Catatan Popular

Isnin, 27 Julai 2020

HABIBAH AL ADAWIYAH Waktu Malamnya Untuk Beribadah Dan Bermunajat Kepada Allah


Habibah Al-Adawiyah adalah wanita sufi yang banyak menghabiskan waktu malamnya untuk beribadah dan bermunajat kepada Allah.Disaat ia sedang ibadah maka tidak ada kenikmatan yang bisa menyejukkan hatinya kecuali bermunajat kepada Allah.Hal ini ia lakukan setiap malam sampai pagi hari disaat dirinya tidak mendapat halangan (haidl),karena itu ia jarang tidur malam.

Rupanya Habibah telah menemukan kebahagiaan batinnya dengan berlama-lama dalam menjalankan shalat nya.  
Apabila shalat Isya' pada akhir waktu,dia mengerjakannya lama sekali sambil mengetatkan baju dan kerudung.Setelah shalat,dia berkata: "Ilahi, bintang gemintang telah terbenam,orang-orang telah tertidur,pintu-pintu istana raja telah di tutup dan setiap orang berduaan dengan kekasihnya; inilah aku berdiri dihadap an-Mu."Kemudian dia shalat lagi.Pada akhir malam dan terbit fajar,ia berkata, "Ilahi,malam telah berlalu dan siang akan menjelang.Apakah Engkau menerima ibadahku pada malam ini sehingga aku berbahagia,ataukah Engkau menolaknya sehingga aku berduka ?.Demi keagungan-Mu,inilah kebiasaanku supaya Engkau memberikan kehidupan padaku. Demi keagungan-Mu,jika Engaku mengusirku dari pintu-Mu,aku tidak akan pergi,karena aku yakin akan kemurahan dan kemulia an-Mu."

Demikianlah munajat yang dilakukan oleh Habibah Al-Adawiyah setiap malam setelah melakukan shalat malam.Dia bermunajat demikian karena merasa dirinya belum sempurnah dalam menjalankan ibadahnya.

Tiada ulasan: