Catatan Popular

Selasa, 7 Ogos 2018

DIALOG ANTARA IMAM JA'FAR SHADIQ AS DENGAN ABU HANIFAH


DIALOG ANTARA IMAM JA'FAR SHADIQ AS DENGAN ABU HANIFAH

Berkata ja'far : dosa mana yang lebih besar, membunuh atau berzina ?

Jawab abu hanifah : membunuh

Berkata ja'far : kenapa allah mengharuskan dua saksi dalam suatu kasus pembunuhan, sedangkan dalam kasus zina empat saksi ?Apakah engkau dapat menqiyaskan ini ?

Jawab abu hanifah : tidak

Berkata ja'far : mana yang kadarnya lebih besar, mani atau air kencing ?

Jawab abu hanifah : air kencing (dari segi najasah yaqiniahnya )

Berkata ja'far : tapi kenapa allah memerintahkan mandi ketika keluar mani, sedangkan saat keluar air kencing, cukup dengan dibasuh?Apakah engkau dapat menqiyaskan ini ?

Jawab abu hanifah : Tidak

Berkata ja'far : mana yang kadarnya lebih besar, sholat atau puasa ?

Jawab abu hanifah : sholat

Berkata jaf'ar : tapi kenapa seseorang yang haidh diwajibkan menqodho puasa tapi tidak untuk sholat ? Apakah engkau dapat menqiyaskan ini ?

Jawab abu hanifah : Tidak

Berkata ja'far : mana yang lebih lemah, laki laki atau perempuan ?

Jawab abu hanifah : perempuan

Berkata ja'far : tapi kenapa allah menjadikan dua bagian untuk laki laki, dan satu bagian untuk perempuan ? apakah engkau dapat menqiyaskan ini ?

Jawab abu hanifah : Tidak

Berkata ja'far : Dan kenapa allah menghukumi seseorang yang mencuri sepuluh dirham dengan dipotong tangan, dan menghukumi seseorang yang memotong tangan orang lain cukup dengan membayar 15rb dirham ? apakah engkau dapat menqiyaskan ini ?

Jawab abu hanifah : Tidak

Tapi Dr. baltaji dalam kitabnya manahij al-tasyri' al-islamy mengatakan bahwa riwayat diatas terbalik antara yang mendebat dan yang didebat. Beliau menguatkan hujjahnya dengan mengambil riwayat dari ibnu ahmad al-makky dalam manaqibu abi hanifah mengenai perdebatan diatas. Berikut versi ibnu ahmad al-makky dalam manaqibi abi hanifahnya....

Pada saat abu hanifah pergi haji, abu ja'far muhamad albaqir menghadangnya di madinah..kemudian berkata : kamulah yang merubah agama kakekku dengan qiyas!!

Berkata abu hanifah : aku berlindung pada allah untuk melakukan itu

Berkata abu ja'far : tapi kamu telah merubah!!

Abu hanifah berkata pada abi ja'far : duduklah...aku ingin ingin bertanya padamu tiga pertanyaan, dan jawablah pertanyaanku..Apakah laki laki lebih kuat dari perempuan ?

Jawab abu ja'far : ya..laki laki yang lebih kuat

Berkata abu hanifah : Berapa bagian untuk laki laki dan berapa bagian untuk perempuan ?

Jawab abu ja'far : laki laki mendapat dua bagian, dan perempuan mendapat satu bagian

Berkata Abu hanifah : ini adalah perkataan kakekmu (nabi). Maka jika saya merubah agama kakekmu, dengan qiyas menjadi terbalik antara kedudukan laki laki dan perempuan, karena perempuan lebih lemah dari laki laki. Kemudian berkata : mana yang lebih utama, puasa atau sholat ?

Jawab abu ja'far : shalat

Berkata abu hanifah : ini juga perkataan kakekmu. Maka jika saya merubah agama kakekmu, dengan qiyas aku memerintahkan perempuan yang haidh untuk menqadha shalat dan tidak menqadha puasa. Kemudian berkata : Manakah yang lebih dekat pada najis, mani atau air kencing ?

Jawab abu ja'far : air kencing yang lebih najis

Berkata abu haniah : jika saya merubah agama kakekmu, maka dengan qiyas, saya akan memerintahkan wudhu jika seseorang keluar air mani, dan mandi jika mengeluarkan air kencing karena air kencing lebih mendekati najis dari mani

Kemudian setelah itu, abu ja'far bangun dan mencium wajah abu hanifah dan memuliakannya...

Tiada ulasan: