Catatan Popular

Rabu, 18 Mac 2020

KITAB MUKASYAFATUL QULUB BAB 24 BERBAKTI PADA KEDUA ORANG TUA (MENYINGKAP RAHSIA KALBU)


OLEH HUJJATUL ISLAM IMAM AL GHAZALI

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ra.ia berkata, sesungguhnya aku bertanya kepada Rasulullah saw. : ” Amal apakah yang paling dicintai Allah swt. ? ” Beliau bersabda: ” Shalat tepat pada waktunya. ” Aku bertanya: ” Lalu amal apa lagi ? ” Beliau bersabda: ” Berbakti pada kedua orang tua. Aku bertanya lagi: ” Kemudian amal apa ? ” Beliau bersabda: ” Jihad fi sabilillah. ”
Imam Muslim dan lainnya meriwayatkan: ” Seorang anak tidaklah dapat membalas orang tuanya, kecuali bila ia mendapatinya sebagai seorang budak lalu ia membeli dan memerdekakannya.” Imam Muslim ra. juga meriwayatkan, Sesungguhnya ada seorang laki-laki datang menghadap Rasulullah saw. lalu ia berkata: ” Saya berbai’ah pada Anda untuk hijrah dan berjihad demi mencari keridhaan dan pahala dari Allah swt. ” Beliau bersabda: ” Apakah salah seorang dari kedua orang tua Anda masih hidup ? ” Ia menjawab: ” Ya Rasulullah, bahkan keduanya masih hidup. ” Beliau bersabda: ” Apakah Anda mengharapkan pahala dan keridhaan Allah swt. ? ” Ia menjawab: ” Ya Rasulullah. ” Beliau bersabda: ” Kembalilah kepada kedua orang tua Anda, temanilah keduanya dengan perlakuan yang baik.”

Abu Ya’la ra. dan Thabrani ra. meriwayatkan dengan sanad yang baik, Sesungguhnya ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw. lalu ia berkata: ” Aku sangat menginginkan untuk ikut berjihad, tetapi aku tidak mampu ? ” Nabi Muhammad saw. bertanya: ” Apakah salah seorang dari kedua orang tua Anda masih ada ? ” Ia menjawab: ” Ya, Ibuku masih ada. ” Beliau bersabda: ” Mohonlah kepada Allah agar dapat berbakti kepadanya. Bila Anda benar-benar …berbakti padanya, maka Anda mendapatkan pahala seperti orang yang berhaji, umrah, dan berjihad.

Thabrani  ra.meriwayatkan, Sesungguhnya ditanyakan kepada Rasulullah saw. : ” Ya Rasulullah, saya ingin berjihad di jalan Allah. ” Beliau bersabda: ” Apakah Ibu Anda masih hidup ? ” Ia menjawab: ” Ya Rasulullah. ” Beliau bersabda: ” Tetaplah berbakti padanya, karena disanalah jalan menuju surga. ” Ibnu Majah meriwayatkan: Ya Rasulullah, apakah hak kedua orang tua atas anaknya. ” Beliau bersabda: ” Pada keduanya surga dan neraka Anda. ”

Ibnu Majah ra. dan Nasai ra.meriwayatkan, lafal haditsnya menurut Nasai yang dinilai shahih oleh Hakim: ” Ya Rasulullah, aku ingin berperang, aku datang kemari untuk meminta perimbangan dan pendapat pada Anda. ” Beliau bertanya: ” Apakah Anda mempunyai seorang ibu ? “. Ia menjawab: ” Ya Rasulullah “. Beliau bersabda: ” Tetaplah berbakti padanya, karena surga ada di telapak kakinya. ”

Imam Ahmad ra. meriwayatkan dengan sanad yang shahih:

” Barangsiapa yang senang diperpanjang umurnya dan ditambah rizkinya, maka hendaklah ia berbuat baik kepada kedua orang tuanya dan menyambung hubungan kefamiliannya. “
Imam Muslim ra. meriwayatkan:
” Sungguh hina, hina amatlah hina. Ditanyakan kepada beliau : ” Siapakah dia orangnya, Ya Rasulullah ? ” Beliau bersabda: ” Dia itu adalah orang yang mendapati hidup bersama kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya dalam kondisi lanjut usia, kemudian dia tidak dapat masuk surga, atau kedua orang tuanya itu tidak dapat membuatnya masuk surga. “
Imam Bukhari ra. dan Muslim ra. meriwayatkan:
” Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak untuk aku pergauli dengan baik ? ” Beliau bersabda: ” Ibu Anda “. Dia bertanya: Lalu siapa? . Beliau menjawab: ” Ibu Anda “. Dia bertanya: Kemudian siapa lagi ?. Beliau bersabda: ” Ibu Anda “. Dia bertanya lagi: Lalu siapa ? Beliau bersabda: ” Ayah Anda “.
Imam Bukhari dan Muslim juga meriwayatkan dari Asma’ binti Abu Bakar ra. ia berkata: ” Ibuku datang kepadaku, sementara ia adalah wanita musyrikah di masa Rasulullah saw. maka aku meminta fatwa kepada Rasulullah saw. seraya berkata: ” Ya Rasulullah, ibu datang kepadaku, dia adalah orang yang membenci Islam, atau dia mengharapkan sesuatu padaku. Apakah aku harus menyambutnya ? Beliau bersabda: ” Sambutlah Ibu Anda ”
Ibnu Hibban dan Bazzar meriwayatkan :
” Ridha Tuhan tergantung pada keridhaan orang tua atau kedua orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua atau kedua orang tua. “
Thabrani meriwayatkan: ” Ketaatan kepada Allah swt. tergantung ketaatan pada orang tua atau pada kedua orang tua, dan kemaksiatan pada Allah tergantung pada kemaksiatan kedurhakaan nya kepada orang tua atau kedua orang tua. ” Bazzar juga meriwayatkan dalam hadits lain: ” Keridhaan Tuhan Tabaraka wa Ta’ala berada dalam keridhaan kedua orang tua dan kemurkaan Tuhan Tabaraka wa Ta’ala juga berada dalam kemurkaan kedua orang tua. “


Tiada ulasan: