Catatan Popular

Ahad, 24 Ogos 2014

PENYAIR SUFI Khawaja Abdullah Al Anshari



Sheikh Abdullah Anshari Khwaja, Syekh Anshari Jabir bin 'Abdullah al-Anshari, 
juga dikenal sebagai Ansari Herat, karena beliau lahir di Herat, Afghanistan barat.
tidak banyak yang tahu tentang beliau.


Beberapa karya Syaikh Ansari 
termasuk Kashf al-Asrar "Tersingkapnya Rahsia" (Tafsir Al-Qur'an), al-Sufiyya Tabaquat (Para Generasi para sufi), 
"Munajat" (Doa Intim) yang dimasukkan ke dalam Kashf al-Asrar dan dalam Tabaqat tersebut.

Khwaja Abdullah Ansari wafat di Herat pada tahun 1088, dan pemakaman tempatnya di Herat masih merupakan tempat ziarah bagi ribuan Sufi di setiap tahunnya



SAJAK BELIAU

Pengabdianku pada-Mu



Kehidupan di tubuhku 
berdenyut hanya untuk-Mu,
Jantungku berdetak
dalam penyerahan diri  
pada kehendak-Mu.
Jika pada debu,
aku seberkas rumput yang tumbuh
Setiap pisau akan gemetar
karena pengabdianku untuk-Mu!


Dalam Setiap Nafas
Hai yang telah pergi 
dari diri-mu sendiri,
dan yang belum menemukan teman:
jangan sedih, karena
Dia mendampingi-mu
dalam setiap napas-mu


Berikan Aku
Ya Tuhan, berikan aku hati
agar aku dapat mencurahkan  kecintaanku
dalam ucapan syukur.
 Berikan aku hidup
agar aku  bisa menghabiskan waktuku
dengan bekerja untuk keselamatan dunia.

Tiada ulasan: