Catatan Popular

Ahad, 7 Jun 2020

FATIMAH NISHAPURI Guru Syekh Dzun Nun Misri


Dzun Nun Misri, seorang sufi terkemuka,mengatakan bahwa dia mendapatkan pelajaran yang berharga dari Fatimah Nisaphuri.Fatimah Nishapuri mengatakan bahwa seseorang yang tidak berpegang teguh kepada Allah,dia akan mudah menjadi sasaran segala macam dosa dan dia berbicara tanpa berpikir panjang lagi.Tetapi,seseorang yang mengabdi kepada Allah,dia akan tampak seperti orang bodoh yang tidak pernah berbicara omong kosong. Sebab dia merasa malu pada Allah.

Seseorang bertanya kepada Dzun Nun Misri, "Siapakah dalam pandanganmu yang memiliki kedudukan terting gi diantara para sufi?"
Dia menjawab,"Seorang wanita di Mekkah.Ia adalah Fatimah Nishapuri. Pemahamannya tentang Al-Qur'an sangat mendalam."

Lebih lanjut ia mengatakan,"Ia adalah orang yang dikasihi Allah dan termasuk guruku."Dia menasehati aku," Da lam segala tindakanku,kamu akan melihat bahwa berlaku tulus dalam berperilaku sesungguhnya bertentangan dengan tabiat jiwamu."

Abu Yazid berkata bahwa Fatimah adalah seorang wanita yang sangat arif.Ketika dia diberitahu tentang suatu peristiwa di suatu tempat, maka dia akan mengetahui bahwa hal itu terjadi atas kehendak Allah.

Selain Zuhud,ia juga memiliki kecerdasan yang luar biasa. Pemahamannya terhadap isi kandungan Alqur`an cukup mendalam.Tidak hanya itu ia juga ahli hadits,wajar kalau dia banyak meniru perilaku Nabi saw dalam beribadah dan bermasyarakat,dia selalu mengutamakan kepentingan orang banyak diatas kepentingannya sendiri .     

Dia meninggal dunia dalam perjalanan menuju Mekkah untuk melaksanakan umrah di tahun 223 Hijriyah.


Tiada ulasan: