Catatan Popular

Selasa, 30 Oktober 2018

TENTANG SESEORANG YANG DIPILIH DAN DIRIDHAI ALLAH


Imam Ahmad Syihabuddin Bin Salamah Al-Qulyuby

Diceritakan dari Dhunnun Al Misri bahwa dia masuk masjid  Haram , kemudian dia melihat seorang laki-laki yang menjatuhkan diri dalam keadaan telanjang dan dia berada di bawah tiang dan berzikir dengan hati yang bersedih, dunnnun berkata saya mendekatinya dan memberi salam kepadanya, kemudian saya saya bertanya kepadanya.

Dari mana kamu? Laki-laki tersebut menjawab; saya orang aneh.. Saya tanya kepadanya ; Sipa namamu? Dia menjawab saya orang yang dicari oleh dzat yang saya lari darinya.

Saya bertanya lagi kepadanya; Apa maksud dari perkataanmu? Kemudian dia menangis dan saya juga ikut menangis, dia tidak berhenti-henti menangis sampai dia meninggal ketika itu juga.

Saya melepas sarungku dan menutupinya kemudian saya keluar untuk mencari kain kafan dan ketika saya kembali mayatnya sudah tidak ada.

Saya berkata; Hai Dzat yang maha suci siapa yang telah mendahuluiku?.Dan ketika itu juga ada suara: Hai Dzunnu orang itu dicari oleh syetan dibumi tetapi dia tidak menemukanya , dicari oleh malaikat malik sipenjaga neraka, dai tidak menemukannya dan dicari oleh Malaikat Ridwan si penjaga surga, diapun tidak menemukanya.

Saya bertanya kepadanya di mana orang tersebut?. Dia menjawab: Dia berada di tempat yang semestinya, disamping raja yang berkuasa!

Dan dengan hal ini dikatakan bahwa manusia dalam beribadah ada tiga macam; Ruhani, khayawani, dan rubbani.

Ruhani: yaitu orang yang beribadah kepada Allah karena takut kepada siksanya.

Khayawani; yaitu oarang yang beribadah kepada Allah karena mengharapkan rahmat dan ampunanNya.

Rubbani: yaitu orang yang beribadah kepada Allah karena, sedangkan dia tidak mau mengetahui dunia, akhirat, surga, neraka, dirinya, dan ruhnya.

Golongan orang yang pertama ketika hari kiamat dia  dibangunkan dari kuburnya dan selamat dari api neraka.

Golongan yang kedua dia dimasukkan ke surga.
Dan golongan yang ketiga adalah golongan yang kucari, kekasihku  Aku tidak menjadikan dunia kecuali untuk orang yang semisalnya. 

Tiada ulasan: