Catatan Popular

Selasa, 9 September 2014

PERISAI MUKMIN FASAL 3 : Ilmu



Orang yang memiliki perisai ini akan menjadi cahaya di tengah gelapnya alam jahiliyah. Allah Subhanahu wa Ta'ala Telah menjadikan kitabnya berisi ilmu. Dan dengan kitab itulah paranabi dan rasul dikaruniai perisai ini. Perisai yang dapat me-ngeluarkan ummat manusia dari kekafiran, kefasikan dan kezaliman diri mereka kepada keimanan. Bahkan manusia hanya dapat menguasai alam dengan perisai ilmu. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

"Allahlah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seidzin-Nya, dan supaya kamu dapat mencari sebagian karunia-Nyadan mudah-mudahan kamu bersyukur. Dan Dia menundukkan untukmu apa yang adadi langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) dari-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda(kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir." (QS al-Jaatsiyah 45:12-13).

Dalam ayat lain Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengangkat derajat orang-orang yang memiliki perisai ini dengan landasan iman. Karena tidaklah dikatakanberilmu atau bermanfaat ilmunya sedikitpun tanpa adanya kendali iman.Sebagaimana tersirat dalam firman-Nya yang berbunyi:

 "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." (Al-Mujaadilah 58:11).

Tiada ulasan: