Catatan Popular

Khamis, 31 Ogos 2023

KITAB AL MAWAKIF WAL MUKHOTOBAT : 16. SETIAP YANG BERBEKAL AKAN TERKALAHKAN

Karya Muhammad Bin Abdul Jabbar Al-Niffari (AL NIFFARI)

Aku ditegakkan berdiri di atas permukaan laut, maka kulihat bahtera demi bahtera saling tenggelam, yang tersisa hanya keping-keping papan yang berserakan di sana-sini” Kemudian tiba saatnya papan-papan itu tenggelam juga. Lalu Dia berseru kepadaku : “Tiada satupun yang naik di permukaan laut itu akan selamat, dan setiap yang berbekal akan terkalahkan”.

 

Ia pun berseru pula : “Barang sapa yang mau menerjunkan dirinya dan tidak mau naik, berarti mau menghadang bahaya”.

 

Lanjutnya : “Siapa yang naik juga dan tidak mau menempuh bahaya, niscaya akan binasa!”.

 

Dan kata Nya : “Dalam menempuh bahaya masih ada sebagian darapan dari keselamatan”. Dan ombak yang ketika itu datang menggunung menganggkat pula apa-apa yang ada di bawah permukaan laut dan dihempaskan ke tepi pantai.

 

Lalu kata Nya : “Cahaya terang di atas permukan laut tak dapat di capai, dan dasar laut yang gelap gulita tak dapat dikuasai, dan di antara keduanya ikan-ikan juga tidak dapat terjamin keselamatannya”.

 

Dan lanjut Nya pula : “Jangan engkau naik ke permukaan laut, maka Aku akan menghijabmu dengan bekal bawaanmu sendiri dan jangan pula terjun ke dalam laut, yang demikian halnya sama saja; Aku tetap akan menghijab dengannya”.

 

Lalu kata Nya kepadaku : “Di laut itu ada batas-batas, maka yang mana yang akan mendukungmu?”.

 

Dan kata Nya : “Bila engkeu merelakan dirimu pada lautan, lalu engkau terjunkan dirimu ke dalamnya, tidak yang demikian menjadikan dirimu sama dengan hewan laut”.

 

Dan kata Nya : “Terperdayalah engkau! Jika Aku menunjukan engkau atas selain Ku!”

 

Kata Nya pula : “Bila engkau membinasakan dirimu berkorban untuk selain Ku, maka engkau adalah bagi siapa yang engkau rela berkorban itu”

 

Dan kata Nya : “Dunia itu bagi barangsiapa yang Ku singkairkan jauh daripada dunia, dan bagi barangsiapa yang Ku singkirkan dunia itu daripada dirinya; Dan akhirat itu bagi barangsiapa yang Ku datangkan untuk menghadap (mendekat) kepadanya, dan Ku jadikan pula ia suka menghadap kepada Ku”.

Tiada ulasan: