Catatan Popular

Rabu, 29 Ogos 2018

KITAB AN NASHA’IH KE 8 Hindarilah Bergaul Dengan Orang-orang Jahat


SYEIKH ABU ABDILLAH AL-HARITS BIN ASAD “AL-MUHASIBI”

Sahabatku! Aku mengingatkan kalian dalam berbaur dengan semua orang, karena semua pelanggaran dan dosa terdapat dalam pembauran dan pergaulan dengan mereka, sedang mereka tidak menyadari. Hanya saja, yang mempu mendeteksi hal semacam ini terbatas pada orang yang sudah menjadi wara’ dan muhasabah, sedang kita bukanlah termasuk orang  yang dijamin selamat dalam agamanya apabila setan manusia dan setan jin sudah berkumpul.

Kita sama seperti mereka, saling membisik satu sama lain tentang ungkapan yang indah sebagai tipuan. Ingat, kalian boleh bergaul dengan manusia hanya dengan dua tipe; salah satunya ialah yang dapat membantu keadaan dirimu agar tidak hanyut dalam keduniaan. Namun, jika Allah menghimpun pertolongan terhadap agama dan dunia pada diri seseorang, maka peganglah kepadanya dan hindarilah orang lain karena semua orang akan menjadi bencana dalam agamamu kecuali si penolong dalam kebajikan tadi.

Ingatlah! Sesungguhnya keselamatan paling utama adalah menghindari semua orang, karena dapat memberikan pahala yang banyak, bahkan lebih besar daripada apa yang kamu kira.
Disebutkan bahwa ibadah itu ada sepuluh bagian, salah satunya terdapat dalam sikap pendam, sedang sisanya yang sembilan terdapat dalam menjauhi manusia. Aku memberi nasihat kepada kalian jika mau menerima---- tetapi yang mau menerima biasanya sedikit.... bahwa sabar dalam kesendirian memang pedih, namun merupakan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada orang yang Dia kehendaki. 

Semoga Allah memberikan taufik kepada kita semua untuk setiap kebaikan dengan rahmat-Nya. Berpisahlah dengan manusia dengan hati serta perbuatan, dan sambungkan komunikasi dengan mereka melalui salam dan kewajiban memenuhi hak sesama Muslim.

Tiada ulasan: