Imam
Syafi’i r.a. (150H –204H )
Sahabat dan
murid-murid Beliau
Al Muzany (175 – 264 H)
Al Humaidi (wafat 219H)
Al Asy’ari (250 – 324 H)
Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi (174 – 270 H)
Beliau ini adalah murid langsung dari Imam Syafi’i Rhl., dibawa
dari Bagdad sampai ke Mesir. lahirtahun 174H. (wafat tahun 270
H.).
Beliau inilah yang membantu Imam Syafi’i Rhl. menulis kitabnya Al
Umm dan kitab Ushul Fiqih yang pertama di dunia, yaitu Kitab Risalah al
Jadidah.
Berkata
Muhammad bin Hamdan : “Saya datang ke rumah Rabi’I
pada suatu hari, di mana didapati di hadapan rumahnya 700 kendaraan membawa
orang yang datang mempelaja,ri kitab Syafi’i dari beliau”.
Ini suatu
bukti bahwa Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi adalah seorang yang utama, penyiar
dan penyebar Madzhab Syafi’i Rhl. dalam abad-abadnya yang pertama.
Tersebut dalam
kitab Al Majmu’ halaman 70, kalau ada perkataan “sahabat kita ar Rabi’i” maka
maksudnya adalah Ar Rabi’i bin Sulaiman al Muradi ini.
Di dalam
kitab Al Muhadzab tidak ada “Ar Rabi’i selain ar Rabi’i ini, kecuali satu Ar
Rabi’i dalam masalah menyamak kulit yang bukan Ar Rabi’i ini, tetapi Ar Rabi’i
bin Sulaiman al Jizi. (Beliau ini adalah sahabat Imam Syafi’i
Rhl. juga).
Al Muzany (175 – 264 H)
Nama lengkap
beliau adalah Imam Abu lbrahim Ismail bin Yatya Al Muzani, lahir di Mesir 175 H
dan 25 tahun lebih muda dari Imam Syafi’i Rhl.
Imam Syafi’i Rhl. pernah berkata tentang sahabatnya ini, bahwa Al
Muzani adalah pembela Madzhabnya.
Setelah Imam
al Buwaithi ditangkap maka al Muzany menggantikan kedudukannya dalam halakahImam syafi’i itu sampai beliau wafat pada tahun 264
H. (60 tahun terkemudian dari Imam Syafi’ i Rhl.).
Beliau adalah seorang ulama yang saleh, zuhud dan rendah hati. Beliau
banyak mengarang kitab fiqih Syafi’ iyah, seumpama :
l. Al Jami’ al Kabir.
2. Al Jami’ as Shagir.
3. Al Mukhtashar.
4. Al Mantsur.
5. At Targib til trmu
6. Kitabul Watsaiq.
7. Al Masail al Mu’tabarah.
8. Dan lain-lain.
l. Al Jami’ al Kabir.
2. Al Jami’ as Shagir.
3. Al Mukhtashar.
4. Al Mantsur.
5. At Targib til trmu
6. Kitabul Watsaiq.
7. Al Masail al Mu’tabarah.
8. Dan lain-lain.
Al Humaidi (wafat 219H)
Nama langkap
beliau adalah Abdullah bin Zuber bin Isa Abu Bakar al Humaidi. Beliau adalah juga murid langsung dari Iman Syafi’i Rahimahullah.
Beliaulah yang membawa dan mengembangkan Madzhab Syafi’i ketika di
Mekkah, sehingga beliau diangkat menjadi Mufti Mekkah. Wafat di Mekkah pada tahun 219 H.
Inilah di antaranya murid-murid langsung dari Imam Syafi’i Rhl.
yang kemudian menjadi Ulama Besar dan tetap teguh memegang Madzhab Syafi’i.
Dengan
perantaraan beliau-beliau inilah Madzhab Syafi’i tersiar luas ke
pelosok-pelosok dunia Islam terutama ke bagian Timur dari Hijaz, yaitu ke lraq,
ke Khurasan, ke Maawara an Nahr, ke Adzerbaijan, ke Tabristan, juga ke Sind, ke
Afganistan, ke India, ke Yaman dan terus ke Hadaramaut, ke Pakistan, India dan
Indonesia.
Beliau-beliau ini menyiarkan Madzhab Syafi’i dengan lisan dan
tulisan. Selain dari itu ada dua orang murid Imam Syafi’i Rhl., yaitu
Ahmad bin Hanbal, (wafat 241) yang kemudian ternyata membentuk madzhab sendiri
yang kemudian dikenal dengan nama Madzhab Hanbali.
Yang kedua Syeikh Muhammad bin Abdul Hakam, seorang Ulama murid langsung dari
Imain Syafi’i Rhl. yang ilmunya tidak kalah dari al Buwaithi. Beliau ini pada akhir umurnya berpindah ke Madzhab Maliki dan wafat
dalam tahun 268 H. di Mesir.
Nama iengkap
beliau adalah Abu Ya’kub Yusuf bin Yahya al Buwaithi, lahir di desa Buwaith
(Mesir) wafat 231 H.
Beliau ini
adalah murid langsung dari Imam Syafi’i Rhl sederajat dengan Ar Rabi’i bin
Sulaiman al Muradi.
Imam Syafi’i
berkata: “Tidak seorang juga yang lebih berhak atas kedudukanku melebihi dari
Yusuf bin Yahya al Buwaithi”, dan Imam Syafi’i Rhl. berwasiat, manakala beliau
wafat maka yang akanmenggantikan kedudukan beliau
sebagai pengajar adalah Al Buwaithi ini.
Beliau
menggantikan Imam Syafi’i Rhl. berpuluh tahun dan pada akhir umur beliau
ditangkap lantaran persoalan “fitnah Quran”, yaitu tentang makhluk atau
tidaknya Quran yang digerakkan oleh kaum Mu’tazilah.
Akhirnya al Buwaithi ditangkap oleh Khalifah yang pro faham
Mu’tazilah, lalu dibawa dengan ikatan rantai pada tubuhnya ke Bagdad . Beliau meninggal dalam penjara di Bagdad
tahun 231 H.
Beliau syahid karena mempertahankan kepercayaan dan i’itiqad
beliau, yaitu i’tiqad kaum ahlussunnah wal Jama’ah yang mempercayai bahwa Quran
itu adalah kalam Allah yang Qadim, bukan “ciptaan Allah”, (makhluk).
Al Asy’ari (250 – 324 H)
Nama lengkap
beliau adalah ‘Ali bin Isma’il bin Abi Basyar Abul Hasan al Asy’ari, lahir
tahun 250 H. di Basrah (Iraq ).
Inilah Ulama besar dalam Ilmu Usuluddin, perumus dan pembela faham
Ahlussunnah wal Jama’ah, yaitu faham Nabi, sahabat-sahabat dan tabi’in yang
banyak.
Dalam furu’ syari’at beliau pnganut yang kuat dari Madzhab
Syafi’i. Beliau belajar fiqih kepada Abu Ishaq al Marwadzi, demikian
dikatakan oleh Ustadz Abu Bakar bin Furak pengarang kitab Tabaqatul Mutakallimin,
dan demikian juga dikatakan oleh Ustadz Abu Ishaq al Arfaraini sebagai yang
dinukilkan oleh Syeikh Abu Muhammad al Junaidi dalam kitab Syarah Risalah.
Abu Hasan al
Asy’ari adalah seorang Ulama Besar, ikutan ratusan juta umat Islam dari dulu
sampai sekarang, karena beliau yang menjadi Imam kaum Ahlussunnah wal Jama’ah
sebagai lawan dari kaum Mu’tazilah, kaum Syi’ah, kau’m Mujassimah, dan
lain-lain firqah yang sesat.
Walaupun
beliau seorang Imam Besar dalam usuluddin, tetapi dalam furu’ syari’at beliau menganutdan mempertahankan Madzhab Syafi’i Rahimahullah
Tiada ulasan:
Catat Ulasan