Catatan Popular

Sabtu, 27 Mei 2017

KITAB NASHAIHUL IBAAD (BAB TIGA HAL....TIGA PESAN ALLAH KEPADA NABI 'UZAIR

Karya Muhammad Nawawi bin 'Umar Al-Jawi  (IMAM NAWAWI NUSANTARA)

Diriwayatkan bahwa Allah telah berfirman kepada Nabi 'Uzair:
"Wahai 'Uzair,
  1. Jika engkau melakukan dosa kecil, maka janganlah melihat kecilnya dosa, tapi lihatlah kepada Dzat yang engkau durhakai.
  2. Jika engkau memperoleh kebaikan sedikit, maka janganlah engkau melihat kecilnya kebaikan, tetapi lihatlah kepada Dzat yang telah memberikan tizki itu kepadamu.
  3. Jika engkau tertimpa musibah, maka janganlah engkau mengadukan Aku kepada makhluk-Ku, sebab Aku juga tidak pernah mengadukanmu kepada para malaikat-Ku ketika engkau berbuat maksiat kepada-Ku."
Imam Ibnu "Uyainah berkata: "Orang yang mengeluh kepada orang lain namun hatinya mampu bersabar dan ridha menerima semua ketetapan Allah, maka orang itu tidak dikatakan berkeluh-kesah, sebab pernah ketika malaikat Jibril bertanya: 'Apa yang engkau rasakan?', Nabi saw yang saat itu tengah sakit menjelang wafatnya menjawab: 'Wahai Jibril, aku sedang tertimpa kecemasan dan kesusahan.'"
but, Hatim berkata: "Keraskan suaramu, aku kurang bisa mendengar." Mendengar ucapan Hatim itu, wanita tersebut merasa senang dan rasa malunya pun hilang, karena ia yakin kentutnya pasti kentutnya tidak terdengar oleh Hatim, padahal pendengaran Hatim masih normal, hanya saja ia berpura-pura tuli agar wanita itu tidak kecewa karena malu. Sejak saat itulah ia lalu dipanggil oleh masyarakatnya dengan sebutan Hatim Al-Asham (orang yang tuli) 

Tiada ulasan: