Catatan Popular

Selasa, 2 Februari 2016

KISAH PENGALAMAN ABU HAFSHIN DI PADANG PASIR



Kemudian Abu Hafshin berangkat mengarungi padang pasir. Inilah pengisahan mengenai pengalamannya di padang pasir itu;
Di tengah padang pasir itu, aku bertemu dengan Abu Thurab dan kami lalu berjalan bersama-sama. Sudah enam belas hari aku tak makan ketika terlihat olehku sebuah telaga. aku ingin minum dan melangkah ke arah telaga itu. Tetapi aku berhenti dan merenung.
"Apakah yang menyebabkan engkau berhenti?", Abu Thurab bertanya kepadaku.
"Aku ingin menyaksikan, mana yang akan menang di antara pengetahuan dengan kepastian, sehingga dapat kupilih yang menang di antara keduanya. Jika kemenangan diperoleh oleh pengetahuan, air telaga ini akan kuminum, tetapi jika kepastian yang menang, aku akan terus berjalan", jawabku.

Tiada ulasan: