PENGARANG KITAB "KASHF AL MAHJUB LI ARBAB
AL QULUB" SAYYID ABUL HASSAN ALI BIN UTHMAN AL HUJWIRI rahimahullah (IMAM
AL HUJWIRI @ DATA GANJ BAKHSH)
Kelahirannya
Dilahirkan di Hujwer, Ghazna, Afghanistan. Tarikh kelahiran dan kewafatannya tidak diketahui secara pasti, apa yang pasti adalah beliau hidup sekitar kurun ke-5H.
Dilahirkan di Hujwer, Ghazna, Afghanistan. Tarikh kelahiran dan kewafatannya tidak diketahui secara pasti, apa yang pasti adalah beliau hidup sekitar kurun ke-5H.
Berketurunan Rasulullah SAW, di mana ayahanda beliau adalah seorang syarif
al-Hasani manakala bonda beliau pula adalah seorang syarifah al-Husaini. Beliau
telah berkelana ke berbagai pelusuk dunia Islam untuk menimba pengetahuan dan
telah bertemu dengan sosok - sosok gergasi dalam dunia keilmuan Islam,
antaranya Imam al-Qusyairi dan murid beliau Syaikh Abu `Ali al-Farmadi yang
merupakan salah seorang guru Imam Hujjatul Islam al-Ghazali.
Silsilah kerohanian beliau bersambung kepada Imam Junaid al-Baghdadi dan
seterusnya kepada Sayyidina `Ali RA melalui guru beliau Hadrat Syaikh Abul
Fadhl Muhammad bin Hasan al-Khuttali. Di antara kisah yang menarik mengenai
beliau adalah ketika beliau menjejakkan kakinya ke Lahore atas perintah
gurunya, binaan pertama didirikannya adalah sebuah masjid sebagai pusat dakwah
beliau. Maka ramailah orang mendatangi beliau untuk mendengar nasihat dan
ajarannya dan hal ini telah menimbulkan hasad dengki dalam hati sesetengah
orang lalu mereka menyebarkan fitnah bahawa masjid yang didirikan oleh Imam
al-Hujwiri itu menghadap arah kiblat yang salah. Fitnah yang semakin merebak
itu memaksa Imam al-Hujwiri untuk mengundang penduduk Lahore termasuklah
mereka-mereka yang dengki tersebut untuk hadir ke masjid untuk sholat. Setelah
azan Maghrib dilaungkan, Imam al-Hujwiri pun mengimamkan sholat dan dalam
sholat ketika beliau membaca ayat ke-6 surah al-Fatihah : "Tunjukilah
kami jalan yang lurus", dengan izin Allah, terbitlah satu karamah
di mana semua yang hadir bersholat tersebut dapat melihat di hadapan mereka
Baitullah. Maka hilanglah keraguan mereka yang arah kiblat masjid tersebut
salah. Maka tidak hairanlah kenapa sehingga kini Imam al-Hujwiri menduduki
tempat istimewa dalam hati-hati umat Islam terutama sekali penduduk Lahore dan
Pakistan.
Imam al-Hujwiri terkenal dengan karya beliau "Kasyful Mahjub". Karya ini ditulis dalam Bahasa Farsi dan merupakan antara karya tasawwuf yang tertua dalam bahasa Farsi. Ianya telah diterjemah dalam Bahasa Arab, Inggeris dan juga Bahasa Melayu - Indonesia. Seorang bangsawan British, John Gilbert Lennard (1915 - 1978) menerima hidayah Islam setelah membaca "Kasyful Mahjub" dan setelah Islam beliau dikenali sebagai Shah Shahidullah
Imam al-Hujwiri terkenal dengan karya beliau "Kasyful Mahjub". Karya ini ditulis dalam Bahasa Farsi dan merupakan antara karya tasawwuf yang tertua dalam bahasa Farsi. Ianya telah diterjemah dalam Bahasa Arab, Inggeris dan juga Bahasa Melayu - Indonesia. Seorang bangsawan British, John Gilbert Lennard (1915 - 1978) menerima hidayah Islam setelah membaca "Kasyful Mahjub" dan setelah Islam beliau dikenali sebagai Shah Shahidullah
Moga Allah melimpahkan rahmat dan kasih sayangNya ke atas Imam al-Hujwiri
selama-lamanya ... al-Fatihah.
Al-Hujwiri sebagaimana yang telah
tersirat dalam buku Kasyf Al-mahjub li Arbab Al-qulub yang
diterjemahkan dalam berbagai bahasa oleh para ilmuwan yang mengeluti ilmu
tasawuf. Dalam versi inggris buku ini berjudulThe kasf Al-mahjub: The oldest
Persian Treatise on Sufism yang dikarang oleh 'Ali ibn 'Ustman
Al-hujwiri sedangkan dalam versi indonesia berjudul Kasf Al-mahjub: risalah
Tertua Tengtang Tasawuf.
Erti secara bahasa yakni "Menyingkap
tabir kegaiban atau hakikat orang-orang untuk memiliki penglihatan tajam atau
agar orang memiliki penglihatan tajam sebagaimana para sufi".
Biografi Al-Hujwiri
Sekilas tentang biografi Al-hujwiri
mempunyai nama lengkap Abul-hasan Ali bin Ustman bin Ali Al-gaznawi
Al-jullabi Al-hujwiri. Dari semua literatur sangat sedikit yang mengulas
tentang biografi Al-hujwiri kebanyakan literatur membahas konsep-konsep tasawuf
beliau. Dalam perjalanan mencari ilmu Al-hujwiri pernah belajar kepada:
1.
Abul-fadhl muhammad bin Al-hasan Al-khutali (156 H),
2.
Abul-hasan Al-husri (lahir 371 H),
3.
Abul-Abbas Ahmad bin Muhammad Al-Asyqani atau Al-syaqani(158 H),
4.
Abul-Qasim Gurgani (159 H),
5.
Khwaja muzhaffar (160 H),
6.
Dan banyak lagi syaikh yang pernah dijumpainya dan diajak berbincang selama
pengembaraannya.
Dalam pengembaraannya beliau berjalan
dan berkeliling ke seluruh wilayah kerajaan islam dari kerajaan syiria hingga
Tukistan dan dari Hindustan hingga laut kaspia. Diantara negeri-negeri tempat
yang dikunjungi adalah Azerbaijan (63 dan 364 H), kuburan Bayazid di Bistham
(72 H), damaskus, Ramla, dan Bayt Al-jin di syiria, thus dan Uzkan, kuburan Abu
Sa'id bin Abul Khayr di Minha, merv, dan jabal Al-buttam di sebelah timur
Samarkand. Dari salah satu penulusuran sejarah beliau pernah tinggal sementar
di Irak, karena terimpit oleh utang-utang (informasi kurang kurang jelas)dalam
bukunya beberapa orang menyimpulkan bahwa Al-hujwiri pernah mengalami masa
perkawinan singkat dan tidak menguntungkannya.
Menurut Riyadh Al-Awliya, Beliau pindah
ke Lahore dan mengakhiri masa hidupnya di kota ini. Dalam perjalanannya di kota
ini beliau merasa terpenjara dan sedih dalam mengarang buku Kasyf Al-mahjub
karena kitab-kitabnya tertinggal di ghazna.
Diperkirakan beliau wafat pada tahun 456
H (1063-4 M) atau 464 H (1071-2 M), namun nyatanya beliau hidup sejaman dengan
Abul-Qasim Al-qusyayri yang wafat pada tahuN 465 H (1072 M).
Dalam mukadimah Kasyh Al-mahjub,
Al-hujwiri sedikit mengulas tentang keluhannya bahwa dua karya awalnya telah
disiarkan ke tengah khalayak ramai oleh orang-oarng yang telah menghapus
namanya dari halaman judul, dan bermaksud agar mereka sendiri yang dianggap
pengarangnya. Belajar dari pengalaman itu beliau banyak menampilkan
nama-namanya pada setiap pembahasan dalam buiku Kasyf Al-mahjub. Dalm
karya-karyanya beliau sempat merujuk berbagai buku ;
1.
sebuah Diwam,
2.
Minhaj Al-din, tengtang metode tasawuf, Karya ini
berisi mengenai ulasan terinci Ahl-Al-suffah (83 H) dan riwayat Husayn bin
Mansur Al-hallaj.
3.
Asrar Al-khiraq wa Al-ma'umat, tentang jubah
bertambal yang dikenakan kaum sufi.
4.
Kitab-i fana u baqa', tentang kencongkaan dan kesembronoan
pemuda.
5.
sebuah karya yang tidak disebutkan judulnya, tentang perkataan Husayn bin
Mansur Al-hallaj.
6.
Kitab Al-bayan li Ahl Al-iyan, tentang persatuan
dengan Allah.
7.
Bahr Al-qulub
8.
Al-ri'ayat li-huquq Allah, tentang tauhi
Illahi.
9.
sebuah karya lagi yang tidak disebutkan judulnya, tentang iman (258 H).
Dalam ungkapannya tidak satu buku yang diatas dilestarikan.
Kasyf Al-mahjub li Arbab Al-qulub, ditulis beliau pada akhir masa hidupnya
yang sebagiannya ditul di Lahore. Sebagai jawaban juga atas
pertanyaan-pertanyaan teman-temannya sekotanya, seperti Abu Sa'id Al-hujwiri.
Beliau adalah seorang sunni dan pengikut mazab hanafi akan tetapi beliau
selau bessikap kritis terhadap sesuatu hal yang beliau rasa mengganjal dan
banyak kotrofersi dalam perkembangan pada zaman itu. Seperti halnya dalam kasus
Al-hallaj yang dhukum mati karena dituduh sebagai seorang tukang sihir,
Al-hujwiri membela a-hallaj bahwa menyatakan ajaran Al-hallaj hanya berbau
Wahdatul al-wujub dalam kulitnya saja. Tetapi Al-hujwiri memaqndang
doktrin-doktri Al-hallaj tidak benar.
Kaedah
Dalam buku Kasyf Al-mahjub li Arbab Al-qulub beliau menulisnya secara
komprehensif dan banyak mengutip dari para sufi untuk diperbincangkan secara
mendetail. Tujuan mendasar buku ini ditulis adalah untuk menjawab banyak
pertanyaan dari teman sebayanya dalam memahami konsep tasawu maupun tentang
tauhid sebenar-benarnya.
Seperti halnya dalam buku ini banyak menghimpun sejumlah besar ujaran para
Syaikh (guru sufi) yang beliau pandang sebagai sesuatu hal yang sulit untuk
dipahami. Maka beliau berusaha mendiskusikan dan menjelaskan
doktrin-doktrin dan praktik para sufi.
Dalam awal pembahasannya beliau
menguji pendapat-pendapat byang ada topik itu dan menyangkalnya jika
diperlukan. Oleh karena itu dalam buku ini beliau lebih condong kepada studi
komparatif yaitu membandingkan pendapatnya sendiri dengan pendapat yang lain
ataupun menjelaskannya menurt pandangannya.
Pembicaraan
mengenai mistis dan pertentangan pendapat disemarakkan dengan berbagai ilustrasi
yang diturunkan dari pengalaman pibadi Alhujwiri. Dalam hubungan ini Kasyf
Al-mahjub li Arbab Al-qulub lebih menarik karena karya yang bernilai tinggi
sebagai himpunan pendapat, hikayat, definisi akan tetapi beliau selalu
mengikuti metode akademik dan condong ke arah formal dalam persepsi ortodok.
Seperti
kebanyakan para sufi Al-hujwiri menyelaraskan teologinya dengan suatu corak
mistikisme yang tinggi, dimana teori teori tentang pelenyapan (fana)
menduduki tempat yang utama. Dalam ajaranya Al-hujwiri tidak sampai bersikap
ekstream selayaknya orang yang panteis. Dia beranggapan dengan tegas menyatakan
dan mempertahankan Zindiq (bid'ah) sebagai doktrin yang mengatakan bahwa
pribadi manusia dapat bercampur dan sirna di dalam wujub Allah. Denagn mengandaikan
pelenyapan dengan pembakaran api yang mengalihkan kualitas semua benda kepada
kualitasnya sendiri tetapi membiarkan zat (esensi) mereka tidak berubah.
Sebagaimana
pendapat Al-khutali dalam teori Junayd (ketenangan), dalam makna istilah mistis
itu lebih disukai daripada kemabukan. Beliau sering kali memperingatkan dengan
tandas bahwa semua sufi mencapai kekudusan tertinggi baik yang sudah maupun
belum tetap terkena kewajiban menaati hukum agama (syari'at). Dalm
segi lainnya, seperti pembangkitan ekstasi oleh musik dan nyanyian atupun
penggunaan simbolisme erotik dalam puisi beliau menyatakan setidak-tidaknya
berhati-hati.
Pembahasan
Dalam buku Kasyf Al-mahjub li
Arbab Al-qulub Al-hujwiri banyak menuangkan pemikirannya yang berasal dari
pengalamannya sendiri dan banyak mendefinisikan maupun menjelaskan secara
komprehensif doktrin-doktrin para syaikh yang terdiri dai 25 bab. Oleh karena
banyak faktor yang saya alami diantaranya keterbatasan waktu dan biaya dalam
reset mendalam tentang ajaran-ajaran Al-Hujwiri, saya akan lebih mengulas
sedikit ajaran Al-hujwiri yang tersirat karena masih banyak ajaran beliau yang
tidak tersirat sebagaimana yang tertulis dalam buku Kasyf Al-mahjub li Arbab
Al-qulub. Karena saya berpandangan bahwa suatu ilmu tidak ada batasannya dan
tidak akan pernah mati jika diimplementasikan.
Konsep Tasawuf
"dan
orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati, apabila disapa oleh
orang-orang jahilmereka jawab dengan salam" (QS 25:63). Nabi bersabda
"dia yang mendengar suara para sufi (ahl al-tashawwuf) dan tidak
mengatakan amin bagi doa mereka, tercatat di hadapan Allah dalam daftar
orang-orang yang lengah ". sebagian orang sufi menyatakan bahwa
orang sufi disebut demikian karena dia memakai jubah bulu domba (jama'-i
shuf) sedabgkan sebagian lagi menyatakan karena mereka berada dalam barisan
pertama (shaff-i awwal), yang lain juga menyatakan bahwa sufi termasuk dalam
golongan ashhb-i shuffah.
Shafa (kesucian) adalah
terpuji lawan dari kadar (ketidak sucian). Nabi bersabda "shafw (bagian
yang suci yaitu yang terbaik) dari dunia ini telah lenyap dan hanya kadar yang
tertinggal".
Di zaman tuhan telah mendindingi
kebanyakan orang dari tasawuf dan dari abdi-abdinya dan telah menyembunyikan
rahasia dari hati mereka. Karena itu sementara orang membayangkan bahwa ia
merupakan bagian dari praktek ketakwaan lahiriah yang tidak disertai dengan
tafakkur batin dan yang lain menyangka bahwa ia merupakan suatu bentuk dan
sebuah sistem yang tidak memiliki hakikat dan akar. Sedemikian rupa sehingga mereka
telah berpandangan seperti pandangan para pengejek (ahl-i hazl) dan para
ahli ilmu kalam yang memandang dari aspek lahirnya dan sekaligus mengutuk
tasawuf tanpa ada usaha untuk menemukan apa hakikat tentang itu.
Nabi saw bersabda "sesungguhnya,
kesucian adalah ciri khas orang shiddiq, jikia kau menginginkan atau
mendambakan seorang sufi sejati". Bahwasannya kesucian memiliki akar
dan cabang : akarnya adalah berupa keterpisahan hati dari yang lain dan
cabangnya berupa kekosongan hati dari dunia yang memperdaya.
Seorang sufi terkemuka berkata : "Dhiya
al-syams wa'l-qamar idza 'isytaraka namudzaj min shafa al-hubb wa al-tawhid
idza 'isytabaka" (paduan cahaya matahari dan bulan seperti
kesucian cinta dan pengesaan Illahi (tauhid) ketika mereka membaur bersama-sama). Mata tak dapat melihat cahaya matahari dan bulan
damalam tampilan yang sempurna. Selama ada pengaruh dari sinar matahari, mata
senantiasa melihat langit sedang hati melihat singgasana Illahi dan selagi
masih hidup di dunia ini senantiasa menjelajahi alam mendatang (akhirat). Dan
apabila seseorang telah terlepas dari maqam-maqam dan meretaskankan belenggu
kadar "keadaan-keadaan (ahwal)" dan terbebaskan dari dunia
perubahan serta kebinasaan dan memiliki semua sifat yang terpuji maka dia
terlepas dari semua sifat.
"Man
shaffahu al-hubb fa-huwa shaf wa-man shaffahu al-habib fa-huwashufiyy" (ia yang telah disucikan oleh cinta adalah suci
dan ia yang tenggelam dalam kekasih dan telah mencampakkan segala yang lain
adalah seorang sufi) uangkapan dari salah satu sufi. Sebenarnya penamaan sufi
diberikan hanya untuk para wali dan ahli keruhanian yang sempurna. Penggunaan
nama sufi yang memenuhi keperluan etimologi karena tasawuf terlalu luhur untuk
memiliki genus yang darimya tasawuf berasal karena pengasalan satu hal satu hal
dair yang lain membutuhkan homogenitas, sehingga penamaan itu tidaqk mempunyai
sebuah derivasi.
Arti
secara etimologi shafa (kesucian), adalah suatu kewalian dengan seah tanda dan
dan suatu pemberitaan (riwayat). Sedang tasawuf adalah suatu peniruan yang
sabar akan kesucian. Maka dipahami kesucian merupakan sebuah gagasan yang
cemerlang dan nyata sedang tasawuf merupakan peniru dari gagasan.
Dalam
tingkatan sufi Hujwiri membagi Shafa dalam tiga derajat :
1.
Shufi, seseorang yang manunggal (shabib
wushul). Yang mati pada dirinya dan hidup oleh kebenaran, ia bebas dari
bebas dari batas-batas kemampuan manusiawi dan benar-benar telah sampai.
2.
Muthasawwif, seseorang yang berpegang pada prinsip
(shabib ushul). Ia telah berusaha keras untuk mencapi derajat ini dengan
menundukkan hawa nafsu dan dalam pencariannya ia meluruskan perilakunya sesuai
dengan teladan mereka (para sufi).
3.
Mutashwif, seseorang yang suka berbuat sia-sia (shabib
fudhul). Ia yang membuat dirinya secara lahirnya serupa mereka (para sufi)
untuk sekedar mencari uang, kekayaan, kekuasaan, serta keuntungan duniawi, tapi
tidak sedikit mengetahuitentang kedua ini. Karena itu dikatakan "al-mustashwif
'inda al-shufiyyat ka al-dzubab wa 'inda ghayrihim ka al-dzi'ab"
(Mutashwif, dalam pandangan para sufi sehina lalat-lalat dan kelakuannya
berdasarkan ketamakan semata-mata, oarng lain menganggap selayak serigala dan
mulutnya tak terkendali (be afsar) karena ia hanya menginginkan
secuil bangkai)
Tasawuf di Mata Para Sufi
Dalam pembahasan ini Al-hujwiri mengunakan study komparatif, yakni
mengambil ungkapan-ungkapan para tokoh sufi dan dianalisis sesuai dengan
pemahamannya dan menjelaskannya secara komprehensif. Al-hujwiri melihat tasawuf
yang merupakan dari doktrin-doktrin para sufi masih sulit dimengerti dan multi
tafsir. Dalam definisi tasawuf sebagaimana dijelaskan diatas, Al-hujwiri
menjelaskan tasawuf sebagai suatu tafsir yang benar.
Alhujwiri mengutip salah satu tokoh sufi yang mendiskripsikan tentang sufi.
Dzun Nun Al-mirsi berkata : “Al-shufi idza nathaqa bana nuthuquhu ‘an
al-haqa’iq wa-in sakata nathaqat ‘anhu al-jawarih bi-qath’ al-ala’iq” (sufi
adalah yang bahasanya, ketika ia bicara adalah hakikat keadaannya yakni dia
mengatakan pun yang tidak ada pada dirinya dan ketika ia berdiam diri sikapnya
menunjukkan keadaanya dan keadaannya menyatakan bahwa dia telah memutuskan tali
hubungan duniawi). Al-hujwiri menjelasakan yakni semua yang dia katakan
berdasarkan prinsip yang benar dan semua yang dia lakukan adalah keterpisahan
yang penuh dengan dunia. Ketika ia berbicara, pembicaraannya sepenuhnya tentang
kebenaran dan ketika berdiam diri, tindakannya sepenuhnya kefakiran.
Junayd berpendapat bahwa tasawuf sebagai suatu sifat yang didalamnya
teletak hidupnya manusia. Beliau menggambarkan itu sebagai sifat tuhan atau
sifat manusia. Esensi adalah sifat tuhan dan sifat resmi adalah sifat manusia.
Al-hujwiri mengulas ungkapan junayd bahwa esensinya melibatkan pelenyapan
kualitas-kualitas manusia yang disebabkan oleh kekekalan kekekalan Illahi, dan inilah
merupakan atribut Tuhan. Sedangkan sistem resminya yang melibatkan
kesinambungan manusia dalam mujahadat dan kesinambungn dalam
mujahadat ini adalah suatu atribut manusia.
Mudahnya, Tuhan memerintahkan hamba-Nya untuk berpuasa dan bilamana mereka
melaksanakan puasa, dia diberi gelar “orang yang berpuasa (shaim)”
kepada mereka, dan secara nominal puasa ini milik manusia, tapi sebenarnya
puasa adalah milik Allah. Firman Allah “shawm li wa-ana ajzii bihi” yang
artinya semua tindakan adalah milik-Nya dan bilamana semua manusia menisbahkan
sesuatu pada dirinya mereka sendiri, penisbahan ini adalah resmi (formal) dan
majazi (metaforis) bukan hakiki.
Dan Abul Hasan Nuri mengatakan bahwa tasawuf itu sebagai penyangkalan semua
kesenangan diri sendiri. Dari penyangkalan dibagi atas dua macam, resmi dan
hakiki. Singkatnya jika orang yang menyangkal suatu kesenangan dan mendapatkan
kesenangan dalam penyangkalan, inilah yang dimaksud dengan penyangkalan resmi.
Tetapi jika kesenangan menyangkal dia kemudian lenyap dan masalah ini ada dalam
kontemplasi yang sesungguhnya (musyahadat). Maka
dari itu penyangkalan itu merupakan tindakan manusia, tetapi pelenyapan
kesenangan adalah tinadakan tuhan. Tindakan manusia adalah resmi dan
tindaklan tuhan adalah hakiki.
Kesimpulan
Al-hujwiri melihat tasawuf sesuai dengan apa yang dia alami yang tidak lain
adalah berdasarkan pengalamannya pribadi dalam mengarungi kehidupan. Dengan
cara Al-hujwiri memahami tasawuf secara komparatif menjadikan tasawuf sesuatu
yang bukan inklusif, artinya tidak ada suatu hal yang haq benar dalam tasawuf.
Kebenaran dalam tasawuf merupakan wujud pengalaman spiritual pribadi.
Al-hujwiri tegas dalam mengeluarkan pandangannya seperti dalam kasus
Al-halaj yang dituduh sebagai penyihir dan pandangannya para sufi harus tetap
tunduk pada hukum (syari’at). Menandakan bahwa Al-hujwiri sebagai sosok
yang yang lantang bicara, berani aksi dan bertanggung jawab.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan