Catatan Popular

Selasa, 13 Februari 2018

TENTANG SIFAT KURSI NABI SULAIMAN AS


Imam Ahmad Syihabuddin Bin Salamah Al-Qulyuby.

Diceritakan : Nabi Sulaiman A.S ketika hendak duduk untuk memutuskan  suatu hukum, beliau memerintahkan kepada syeitan untuk mempersiapkan sebuah kursi yang elok. Sekiranya jika orang yang salah dan saksi yang berdusta melihat kursi tersebut akan menggigil ketakutan. Maka syetan membuat kursi tersebut dari…..dan mereka menghiasinya dengan beberapa intan, yaqud, mutiara dan beberapa perhiasan.
Mereka menggemerisik dengan pepohnan seperti  pohon anggur dari logam dan empat pohon kurma dari emas yang tangkainya terbuat dari perak. Yang setiap pucuk pohon kurma tersebut terdapat burung merak yang terbuat dari emas, dan dua pucuk pohon yang lain terdapat burung elang yang terbuat dari emas. Dan ujung setiap pohon kurma tersebut terdapat tiang dari zamrud yang berwarna hijau serta setiap sisinya terdapat dua ekor harimau yang terbuat dari emas dan dibawahnya tedapat dua  batu besar yang dibuat untuk kantor.
Ketika Nabi Sulaiman A.S menaikkan bagian bawahnya berputarlah kursi tersebut beserta seluruh isinya seperti berputarnya angin. Burung elang dan merak membentangkan kedua sayapnya dan harimau menjulurkan tangannya dan memukul tanah bersama dengan ekornya, ketika kedua sayap sampai diatas mahkotanya menaburkan minyak misik dan berbau harum. Ketika Nabi Sulaiman A.S duduk maka beliau mengambil intisari dari kitab zabur dan membacakannya kepada manusia.
Ulama Bani Israel duduk pada kursi yang terbuat dari emas di sebelah kanannya dan pembesar-pembbesar jin berada pada sisi kirinya pada kursi yang terbuat dari perak dan Nabi Sulaiman A.S memulai untuk siding. Ketika datang seorang saksi untuk memberikan kesaksiannya maka berputarlah kursi beserta isinya seperti angin. Kemudian harimau, elang, dan merak melakukan hal seperti tadi maka saksi tersebut menjadi takut memberikan kesaksiannya kecuali kesaksian yang benar. Ketika Nabi Sulaiman A.S meninggal …..

Tiada ulasan: