Catatan Popular

Rabu, 23 Mei 2018

SYEIKH ABDUL WAHID BIN ZAID : MENGAPA KALIAN TAK MENANGIS


Nama Panggilan dari Abdul Wahid bin Zaid adalah Abu Ubaidah Al Bashri. Beliau sebagai penasehat terkenal dengan sosok seorang yang zuhud, dan Sebagai guru kepada orang-orang yang rajin beribadah.

Pernah sahabat Abdul Wahid bin Zaid berkata, “Ketika aku berada di tempat Malik bin Dinar, aku duduk di samping Abdul Wahid bin Zaid. Akan tetapi aku kurang jelas dengan nasehat yang diberikan Malik bin Dinar karena suara tangis Abdul Wahid bin Zaid.

Di suatu hari, Abdul Wahid bin Zaid berceramah Beliau berkata, “Wahai saudara-saudaraku, kenapa engkau tidak menangis dengan adanya neraka? Ketahui lah, siapa yang menangis karena takut neraka maka Allah Ta’ala akan menjauhkan dari neraka.
Dan kenapa engkau tidak menangis dengan kedahsyatannya dahaga pada hari kiamat nanti? wahai saudaraku, kenapa kalian tidak menangis? Menangis lah di atas air dingin di dunia ini! Semoga air dingin ini kelak diberikan kepada kalian semuanya bersama orang-orang terdahulu yaitu para Nabi, orang-orang jujur, syuhada’, orang-orang shaleh. Sesungguhnya mereka itu orang yang baik.”

Setelah berkata seperti itu, Abdul Wahid bin Zaid menangis. Maha Besar Allah atas segala KeagunganNya.


Tiada ulasan: