Catatan Popular

Selasa, 13 Ogos 2019

KISAH TOBATNYA PENYANYI ABU UMAR AL KINDI

Suatu hari Abdullah bin Mas’ud lewat di pinggiran Kufah. Ternyata di sana ada dua anak muda yang sedang berkumpul sambil minum-minum.

Bersama mereka ada pula seorang penyanyi yang dikenal dengan Zadzan. Dia sering memainkan gitar dan bernyanyi. Terlebih lagi dia memang memiliki suara yang bagus. Ketika Abdullah bin Mas’ud mendengar nyanyiannya, dia berkata, “Betapa indahnya suara ini jika digunakan untuk membaca Al-Qur’an.”

    Kemudian dia mengangkat sorbannya dan meletakkannya di atas kepalanya. Setelah itu dia pergi. Zadzan mendengar ucapan Abdullah bin Mas’ud seraya bertanya, “Siapa orang itu?”

    Mereka menjawab, “Dia adalah Abdullah bin Mas’ud sahabat Rasulullah saw..”

    Dia bertanya lagi, “Apa yang telah dia katakan?”
    Mereka menjawab,  “Dia telah mengatakan, ‘betapa indahnya suara ini jika digunakan untuk membaca Al-Qur’an.’”

    Zadzan pun segera bangkit kemudian membanting gitarnya hingga hancur. Lantas dia cepat-cepat mengejar Abdullah bin Mas’ud dan menemuinya. Dia langsung menangis di hadapannya. Ibnu Mas’ud kemudian memeluknya, sehingga mereka berdua sama-sama menangis. Lalu, Abdullah bin Mas’ud berkata, “Bagaimana aku tidak cinta kepada orang yang telah dicintai Allah?”

    Setelah itu Abu Umar al-Kindi pun bertobat dari bernyanyi selanjutnya dia mengikuti Ibnu Mas’ud untuk belajar Al-Qur’an hingga akhirnya dia menjadi salah seorang imam dan ulama pada zamannya. 
Semoga Allah merahmatinya.

Tiada ulasan: