nafsu sering dikaitkan sebagai kekuatan-kekuatan yang memperbudak dalam perbuatan tercela yang boleh menceburkan ke neraka.

Tiada ulasan: