Catatan Popular

Ahad, 26 Februari 2023

PENGALAMAN KEROHANIAN MENGKAGUMKAN HAMBA PILIHAN

Imam Ahmad Syihabuddin Bin Salamah Al-Qulyuby

Dikisahkan ; dari Ibrahim al Khawwas r a , ia berkata

“ sebagian orang terhormat menanyakan kepadaku mengenai kejadian menakjubkan yang pernah aku alami pada waktu rihlahku ( beriadah )

Aku bercerita kepada mereka “ di waktu luangku aku pergi ke tepi pantai selama beberapa hari, bahkan sampai beberapa bulan. Di sana aku membuat keranjang jerami untuk saya lemparkan ke pantai. Pada suatu hari aku akan mencarinya sampai mana keranjang tadi mengikuti aliran pantai ini.

Di hari berikutnya aku berada di tepi pantai baru sebentar tiba-tiba aku bertemu di dengan seorang wanita tua renta sedang menangis.

Aku bertanya kepadanya “ apa yang membuatmu menangis? “ ia menjawab “ saya mempunyai 5 anak perempuan, ayahnya telah meninggal, dan kami hidup dalam kemiskinan”.

Saya tidak tahu apa yang bisa saya lakukan, lalu aku pergi ke tepi pantai  ini. Di sini aku menemukan keranjang jerami, aku mengambilnya dan kubawa pulang kemudian aku jual untuk dibelikan makanan bagi anak-anak. Hal ini kemudian menjadi kebiasaanku selama berhari-hari. Sehingga saya sampai sekarang bisa memberikan makanan untuk anak-anakku dan untukku sendiri.

Pada hari ini, aku datang ke pantai ini dan tidak melihat keranjang jerami satu pun , sedangkan anak- anakku menunggu kedatanganku.

Setelah aku mendengarkan cerita perempuan tua tadi , aku menangis daa mengadu kepada Allah “ ya Allah….! Andai saja aku tahu kalau dia mempunyai lima anak perempuan niscaya aku akan lebih keras dalam bekerja.

Lalu aku berkata kepadanya “ kamu tidah usah sedih, aku adalah seorang pembuat keranjang jerami, kemudian aku mengantarnya pulang ke rumahnya.

Setelah itu aku pergi untuk bertafakkur ciptaan Allah, Lalu ku tidur di bawah sebuah pohon besar, tiba-tiba datanglah setan kepadaku dan berkata “ pergilah dari situ ! aku menjawabnya “ enyahlah dariku, aku ingin istirahat!! Ia menimpali kataku lagi “ wahai khawwas …!

Dibelakang sana ada beberapa anak dalam keadaan kelaparan, bagaimana kamu  isa tidur?

Aku sadar, ini adalah sebuah nasehat bagi diriku, hilanglah dari kedua mata ku rasa kantuk, lalu aku terperanjat berdiri, setan itu berkata lagi “ aku membawa dua barang “ halal dan haram, yang halal berupa buah anggur yang aku petik dari gunung ini dan yang haram berupa 2 ikan hut yang aku pinta dari 2 nelayan, aku bertemu mereka dan melihat salah satu diantaranya berkhianat kepada satunya yang lain.

Ambillah barang halal ini dan tinggalkanlah barang yang haram.

Aku mengambil anggur tadi kemudian aku pergi kepada perempuan tadi, aku mengunjunginya setiap pagi dan sore hari.

Suatu hari, pada saat aku bersama-sama dengan para jamaah, tiba-tiba  kami mendengar suara gemuruh yang tidak mengenakkan, aku keluar menelusuri lorong dimana suara iru berasal, aku mencari-carui sebentar kemudian aku kembali ke masjid melewati lorong tadi.

Tiba-tiba ada seekor anjing menggonggong kepadaku dan berdiri di hadapanku, aku pergi ke masjid, bertafakkur sebentar lalu balik lagi ke tempat tadi.

Pada waktu anjing tadi melihatku, ekornya bergerak-gerak lalu aku mendekat ke pintu rumah. Tiba-tiba ada seorang pemuda tampan keluar dari pintu tadi memandangku sambil berkata.

” Kamu tak usah menggubris gonggongan anjing itu, karena anjing itu tidaklah liar bagi orang yang telah ia kenal, bahkan ia bisa memahami apa yang aku tulis.

Tapi ingatlah “jangan sekali-kali kamu mengulangi apa yang telah kamu lakukan itu.

Tiada ulasan: