Catatan Popular

Rabu, 3 Januari 2024

KITAB AN NASHA’IH KE – 15 Memelihara Anggota Tubuh dan Hati

SYEIKH ABU ABDILLAH AL-HARITS BIN ASAD “AL-MUHASIBI”

 

Saudaraku! Aku berpesan kepada kalian tentang suatu pekerti, yang merupakan kumpulan seluruh kebaikan, yaitu aku berwasiat tentang pemeliharaan seluruh anggota tubuh serta hati, dan senantiasa kukuh menjaga di segala kondisi. Janganlah memulai sessuatu dengan tindakan, juga dengan perkataan, serta jangan pula menyembunyikannya kecuali melalui pertimbangan dan perencanaan. Jika sesuatu itu terpuji di sisi Allah SWT.

 

Bersegeralah melakukannya; sebaliknya, jika tercela, maka jauhilah. Adapuns esuatu yang masih samar menurutmu, serahkanlah kepada orang yang ahli di bidangnya, dan berhentilah sampai di sini dulu sampai Allah memberikan ilmu dan penjelasannya.

 

Rasulullah saw. Bersabda : “Manusia yang paling di cintai oleh Allah ialah orang yang tidak mengungkapkan perkataan, perbuatan tangan, kaki, tindakan, tidak juga niat kecuali setelah petimbangan dan perencanaan. Maka, jika di sana terdapat ridha Allah, ia lakukan, dan jika tidak, maka ia tahan.” Ingat! Contohlah orang yang cendekia dan intelek, juga pelaku wara’ dan takwa. Berperilakuklah dengan etika mereka, engkau akan mendapatkan dengannya kemuliaan di hari ditegakkan hisab. Semoga Allah memberi kita taufik untuk setiap kebaikan melalui Rahmya-Nya.

 


Tiada ulasan: