Catatan Popular

Sabtu, 17 September 2011

TOKOH SUFI KLASIK : HASAN AL BASRI (TOKOH KONTROVERSI DARI BASRA)



KONTROVERSI HASSAN DARI BASRA

Kisah Hasan dari Basra yang kontroversi adalah sebagai berikut.

Dia adalah seorang pedagang permata dan disebut Hasan dari Mutiara. Ia diperdagangkan dengan Byzantium, dan ada hubungannya dengan para jenderal dan menteri Caesar. Pada satu kesempatan, akan Bizantium ia meminta perdana menteri dan berbicara dengan dia sementara waktu.

"Kita akan pergi ke suatu tempat tertentu," kata menteri itu, "jika Anda menyenangkan."

"Ini adalah bagi Anda untuk berkata," jawab Hasan. "Saya setuju."

Jadi menteri memerintahkan kuda yang akan dibawa untuk Hasan. Dia naik dengan menteri, dan mereka berangkat. Ketika mereka sampai di padang pasir Hasan dianggap suatu tenda dari brokat Bizantium, diikat dengan tali gantungan sutra dan emas, mengatur perusahaan di tanah. Dia berdiri di satu sisi. Lalu tentara perkasa, semua accoutred di persenjataan lengkap perang, keluar, mereka mengelilingi tenda, mengatakan beberapa kata, dan berangkat. Filsuf dan sarjana untuk jumlah hampir empat ratus tiba di tempat kejadian; Mereka mengelilingi tenda, mengatakan beberapa kata, dan berangkat.

Setelah itu tiga ratus tetua diterangi dengan janggut putih mendekati tenda, dilingkari itu, berkata sedikit, lalu pergi. Setelah lebih dari dua ratus gadis bulan-adil, masing-masing membawa sepiring emas dan perak dan batu mulia, mengelilingi tenda, mengatakan beberapa kata, dan berangkat.

Hasan menceritakan bahwa, heran dan penuh dengan heran, ia bertanya pada dirinya sendiri apa ini mungkin.

"Ketika kami turun," ia melanjutkan, "tanya saya menteri. Dia mengatakan bahwa Caesar memiliki seorang putra keindahan tidakpasti, sempurna di semua cabang belajar dan tak tertandingi di arena kehebatan jantan. Ayahnya mencintainya dengan sepenuh hati. "

Tiba-tiba ia jatuh sakit. Semua dokter terampil terbukti tak berdaya untuk menyembuhkannya. Akhirnya ia meninggal, dan dimakamkan di tenda itu. Setelah setiap orang per tahun datang keluar untuk mengunjunginya. Pertama sebuah lingkaran tenda tentara yang sangat besar, dan mereka berkata: "O pangeran, jika keadaan yang menimpa engkau telah terjadi dalam perang, kita akan memiliki semua mengorbankan hidup kami untuk engkau, kepadamu tebusan kembali. Tetapi keadaan yang telah menimpa kamu adalah di tangan Satu terhadap yang kita tidak bisa melawan, Siapa kita tidak bisa tantangan. "Ini yang mereka katakan, dan kemudian kembali.

Para filsuf dan para ulama maju ke depan, dan berkata: "keadaan ini telah dibawa oleh Satu terhadap Siapa kita tidak bisa melakukan apa pun dengan cara belajar dan filsafat, ilmu pengetahuan dan menyesatkan. Untuk semua para filsuf dunia tidak berdaya di hadapanNya, dan semua belajar bodoh di samping pengetahuan-Nya.

Kalau tidak kita akan memiliki perangkat buat dan kata-kata yang diucapkan semua dalam penciptaan tidak bisa bertahan "ini yang mereka katakan, dan kemudian kembali..

Berikutnya kemajuan tua-tua yang dihormati, dan berkata: "O pangeran, jika keadaan yang telah menimpa kamu bisa benar telah ditetapkan oleh perantaraan para tetua, kita semua akan menengahi dengan petisi rendah hati, dan tidak akan meninggalkan engkau di sana. Tetapi keadaan ini telah dibawa atasmu oleh Satu terhadap siapa tidak ada syafaat manusia biasa yang keuntungan apa pun. "

Ini mereka katakan, dan berangkat.

Sekarang bulan-wajar mereka gadis-gadis dengan piring emas dan batu berharga muka, lingkaran tenda, dan berkata: "Anak Caesar, jika keadaan yang menimpa kamu bisa ditetapkan hak oleh kekayaan dan kecantikan, kami akan mengorbankan diri kita sendiri dan diberikan uang besar, dan tidak akan meninggalkan engkau. Tetapi keadaan ini telah dibawa atasmu oleh Satu pada kekayaan dan keindahan Siapakah berpengaruh. "Ini yang mereka katakan, dan kembali.

Kemudian Caesar diri dengan kepala menteri memasuki tenda, dan berkata: "mata O dan lampu ayahmu, wahai buah hati ayahmu, hai tercinta tersayang Mu ayah, apa yang di tangan ayahmu untuk tampil? ayah-Mu membawa pasukan besar, ia membawa filsuf dan cendekiawan, syafaat dan penasihat, gadis cantik, kekayaan dan segala macam kemewahan, dan dia datang sendiri. Jika semua ini bisa saja sia-sia, ayahmu akan melakukan semua yang berada dalam kekuasaannya. Tapi situasi ini telah dibawa oleh Satu sebelum siapa ayahmu, dengan semua alat ini, tentara dan rombongan, ini mewah dan kekayaan dan harta, tidak berdaya.

Salam bagimu, sampai tahun depan "katanya ini!, dan kembali.

Kata-kata menteri sehingga terpengaruh Hasan bahwa ia lupa diri. Saat itu dia membuat pengaturan untuk kembali. Datang ke Basra, ia bersumpah untuk tidak pernah tertawa lagi di dunia ini, sampai tujuan akhir nya menjadi jelas baginya. Ia melempar diri ke dalam segala macam devosi dan austerities, sehingga tidak ada orang dalam nya waktu bisa melebihi disiplin itu.

Suatu cerita ketika Habib al-’Ajami sedang duduk di depan khaniqahnya (pondokan untuk berdzikir), tiba-tiba Hasan al-Basri datang dengan tergopoh-gopoh. “Oh Habib, sembunyikan aku karena Hajjaj, wakil gubernur, mengutus tentaranya untuk menangkapku. Sembunyikan aku!” kata Hasan al Basri. Dan Habib membalas “Masuklah ke dalam dan bersembunyilah.” Hasan masuk ke dalam dan menemukan sebuah tempat untuk bersembunyi. Beberapa saat kemudian, beberapa tentara menghampiri Habib, “Apakah anda melihat Hasan al-Basri?”

“Ya, Aku melihatnya di dalam. Dia ada di dalam.”

Mereka masuk ke dalam dan melihat ke sekeliling, melihat ke segala arah, bahkan menyentuh kepala Hasan al-Basri, dan beliau melihat mereka dengan ketakutan. Kemudian pasukan itu keluar, dan berkata kepada Habib,”Apa sekarang anda tidak malu (karena) anda telah berdusta. Di mana dia? Hajjaj akan berurusan dengan orang yang bekerja sama dengan Hasan al-Basri, dan itu cocok dengan anda. Anda berkata bahwa dia berada di dalam, apakah anda tidak malu telah berdusta!”

“Di dalam, Aku tidak berdusta. Dia di dalam.”

Sekali lagi, mereka masuk. Lalu, dengan sangat marah, mereka pergi. Kemudian Hasan al-Basri keluar. “Oh, Syaikh, apa ini? Aku datang kapadamu, memintamu untuk menjagaku dan engkau mengatakan kepada tentara bahwa aku berada di dalam.” “Ya Hasan, ya Imam, najawt min sidqi-l-kalaam –engkau diselamatkan oleh kebenaranku! Aku mengatakan kebenaran dan Allah melindungimu karena aku berkata dengan jujur. Aku berkata, “Wahai Tuhanku, ini adalah Hasan al-Basri, hamba-Mu, dia datang meminta pertolonganku, berkata, ‘Sembunyikan aku, jagalah aku!’ Aku tidak bisa melindunginya. Aku mempercayakan dia kepada-Mu, menyerahkan dia kepada-Mu sebagai amanat dariku. Engkau melindunginya.’ Aku hanya mengatakan hal itu dan membaca Ayat al-Kursi.”

Karena itulah para tentara tiada pun dapat melihatnya.

Pada suatu hari, Hasan Al-Basri pergi lagi mengunjungi Habib Ajmi, seorang sufi besar lain. Pada waktu salatnya, Hasan mendengar Ajmi banyak melafalkan bacaan salatnya dengan keliru. Oleh karena itu, Hasan memutuskan untuk tidak salat berjamaah dengannya. Ia menganggap kurang pantaslah bagi dirinya untuk salat bersama orang yang tak boleh mengucapkan bacaan salat dengan benar.

Di malam harinya, Hasan Al-Basri bermimpi. Ia mendengar Tuhan berbicara kepadanya, “Hasan, jika saja kau berdiri di belakang Habib Ajmi dan menunaikan salatmu, kau akan memperoleh keridaan-Ku, dan salat kamu itu akan memberimu manfaat yang jauh lebih besar daripada seluruh salat dalam hidupmu. Kau mencoba mencari kesalahan dalam bacaan salatnya, tapi kau tak melihat kemurnian dan kesucian hatinya. Ketahuilah, Aku lebih menyukai hati yang tulus daripada pengucapan tajwid yang sempurna.

Ada suatu cerita lagi, ada seseorang datang menemui Syekh al-Hasan. Dia bercerita bahwa dirinya baru saja diumpat oleh si Fulan. Syekh al-Hasan justru menyuruh orang tersebut untuk kembali menemui si Fulan.

“Ingat, kata ulama, orang yang suka mengumpat memasang senjata untuk melemparkan kebaikannya ke barat dan timur, serta ke kanan dan ke kiri,” kata Syekh al-Hasan.

Orang tadi lantas menuruti nasihat Syekh al-Hasan. Dia tak sekadar menemui tapi juga membawakan sebakul kurma rutab. Sembari menyerahkan sebakul kurma yang dibawanya, ia berkata dengan tenang: “Aku mendengar kabar bahwa engkau telah menghadiahkan kebaikanmu kepadaku. Maka terimalah kirimanku sebagai ucapan terimakasih.”

Apa lagi sebenarnya yang dikatakan Syekh al-Hasan hingga lelaki yang diumpat itu bisa sebaik demikian pada orang mengumpatnya? Ternyata, Syekh al-Hasan –seperti dikisahkan oleh al-Ghazali—mengutipkan satu nasehat yang pernah didengarnya dari Syekh Ibn Mubarak.

Bunyinya pendek sekali: “Jika aku suka mengumpat, tentu aku mengumpat ibuku, sebab ibuku berhak menerima kebaikanku

Tiada ulasan: