Catatan Popular

Ahad, 26 Februari 2023

SEBAGIAN DARI MUKJIZAT NABI SAW DAN ANUGERAHNYA

Imam Ahmad Syihabuddin Bin Salamah Al-Qulyuby

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah ra, ia berkata,

"Aku keluar bersama Rasulullah pada perang Dzat ar-Riqa’, dari Nakhl dengan mengendarai seekor unta yang lemah.

Ketika Rasulullah kembali dari perang Dzat ar-Riqa’, teman-temanku dapat berjalan dengan lancar, sementara aku tertinggal di belakang hingga beliau menyusulku.

Beliau bersabda kepadaku, "Apa yang terjadi denganmu, wahai Jabir?"

Aku menjawab, "Wahai Rasulullah, untaku berjalan sangat pelan."

Beliau bersabda, "Suruh ia duduk!" Aku mendudukkan untaku dan beliau juga mendudukkan untanya.

Setelah itu beliau bersabda, "Berikan tongkatmu kepadaku!" Atau beliau bersabda: "Potongkan sebuah tongkat untukku dari pohon itu."

Lalu aku pun mengerjakan perintah Rasulullah SAW., dan beliau mengambil tongkat yang dimintanya. Beliau menusuk lambung untaku beberapa kali kemudian bersabda, "Naikilah untamu!" Aku segera menaikinya.

Demi Allah yang mengutus beliau dengan membawa kebenaran, untaku mampu menyalip unta beliau.

Kami bercakap-cakap, kemudian beliau bersabda, "Wahai Jabir, apakah engkau bersedia menjual unta mu kepadaku?"

Aku menjawab, "Tidak wahai Rasulullah, namun aku akan menghibahkannya kepadamu."

Beliau bersabda, "Juallah untamu ini ke padaku!"

Aku menjawab, "Kalau begitu, hargailah untaku ini." Beliau bersabda, "Bagai mana kalau satu dirham?" Aku menjawab, "Tidak, wahai Rasulullah, kalau harganya seperti itu, engkau merugi kanku."

Beliau bersabda, "Dua dirham?" Aku menjawab, "Aku tidak mau seharga itu, wahai Rasulullah." Beliau terus me naikkan penawaran hingga harga unta itu mencapai satu uqiyah (kira-kira setara dengan 40 dirham).

Aku berkata, "Wahai Rasulullah, apakah engkau ridha dengan harga itu?"

Beliau menjawab, "Ya." Aku berkata, "Kalau begitu unta ini menjadi milikmu."

"Ya, aku telah terima" jawab beliau lalu bersabda, "Wahai Jabir, apakah engkau sudah menikah?" "Sudah, wahai Rasulullah," Jawabku.

Beliau bertanya, "Dengan gadis ataukah janda?", "Dengan janda," Jawabku.

Beliau bersabda, "Kenapa engkau tidak menikahi seorang gadis hingga engkau bisa bercanda dengannya dan ia bisa bercanda denganmu?"

Aku menjawab, "Ayahku gugur di perang Uhud dan meninggalkan tujuh orang anak perempuan. Aku menikahi seorang wanita yang dewasa sehingga bisa mengurus dan mengasuh mereka."

Beliau bersabda, "Engkau benar, insyaAllah. Bagaimana jika telah tiba di Shirar (Sebuah tempat kira-kira 5 km dari kota Madinah) nanti aku perintahkan penyiapan unta untuk disembelih, kemudian kita adakan jamuan daging unta pada hari tersebut hingga istrimu mendengar kabar tentang kita dan ia melepaskan bantalnya?"

"Aku tidak memiliki bantal wahai Rasulullah," jawabku.

Beliau bersabda, "Engkau akan memilikinya insyaAllah. Karena itu, jika engkau telah tiba di rumahmu, maka lakukanlah perbuatan orang cerdik."

Setibanya di Shirar, Rasulullah SAW, memerintahkan para sahabat untuk menyiapkan unta dan kemudian disembelih. Kami mengadakan jamuan makan pada hari itu.

Pada sore hari, beliau masuk ke rumah, dan kami pun masuk ke rumah kami. Aku ceritakan kisah ini dan sabda Rasulullah kepada istriku.

Istriku berkata, "Lakukanlah itu, dengar dan taatlah."

Esok paginya aku membawa untaku, menuntun dan mendudukkannya di depan pintu masjid Rasulullah, kemudian aku duduk di dekat masjid.

Ketika beliau keluar dan melihatnya, beliau bersabda, "Apa ini?" Para sahabat menjawab, "Ini unta yang dibawa Jabir."

Beliau bersabda, "Di mana Jabir?" Aku pun di panggil, kemudian beliau bersabda, "Wahai anak saudaraku, ambillah unta mu, karena ia menjadi milikmu!"

Beliau memanggil Bilal dan bersabda kepadanya, "Pergilah bersama Jabir, dan beri kan kepadanya Wang satu uqiyah!"

Aku pergi bersama Bilal, dan kemudian ia memberiku wang satu uqiyah dan memberi sedikit tambahan kepadaku.

Demi Allah, pemberian beliau tesebut terus berkembang dan bisa dilihat tempatnya di rumahku hingga aku mendapat musibah di perang al- Harrah belum lama ini.

Tiada ulasan: