Catatan Popular

Isnin, 27 Julai 2020

GHUFAIRAH Tidak Melihat Langit Selama 40 Tahun


Ahmad ibn Ali berkata bahwa suatu kali permisi untuk mendatangi rumahnya, tetapi dia menolak. Meskipun demikian, aku tetap mendatanginya dan berdiri di dekat pintu.
Ketika dia mengetahui,dia membuka pintu dan berkata, "Ya Allah,aku berlindung pada Engkau dari orang-orang yang membuatku lupa kepadaMu. Dia mempersilahkan aku masuk.Ia masuk ke rumah dan mengatakan sedang beribadah.
Dia berkata, "Semoga Allah memuliakan saya yang mudah memberi maaf."
Kemudian ia melanjutkan ceritanya : "Ghufairah tidak melihat langit selama 40 tahun ini yang manyebabkan saat melihatnya ia merasa ketakutan. Setelah 40 tahun dia melihat langit dan merasa lemah dan tak sadarkan diri. Kemudian ia berharap bahwa Allah akan memanggilnya."
Aku lantas bertanya : "Kapan kamu akan berhenti meratap dan menangis ?. Matamu akan buta."
Dia berkata, "Jika mataku buta, aku akan meminta gantinya pada Allah, maka tidak ada kerugian yang aku derita. Jika ini tidak mendapatkan keridhaan Allah, aku akan menangis lebih banyak lagi. "
Dan setelah itu ia memalingkan wajahnya.
Dia seorang wanita ahli ibadah dari Bashrah,yang tidak pernah tidur malam. Nuh bin Salamah Al-Warraq pernah berkata kepadanya,“Kudengar engkau tidak pernah tidur malam”.
Maka Ghufairah menangis dan berkata: “Sebenarnya aku juga ingin tidur, tetapi aku tidak bisa.Bagaimana mungkin orang yang tidak bisa tidur harus tidur, karena dia ingin menjaga matanya agar tetap terjaga siang dan malam ?”.
Nuh bin Salamah berkata, “Demi Allah, dia telah membuatku menangis." Lalu dia berkata di dalam hati, “Aku melihat tidak seperti yang engkau lihat”.
Orang-orang pernah bertanya kepadanya tentang pengertian perwalian.
Maka dia menjawab, “Waktu-waktu yang dilalui para wali adalah waktu-waktu yang disibukkan dengan urusan selain dunia.
Seorang wali tidak mempunyai peluang menyisihkan waktu untuk sesuatu selain Allah selagi di dunia. Siapa yang mengabarkan kepadamu bahwa seorang wali Allah mempunyai kesibukan selain Allah, maka sesungguhnya dia adalah wali palsu

Tiada ulasan: