Catatan Popular

Sabtu, 6 Mei 2023

KITAB TAJUL ARUS BAB 6 : Perkara yang membantu membersihkan hati

Terjemahan Kitab Tajul ‘Arus Alhawiy li tahdzibin Nufus Karya Syeikh Ibnu ‘Atha’illah


Perhatian/himmah orang yang zuhud itu pada memperbanyak amal, sedangkan perhatian para ‘arifin itu pada membenarkan khaliyah/tingkah (hati).

Ada empat perkarayang bias membantu membersihkan hatimu yaitu : Dzikir, banyak diam, kholwat/menyendiri, dan sedikit makan dan minum.

Orang yang ghoflah/ahli lupa kepada Alloh, itu setiap pagi selalu meneliti dan menghitung harta bendanya. Sedangkan orang yang ahli zuhud dan ahli ibadah itu selalu meneliti haliyah hatinya. Dan orang yang ahli makrifat itu selalu meneliti hubungan hatinya dengan Alloh taala.

Segala suatu yang dijadikan Alloh pada dirimu, seperti taat, sakit, atau kesusahan, sesungguhnya Alloh menghendaki untuk menguji kamu dengan keadaan itu.

Siapa yang mencari dunia dengan jalan akhirat itu seperti orang yang memegang sendok untuk menyendok kotoran/tinja. Apakah orang yang seperti ini tidak disebut orang yang kumprung?.

Jangan kau beranggapan manusia itu kekurangan ilmu, tapi manusia itu lebih banyak kekurangan taufiq, dibandingkan kekurangan ilmu.

Pemulaan perkara yang penting dan baik bagimu, yaitu menangisi akalmu, seperti juga kekurangan rumput itu bisa terjadi di suatu tempat.

Begitu juga bisa terjadi pada akalnya seorang laki-laki.

Tiada ulasan: