Catatan Popular

Ahad, 13 Januari 2019

MENJADI AKHLAK MULIA Pelajaran ke dua puluh dua : MENGHINDARI HARTA HARAM

DARI TINTA EMAS SYAIKH ABBAS AL-QUMMI

Wahai saudaraku yang budiman, hindarkan dan jauhkanlah dirimu dari harta yang haram, karena hal itu akan menimbulkan bahaya yang teramat besar, dan merupakan penghalang terbesar dalam memperoleh kebahagiaan.

Ketahuilah, bahwa sebagian besar manusia yang tidak memiliki harapan lagi untuk memperoleh karunia dan berkah Ilahy, sebabnya adalah karena mereka tidak mau menjauhkan diri dari harta yang haram. Dan sesungguhnya hati yang tumbuh dari suapan makanan haram, akan berada di suatu tempat yang tidak lagi layak untuk menerima karunia dari Yang Maha Suci.

Oleh karena itu wahai saudaraku, ingatlah, jika engkau ingin mencari keselamatan, engkau harus mencari sesuatu yang halal dan harus menahan tangan serta perutmu dari memakan setiap makanan yang ada. Hindarilah berbuat zalim, keras kepala, berkhianat dalam amanat, menipu, licik, marah, mencuri, mengurangi timbangan, melakukan riba dan sebagainya.

Wahai saudaraku, sebaliknya kenakanlah baju taqwa dan wara' di atas tubuhmu karena sesungguhnya: " Pakaian takwa itulah yang paling baik".

Tiada ulasan: