Catatan Popular

Selasa, 13 Februari 2018

TENTANG TIPU DAYA IBLIS


Imam Ahmad Syihabuddin Bin Salamah Al-Qulyuby.

Diceritakan  : Sesungguhnya iblis menemui Dhahak bin Ulwan dalam bentuk manusia dan berkata padanya : “wahai raja sesungguhnya aku adalah juru masak yang handal maka jadikanlah aku sebagai pembuat makananmu”

Kemudian Iblis mengumpulkan makanan pada dirinya dan menyerahkan makanan kepada raja, yang mana saat itu keadaan manusia sebelumnya tidak makan daging. Maka pertama kali makanan yang dianmbil olehnya adalah makanan telur kemudian ia memakannya dan dia menganggapnya baik. Kemudian iblis berkata pada sang raja : “bagaimana jika aku membuatkan mu makanan dari telur ini ?”.

Raja menjawab : “iya” ketika waktu sudah pagi raja menyembelih ayam untuknya dan iblis pun membuatkanya makanan dari ayam tersebut, kemudian raja menganggapnya baik.

Kemudian pada hari ketiga menyembelih kambing , hari keempat menyembelih unta dan sapi . Tujuan iblis dari hal tersebut yaitu sebagai sarana untuk membunuh manusia.

Dan hal teresebut telah berlalu beberapa saat. Kemudian raja berlalu untuk memakan daging. Kemudian Iblis berkata pada raja : “sesungguhnya engkau telah memuliakan ku, maka izinkanlah aku untuk mencium kedua tangan mu”, raja pun mengizinkannya kemudian Iblis mendekat dan mencium kedua pundak raja . Kemudian pada tempat mencium keluarlah bisul-bisul yang pecah seperti keadaan ular yang mempunyai mulut dan mata. Ketika Dhahak melihat keduanya dia tahu bahwa sesungguhnya dia adalah iblis ………………?
Kemudian dia berkata kita telah disakiti lalu dia berkata padanya : “apakah obat dari keduannya wahai la’in?” kemudian dia berkata pada Dhahak : “otak manusia”
kemudian si Dhahak setiap hari memerintahkan menterinya untuk menyembelih 4 orang laki-laki yang gemuk dan sehat dan diambil otakknya lalu diberikan pada ular-ular itu .
Kejadian tersebut terjadi selama 300 tahun, lalu menteri tersebut meninggal . Kemudian raja memerintahkan menteri yang lain. Kemudian menteri tersebut mendatangkan 4 lelaki lalu disembelih 2 orang lalu diambil otaknya dan dicampur dengan 2 otak kambing jantan (ghibas) dan memberikannya pada ular – ular tersebut.
Kemudian menteri memerintahkan pada lelaki yang lainnya untuk pergi kegunung dan hidup di sana . Kejadian tersebut terjadi berulang-ulang dan terjadi pada banyak orang hingga terlahirlah anak-anak mereka yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Sapi dan kambing menjadi kurus dan selain keduanya yaitu kera-kera.

Tiada ulasan: