Catatan Popular

Ahad, 26 Februari 2023

MENGHINDARKAN DIRI DARI MELIHAT SESUATU YANG DIHARAMKAN

Imam Ahmad Syihabuddin Bin Salamah Al-Qulyuby

Alkisah Sebagian 'ulama menceritakan tentang seorang laki- laki yang bertemu seorang perempuan kemudian dia melihatnya maka menjadilah ia orang yang terhina.

Kemudian dia berkata: ya Allah Engkau telah menciptakan penglihatan untukku yang mana dengan penglihatan itu aku bisa melihat nikmatmu dan sesungguhnya aku takut penglihatan itu akan memurkaiku untuk itu hilangkanlah, kemudian pada saat itu juga dia menjadi buta.

Pada suatau hari Ibnu Akhin pergi ke masjid dia dituntun oleh seorang anak kecil, setelah sampai di masjid anak itu meniggalkannya untuk bermain bersama teman- temannya.

Suatu saat Ibnu Akhin membutuhkannya kemudian memanggilnya anak itu datang kemudian kembali lagi bermain.

Di masjid Ibnu Akhin menyadari apa yang melanda dirinya kemudian dia memanggil anak tadi, akan tetapi anak tersebur tidak mau.

Kemudian Ibnu Akhin memandang kelangit sambil berdoa : ya Allah, ya Tuhanku sungguh Engkau telah memberikanku penglihatan, yang dengan penglihatan itu aku bisa melihat ni'mat  Mu dan aku khawatir dengan adanya penglihatan itu aku mendapat murkamu.

Aku meminta supaya Engkau mengabulkan permintaanku, sungguh aku membutuhkan penglihatan itu  maka aku meminta pada Mu ya Allah, apabila engkau akan mengembalikan maka kembalikanlah.

Maka pada saat itu juga dia dapat melihat dan dia kembali dalam keadaan melihat.

 

Tiada ulasan: