Catatan Popular

Selasa, 13 Ogos 2019

TOBAT SEORANG PEMUDA YANG INGAT ALLAH KETIKA HENDAK MELAKUKAN MAKSIAT

Yahya bin Ayyub berkata, “Di Madinah ada seorang pemuda yang kepribadiannya sangat dikagumi oleh Umar ibnul hthab r.a..

Pada suatu malam, ketika dia pulang dari shalat Isya, ada seorang wanita yang berdiri di hadapannya. Wanita itu menawarkan dirinya dan pemuda itu pun tergoda dan hingga mengikuti wanita itu sampai di depan pintu rumahnya.

Namun tiba-tiba timbul rasa cemas dan takut dari dalam hati pemuda itu dan dia langsung teringat ayat ini, ‘Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa apabila mereka dibayang-bayangi pikiran jahat (berbuat dosa) dari setan, mereka pun segera ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat (kesalahan-kesalahannya).’” (al-A’raaf: 201)

    Dia langsung pingsan. Wanita itu melihat ke pemuda itu sudah seperti orang mati. Maka, wanita itu dan budak perempuannya saling berjibaku untuk mengangkatnya dan membawanya ke depan pintu rumahnya. Ayah pemuda itu keluar dan dia melihat anaknya sedang tergeletak di depan pintu rumahnya. Ayahnya langsung mengangkat dan membawanya ke dalam dan pemuda itu akhirnya sadar. Sang ayah bertanya, “Wahai anakku, apa yang telah terjadi padamu?”

    Sang anak tidak mau memberitahukannya, tetapi sang ayah tetap terus bertanya sampai akhirnya dia bercerita kepadanya. Ketika dia membaca ayat tadi, dia menjerit histeris dengan satu jeritan yang membawa nyawanya keluar.

    Kisah pemuda itu pun sampai kepada Umar r.a., dia berkata, “Apakah kalian mengizinkanku untuk mengumandangkan azan atas kematiannya?” 

Umar lalu pergi sampai dia tiba di tempat pemakamannya. Dia memanggil, “Wahai fulan, ‘Dan bagi siapa yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga.’” (ar-Rahmaan: 46)

    Umar pun mendengar suara dari dalam kuburnya, “Tuhanku telah memberikannya wahai Umar

Tiada ulasan: