Catatan Popular

Sabtu, 6 Mei 2023

KITAB TAJUL ARUS BAB 8 (c) : Kenikmatan hidup di dunia yang Hakiki

Terjemahan Kitab Tajul ‘Arus Alhawiy li tahdzibin Nufus Karya Syeikh Ibnu ‘Atha’illah

 

Wahai orang yang hidup tapi belum merasakan hidup yang semestinya, sehingga kamu keluar dari dunia belum bisa merasakan sesuatu yang ladzat dari dunia itu, yaitu munajat kepada Alloh, dan mendapat Dawuh dari Alloh. Kamu berbaring diwaktu malam seperti mayat.

Maka apabila kamu ditolak menghadap Alloh, maka mintalah pertolongan kepada Alloh taala, dan berkatalah, “Ya Malaikatalloh,Ya Rosulu Robbi(wahai malaikat Alloh, wahai Rosul utusan Tuhanku, aku sudah telah kehabisan bagian seperti yang sudah dihasilkan oleh orang—orang yang mendapatkan kenikmatan munajat kepada Alloh, dan kasih sayang yang bersih dari Alloh.

Ketika seorang hamba itu membanggakan amal taatnya, untuk sombang kepada makhluk, dan supaya diagungkan makhluk, dan meminta pada makhluk/manusia untuk memenuhi hak-haknya, sedang dia tidak mau memenuhi hak-haknya makhluk, maka dikawatirkan dia akan su’ul khotimah. Wal ‘iyadhu billah.

Apabila seorang hamba melakukan maksiat, lalu dia kelihatan menangis merasa susah hatinya, dan merasa hina dengan menjatuhkan dirinya untuk melayani(mengikuti) orang-orang sholih, dan mau sowan pada sholihin dengan mengakui kekurangannya, orang seperti ini yang bisa diharapkan Khusnul khotimah.

Tiada ulasan: