Catatan Popular

Rabu, 3 Januari 2024

KITAB AN NASHA’IH KE – 18 Mennggemari Ilmu Yang Wajib Dipelajari

SYEIKH ABU ABDILLAH AL-HARITS BIN ASAD “AL-MUHASIBI”

 

Apabila orang-orang suka kepada ilmu pengetahuan, jadikanlah kegemaranmu kepada ilmu yang diwajibkan kepada hamba. Karen, telah sampai kepada kami bahwa Rasulullah saw. Berssabda : “Wahai kaum, utamakanlah niat dalam mempelajari batas-batas kewajiban, dalam mengenal yang halal dan haram, mengenal wara’ serta keikhlasan, karena Allah dalam berbuat.”Carilah ilmu yang demikian dengan kesungguhanmu, sebab orang jahil terhadap batasan agama akan buta dari jalan petunjuk, berubah-ubah dalam sikap anti kebenaran dan silih berganti dalam berbagai macam kerusakan.

 

Rasulullah saw. Bersabda : “Seandainya orang yang bodoh melebihi para mujahid dalam beribadah, tentu yang rusak lebih banyak daripada yang benar.” Ingat, manakala engkau tidak mengerti tentang batasan-batasan agama, pasti engkau merugi, tetapi manakala engkau mengetahui tentang apa yang wajib atas mu, lalu kau amalkan, pasti engkau akan berbahagia. Inilah perbedaan keutamaan antara dua orang. Salah satu di antaranya mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan, tetapi sebenarnya tidak ada kebutuhan untuknya apa yang dipelajarinya itu, dan ia pu tidak akan ditindak di hari kiamat bila meniggalkannya, tetapi tetap akan ditanya tentang ilmunya, tentang susah payahnya dalam mencarinya, dan apa yang ia keendaki dalam menuntutnya?

 

Sebab, bisa jadi tujuannya benar-benar untuk mendekatka diri kepada Allah dan boleh jadi pula karena tertarik oleh nilai dunia dan kemauannya. Adapun yang lain, orang yang mencari ilmu tentang batasan-batasan kewajiban, yang jika diabaikan akan menyebabkan murka Allah. Begitu seterusnya, hingga apabila benar-benar telah merasa mantap dengan ilmu tentang yang fardhu tersebut, carilah bidang ilmu yang lebih sesuai dengan kecintaan Allah SWT, dan yang lebih besar manfaatnya dalam agama. Semoga Allah memberikan kepada kita sekalian taufik untuk setiap kebaikan melalui Rahmat-Nya.

Tiada ulasan: