Catatan Popular

Rabu, 29 Ogos 2018

KITAB AN NASHA’IH KE 1 Kebahagiaan Hamba Tergantung pada Ketakwaannya Kepada Allah SWT.


SYEIKH ABU ABDILLAH AL-HARITS BIN ASAD “AL-MUHASIBI”

Sahabat ku, mereka yang sering aku sebut sebagai penyandang keutamaan dan ketakwaan telah lama terkubur di bawah lapisan tanah, dan di antara akhlak mereka yang sedikit tersisa di permukaan bumi pun tersembunyi, nyaris tidak dikenal. Kini aku akan menguraikan kepada kalian sebgaina di antara ilmu yang telah dititipkan Allah SWT, kepada aku melalui tulisan ini.

Aku mendapati para juru nasihat--- semoga Rhmat serta Ridha Allah atas mereka--- bersepakan bahwa kebahagiaan hamba di dunia dan di akhirat tergantung pada nilai ketakwaannya kepada Allah SWT.

Dan ingatlah bahwa bukti utama ketakwaan ialah bersikap Wara” ( ialah sikap yang menghindari perbuatan dosa, dan menahan diri dari subhat dan maksiat), terhadap larangan-larangan Allah SWT, melaksanakan hudud-Nya (Hukum-Nya); dan mensucikan hati dari segala yang tidak disukai-Nya. Lalu aku juga mendapati mereka bersepakat bahwa perusak agama adalah mereka yang lancang terhadap Allah SWT. Dan ketahuilah bahwa ciri kelancangan itu adalah meninggalkan sikap wara” melampaui hudud- Allah SWT, serta getol melakukan maksiat kepada-Nya. Semoga Allah melindungi kita semua dari hal demikian.

Tiada ulasan: