Catatan Popular

Khamis, 26 November 2020

SHILLAH BIN ASYIM AL ADAWI AHLI SHALAT YANG DIESEGANI BINATANG BUAS

SYEIKH SHILLAH BIN ASYIM AL ADAWI adalah seorang ahli ibadah dari Bashrah yang terkenal dengan shalatnya. Suatu saat beliau ikut serta dalam sebuah pertempuran di kota Kabul (Afghanistan).

 

Di saat waktu malam pasukan mulai beristirahat, Zaid seseorang yang ikut serta dalam pasukan itu ingin tahu amalan yang hendak dilakukan oleh Shillah secara diam-diam.

 

Zaid memperhatikan bahwa Shillah melaksanakan shalat Isya’ kemudian berbaring, menunggu sampai orang-orang tertidur. Zaid pun menyeru,”Orang-orang sudah tertidur”, kemudian ia melihat Shillah segera bangkit dan bergegas mencari air wudhu dan menuju sebuah celah tebing yang ada di dekatnya, kemudian ia melaksanakan shalat.

 

Namun Zaid kemudian menyaksikan seekor singa datang mendekati tempat Shillah melaksanakan shalat, Zaid sendiri ketakutan hingga ia memanjat pohon untuk berlindung. Ia melihat singa itu menoleh ke arah Shillah yang sedang bersujud, ia pun berkata dalam hati,”Singa itu hendak menyerangnya (Shillah)”.

 

Zaid menyaksikan Shillah duduk kemudian melakukan salam. Setelah itu Shillah berkata kepada singa itu,”Wahai binatang buas, carilah rizkimu di tempat lain”. Singa itu pun lantas pergi meninggalkannya.

Tiada ulasan: