Catatan Popular

Ahad, 16 November 2014

KUNCI MENGENAL ALLAH BAB 2 (BAHGIAN 1) : MENGENAL ALLAH DENGAN 3 CABANG ILMU



Mengenal Allah / Makrifatullah dengan dalil aqli dan naqli..

Manusia di dunia ini menganuti berbagai-bagai kepercayaan, di mana kepercayaan itu ada yang tergolong sebagai adat dan ada yang dianggap sebagai agama.Ini berlaku kerana Allah menjadikan manusia sememangnya mempunyai naluri ingin menyembah Allah, oleh itu dalam perjalanan mencari Tuhan itu mereka terjumpa berbagai-bagai benda yang pada sangkaan mereka itulah Tuhan atau perantara Tuhan. Pada hal apa yang dijumpai itu tanpa disedari  perkara yang dianggap Tuhan itu  sebenarnya makhluk seperti mereka juga.Tetapi, apabila sesuatu perkara yang batil (salah) sekali pun, setelah menjadi kepercayaan sesuatu masyarakat, kepercayaan tersebut sukar hendak dikikis atau hendak dinafikan oleh pihak lain tentang kebenarannya kerana amalan itu diwarisi sejak ribuan tahun dahulu.Contohnya kepercayaan karut dan khurafat yang diamalkan atau dipercayai di kalangan masyarakat kita, ianya  masih berlaku walau pun dalam ajaran Islam jelas menyatakan perkara itu boleh merosakkan aqidah atau syahadah.

Manusia di dunia ini pada amnya terbahagi kepada dua golongan iaitu Golongan yang menyembah Tuhan dan Golongan yang tidak percaya adanya Tuhan.Mereka yang menyembah Tuhan ini seperti orang Islam, kristian, Budha, Bahai, Hindu dan seumpanya, manakala yang tidak percaya adanya Tuhan, mereka dikenali sebagai mulhid atau free thinker dan seumpamanya, mereka ini mempercayai alam ini terjadi dengan sendirinya (nature) tanpa penciptanya atau semula jadi, oleh itu mereka tidak menyembah Tuhan.Akal menusia sebenarnya terhad jangkauan akal  tidak mampu mencari tuhan dengan semata-mata menggunakan akal tanpa bantuan pihak lain (wahyu-rasul).

Golongan yang mempercayai adanya Tuhan atau yang beragama ini pula terbahagi kepada dua golongan iaitu agama samawi (dari langit) iaitu dari sumber wahyu dan agama bukan samawi. Agama samawi ialah Islam, Nasrani dan Yahudi manakala agama yang bukan samawi (bukan turun dari langit) seperti agama Hindu, Budha,Bahai dan seumpamanya. Penjelasan ini adalah berdasarkan kepercayaan atau aqidah orang Islam, orang bukan Islam sudah tentulah mempunyai hujah yang lain mengikut kepercayaan mereka. Islam menghormati kepercayaan masing-masing sebab itulah di dalam al.Quran surah al.Baqarah ayat (256) dinyatakan bahawa tiada paksaan dalam beragama.
 Firman Allah yang bermaksud,"Tiada paksaan dalam agama. sesungguhnya sudah nyata petunjuk daripada kesesatan. Barang siapa yang tidak percaya kepada taghut (berhala) dan beriman kepada Allah, sesungguhnya dia telah berpegang dengan tali yang teguh dan tidak akan putus. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".
 Perlu difahami dan diingatkan bahawa tiada paksaan di sini bermaksud seseorang itu tidak boleh dipaksa untuk manganut agama Islam, lagi pun Islam itu berteraskan iman iaitu kepercayaan di hati terhadap semua prinsip rukun iman dan rukun Islam, tetapi , apabila seseorang itu telah memeluk Islam mereka wajib mematuhi peraturan yang terdapat di dalam ajaran Islam. Susungguhnya mereka telah berada di bawah peraturan Islam. Tegasnya tiada siapa boleh mempermain-mainkan Islam.
Golongan agama samawi ini pula terbahagi kepada dua golongan iaitu Islam dan Nasrani/Yahudi, mereka ini sama-sama mempercayai bahawa Tuhan itu ialah Pencipta sekelian alam ini, tetapi di sana terdapat perbezaan tertentu di antara mereka menjadikan kepercayaan mereka berbeza.

Golongan agama samawi ini menganuti agama berdasarkan atau berpandukan wahyu dan akal, bukan akal semata-mata, sumber asal agama ini dari kitab yang diturunkan oleh Allah iaitu kitab Taurat kepada Nabi Musa, Zabur kepada Nabi Daud, Injil kepada Nabi Isa dan al.Quran kepada Nabi Muhammad,s,a,w.

Golongan Nasrani dan Yahudi tidak mempercayai bahawa kitab al.Quran adalah yang terakhir yang membatalkan ajaran yang terdapat di dalam kitab-kitab yang terdahulu dan diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad,s,a,w, sebagai rasul yang terakhir,walau pun di dalam kitab Injil ada menceritakan hal ini. ( Untuk menambahkan pengetahuan Sila rujuk video debat Ahmad Deedat ). Ketika al.Quran diturunkan dan Nabi Muhammad,s,a,w dilantik menjadi Rasul orang Nasrani masih mengamalkan ajaran yang terdapat di dalam kitab Injil, mereka tidak mahu menerima ajaran baru yang dibawa oleh nabi Muhahammad,s,a,w. Kebenaran Nabi Muhammad sebagai Rasul terakhir terbukti ada penjelasannya di dalam kitab Injil, mereka tetap enggan mengakuinya kerana ada alasan yang tersendiri, terutamanya kerana kepentingan diri, di antaranya takut kehilangan pangkat kebesaran, punca rezeki dan mereka yang di bawah pimpinan pula dipengaruhi pemimpin mereka supaya tetap bersama mereka. Apabila kitab terdahulu semakin tidak sesuai dengan keadaan zaman, maka mulalah mereka bertindak menyeleweng dan memesongkan fakta yang terdapat di dalam kitab-kitab tersebut terutamanya kitab Injil sehingga naskhah asal kitab tersebut tidak wujud lagi di kalangan mereka. Perkara ini tidak akan berlaku pada al.Quran. Al.Quran Allah pelihara ketulenan dan keasliannya sehingga hari Kiamat, walau pun terdapat musuh Islam cuba menyelewengkannya tetapi akhirnya akan disedari oleh orang Islam, selain terdapat di dalam naskhah cetakan, Al.Quran juga tersimpan di dalam dada begitu ramai Hafiz al.Quran di dunia ini. Dalam hal ini Allah berfirman di dalam al.Quran ayat (23) surah al.Baqarah, mafhumnya; "Dan jika kamu ragu-ragu tentang (al.Quran) yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka perbuatlah olehmu satu surah seumpamanya dan panggillah saksi-saksimu selain daripada Allah, jika kamu orang yang benar"
Untuk merongkai kecelaruan kepercayaan dan menganuti kepercayaan yang benar, kita terlebih dahulu perlu mengenal Tuhan yang mencipta diri kita dan seluruh alam ini.Dalam Islam dikenali sebagai (ma'arifatullah) kenal Allah atau ( awaluddin maa'rifatullah) perkara utama dalam ad.Din (agama) ialah mengenal Allah. Kalau tidak, kita akan menyembah sesama makhluk kerana yang bukan Tuhan disangka Tuhan, lantas kita menyembahnya, keadaan ini menjadikan manusia sesat dan menyesatkan orang lain yang menjadi pengikutnya. Jika kita mengenal hakikat diri sendiri, maka kita akan kenal Allah.

Untuk mengenal Tuhan (Allah) sebagai orang Islam kita seharusnya berlandaskan kepada dua bukti (dalil), iaitu dalil aqli dan dalil naqli. Dalil aqli ialah menggunakan lojik akal atau membuktikan kewujudan Allah melalui akal, manakala dalil naqli ialah sumber tentang kewujudan Allah dan perkara yang berkaitan berdasarkan al.Quran dan al.Hadis.

Sebenarnya manusia tidak mampu mencari Tuhan semata-mata dengan menggunakan akal tanpa wahyu dari Allah yang diturunkan kepada rasul-rasul. Oleh itu untuk mengenal Allah manusia itu perlu ada akal dan wahyu, tanpa akal manusia tidak kenal Allah dan tanpa wahyu juga manusia tidak kenal Allah. Maka sebab itulah Allah Taala mengutuskan rasul-rasul untuk manusia mengenali Allah iaitu Tuhan yang wajib mereka sembah. Rasul ditugaskan memperkenalkan diriNya dan memperkenalkan Allah kepada manusia melalui wahyu yang diterima mereka.Mengenal Allah melalui dalil aqli.
Cuba kita fikir dan perhatikan kejadian alam ini seperti bumi, lautan, gunung-ganang, bukit bukau, bulan, bintang, planet-planet kecil yang lain, manusia, binatang, serengga, kuman, ulat, pokok, air, api, udara, cahaya dan bermacam-macam lagi. Adalah tidak menasabah semua kejadian tersebut terjadi dengan sendirinya tanpa penciptanya Yang Maha Bijaksana, Maha Berkuasa, Maha Mengetahui dan Maha Sempurna sifatNya. Bagi mereka yang mempunyai akal yang waras meyakini bahawa kejadian tersebut ada penciptanya dan penciptanya itulah Tuhan (Allah) Yang Maha Pencipta, Maha Bijaksana, Maha Berkuasa, Maha Mengetahui dan memiliki sifat-sifat kesempurnaan yang tidak dimiliki oleh yang lain. Maka inilah Tuhan yang wajib kita sembah dan memperhambakan diri buat selama-lamanya.Ini adalah pelengkap kepada kehidupan bersih dan suci yang dilalui manusia.

Tuhan tidak serupa (mukhalafah) dengan kita (makhluknya). Kalau Tuhan serupa dengan kita yang memerlukan makan, minum, tidur,ada anak,ada ibu dan seumpamanya bermakna Dia lemah seperti kita juga,yang bersifat lemah seperti ini tidak layak dianggap Tuhan, Tuhan sifatNya Maha Berkuasa, tidak beranak dan tidak diberanakkan. Nabi Isa, a, s, bukan anak Tuhan. Dia sebenarnya dijadikan oleh Allah (Tuhan) di dalam kandungan Mariam. Itulah sifat Maha Kuasa dan Maha Mengetahui serta Maha Bijaksana Allah Taala.( Tuhan itu ialah Pencipta seluruh alam ini dan Tiada sekutu denganNya )
Mengenal Allah melalui dalil naqli.
Dalil Naqli seperti yang telah dijelaskan iaitu dalil atau bukti yang dirujuk daripada al.Quran dan al.Hadis. Sumber ini adalah datang daripada Allah dan diwahyukan kepada Nabi Muhammad, s, a, w. dan disampaikan kepada manusia. Di mana melalui sumber tersebut Allah menerangkan tentang kejadian alam ini dan sifat-sifat kesempurnaan Allah supaya manusia, malaikat dan jin mengenal Allah. S. W. T. dan tidak menyengutukanNya dengan makhluk yang ada di dalam alam ini. Di antaranya maksud firman Allah:
Surah al. Baqarah ayat (255).
"Allah, tiada Tuhan melainkan Dia, (Ia) Hidup Berdiri (memelihara semesta alam), Dia tidak mengantuk dan tidak pula tidur. BagiNya apa-apa yang di langit dan apap-apa yang di bumi. Tiada yang memberi syafaat (pertolongan) di sisiNya, melainkan dengan izinNya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan apa-apa yang di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu pengetahuan, melainkan dengan kehendakNya. KursiNya ( IlmuNya/KerajaanNya) meliputi langit dan bumi dan tidak susah bagiNya memelihara keduanya. Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar".Surah Ali-Imran ayat (18).
"Allah telah menyatakan bahawa, tiada Tuhan kecuali Dia dan telah mengakui pula malaikat dan orang-orang yang berilmu, sedang Allah berdiri dengan keadilan. Tiada Tuhan kecuali Dia yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana"

CARA FILSAFAT TENTANG TUHAN
Sistem pemikiran Filsafat tentang memastikan adanya tuhan terdiri atas : Ateisme, Teisme, Anti-Teisme, Agnostisisme, Monoteisme, Panteisme, Paneteisme, Deisme.

1.   Ateisme
Ateisme adalah sebuah pandangan filosofi yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan dan dewa-dewi ataupun penolakan terhadap teisme. Dalam pengertian yang paling luas, ia adalah ketiadaan kepercayaan pada keberadaan dewa atau Tuhan.
Istilah ateisme berasal dari Bahasa Yunani ἄθεος (atheos), yang secara peyoratif digunakan untuk merujuk pada siapapun yang kepercayaannya bertentangan dengan agama/kepercayaan yang sudah mapan di lingkungannya. Dengan menyebarnya pemikiran bebas, skeptisisme ilmiah, dan kritik terhadap agama, istilah ateis mulai dispesifikasi untuk merujuk kepada mereka yang tidak percaya kepada tuhan. Orang yang pertama kali mengaku sebagai "ateis" muncul pada abad ke-18. Banyak ateis bersikap skeptis kepada keberadaan fenomena paranormal karena kurangnya bukti empiris. Yang lain memberikan argumen dengan dasar filosofis, sosial, atau sejarah.
Seorang ateisme menyangsikan akan adanya Tuhan dan banyak lagi orang yang menyangsikan akan adanya kebangkitan sesudah mati. Mereka percaya, bahwa kesadaran dan kepribadian akan selesai sesudah orang mati. Akan tetapi seorang yang tidak percaya kepada Tuhan mungkin juga seorang yang baik. Seringkali kebaikan seseorang itulah yang menjadikannya orang lain tidak percaya. Ia adalah seorang yang terlalu jujur, sehingga tak mau menerima suatu hal kecuali dengan bukti yang jelas.

2.   Teisme
Teisme berpendapat bahwa alam diciptakan oleh Tuhan yang tidak terbatas, antara Tuhan dan makhluk sangat berbeda. Menurut teisme, Tuhan disamping berada di alam (Imanen), tetapi dia juga jauh dari alam (Transenden). Ciri lain dari teisme menegaskan bahwa Tuhan setelah menciptakan alam, tetap aktif dan memelihara alam. karena itu, dalam teisme mukjizat yang menyalai hukum alam diyakini kebenarannya, begitu juga do’a seorang akan digelar.
Lebih lanjut konsep teisme dalam Islam dijelaskan oleh Al-Ghozali. Menurutnya Allah adalah zat yang Esa dan pencipta alam serta berperan aktif dalam mengendalikan alam. Allah menciptakan alam dari tidak ada.
Manusia, menurut Agustinus sama dengan alam, tidak abadi. Manusia terdiri atas jasad yang fana dan jiwa yang tidak mati. Setelah kematian jiwa menunggu penyatuan, baik dengan jasad lain maupun dengan keadaan yang lebih tinggi yaitu syurga atau neraka. Ketika dibangkitkan jiwa manusia akan mencapai kesempurnaan. Karena itu, hakikat yang sebenarnya dari manusia adalah jiwa, bukan jasadnya. Jiwa yang bersih akan kembali ke penciptanya yaitu Tuhan.
Ibn maimun seorang filosof Yahudi yang berpaham teisme menyatakan, Tuhan meliputi semua posisi yang penting, tidak berjasad dan tidak berpotensi dan tidak menyerupai makhluk. Dalam hal ini Tuhan sama sekali jauh dari pengetahuan dan pemahaman manusia.

3.   Anti-Teisme
Anti-Teisme  merupakan paham atau ajaran yang menolak atau melawan (anti) terhadap paham atau ajaran-ajaran teisme (percaya adanya Tuhan). Paham ini secara jelas sangat bertentangan dengan teisme.

4.   Agnostisisme
Agnostisisme adalah pandangan bahwa keberadaan Allah tidak mungkin diketahui atau dibuktikan. Kata “agnostik” pada dasarnya berarti “tanpa pengetahuan.” Agnostisisme adalah bentuk atheisme yang secara intelektual lebih jujur. Atheisme mengklaim bahwa tidak ada Allah – suatu posisi yang tidak dapat dibuktikan. Agnostisisme berargumentasi bahwa keberadaan Allah tidak dapat dibuktikan atau disangkali – adalah tidak mungkin untuk mengetahui apakah Allah itu ada. Dalam konsep ini agnostisisme benar. Keberadaan Allah tidak dapat dibuktikan atau disangkali secara empiris.
Agnostisisme pada hakekatnya adalah penolakan untuk mengambil keputusan apakah Allah ada atau tidak. Ini adalah bentuk paling utama dari ketidakmampuan untuk mengambil keputusan. Agnostik percaya bahwa kita tidak boleh percaya atau tidak percaya akan keberadaan Allah karena tidak mungkin untuk mengetahui atau menyangkalinya.

5.   Monoteisme
Monoteisme (berasal dari kata Yunani monon yang berarti tunggal dan Theos yang berarti Tuhan) adalah kepercayaan bahwa Tuhan adalah satu/tunggal dan berkuasa penuh atas segala sesuatu.

6.   Panteisme
Panteisme terdiri dari tiga kata, yaitu Pan, berarti seluruh, Theo, berarti Tuhan, dan Ism (Isme), berarti paham. Jadi, Pantheism atau Panteisme adalah Paham bahwa seluruhnya Tuhan.
Panteisme berpendapat bahwa seluruh alam ini adalah Tuhan dan Tuhan adalah seluruh alam. Tuhan dalam panteisme adalah satu dan sangat dekat dengan alam (imanen), hanya Tuhan mempunyai penampakan-penampakan atau cara berada tuhan di alam. Tuhan dalam panteisme, disamping Esa juga Maha Besar, dan tidak berubah. Alam indrawi adalah ilusi atau khayal belaka karena selalu berubah. Adapun, yang wujud hakiki hanya satu, yakni Tuhan.
Dalam Panteisme segala sesuatu adalah Tuhan, tidak satu pun yang tidak tercakup didalam-Nya dan tidak satu pun yang bisa berada tanpa Tuhan.

7.  Paneteisme
Istilah panenteisme telah diperkenalkan pertama kali oleh filsuf idealis Jerman Karl Friedrich Christian Krause (1781-1832). Panenteisme berasal dari kata Yunani “πᾶν” (pan) berarti semua, “ἐν” (en) berarti didalam dan “θεός” (theos) yang berarti Tuhan. Dengan demikian, berarti Semua berada di dalam Tuhan (all-in-God). Istilah ini merujuk kepada sebuah sistem kepercayaan yang beranggapan bahwa dunia semesta berada dalam Tuhan. Bagi Karl Friedrich Christian Krause (1781-1832) sebagai seorang Hegelian dan guru Schopenhauer, mempergunakan kata panenteisme untuk mendamaikan konsep teisme dengan panteisme. Istilah panenteisme muncul pertama kali sebagai system pemikiran filosofis dan religius pada tahun 1828.
Panenteisme memahami Tuhan dan dunia saling terkait satu sama lain. Tuhan punya relasi timbal balik dengan dunia, dunia berada di dalam Tuhan dan Tuhan hadir berada di dalam dunia. Gagasan ini menawarkan alternatif baru pemikiran yang semakin populer melalui sisntesis pemikiran teisme tradisional dan panteisme. Panenteisme berusaha untuk menghindari gagasan mengisolasi Tuhan dari dunia sebagaimana dipahami teisme tradisional dan gagasan yang meleburkan Tuhan dan dengan dunia sebagaimana panteisme.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Panenteisme merupakan paham atau pemikiran dalam filsafat ketuhanan yang berpandangan bahwa Tuhan berada di alam semesta sebagai kesatuan dua pola yaitu actual dan potensial. Pola actual Tuhan senantiasa berubah, terbatas dan temporal, sedangkan pola potensial Tuhan bersifat abadi dan tidak berubah. Secara literal, Panenteisme (pan – en - theisme) merupakan konsep ketuhanan yang dapat dikatan sebagai semua – di dalam – Tuhan.

8.  Deisme
Deisme merupakan suatu aliran yang mengakui adanya pencipta alam semesta, tetapi setelah alam semesta selesai diciptakan, Tuham menyerahkan dunia pada nasibnya sendiri. Sebab, sang Pencipta sudah memasukkan hukum dunia kedalamnya sehingga manusia dapat menunaikan tugasnya dengan berbakti kepada Tuhan dengan hidup yang sesuai dengan hukum akalnya.
Alam berjalan sesuai dengan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan ketika proses penciptaan. Peraturan-peraturan tersebut tidak berubah-ubah dan sangat sempurna. Dalam paham deisme, Tuhan diibaratkan dengan tukang jam yang sangat ahli, sehingga setelah jam itu selesai tidak membutuhkan si pembuatnya lagi. Jam itu berjalan sesuai dengan mekanisme yang telah tersusun dengan rapi.
Para penganut deisme sepakat bahwa Tuhan Esa dan jauh dari alam, serta maha sempurna. Mereka juga sepakat bahwa Tuhan tidak melakukan interbensi pada alam lewat kekuatan supernatural. Bagaimanapun, tidak semua penganut deisme setuju tentang keterlibatan Tuhan dalam alam dan kehidupan sesudah mati. Karena itu, atas dasar perbedaan tersebut deisme dapat dibagi atas empat tipe yaitu :
Pertama, Tuhan tidak terlibat dengan pengaturan alam. Dia menciptakan alam dan memprogramkan perjalanannya, tetapi dia tidak menghiraukan apa yang telah terjadi atau apa yang akan terjadi.
Kedua, Tuhan terlibat dengan kejadian-kejadian yang sedang terlangsung dialam, tetapi bukan mengenai perbuatan moral manusia. Manusia memiliki kebebasan utnuk berbuat baik atau buruk, bermoral atau tidak bermoral, dan jujur atau bohong, semuanya itu bukan urusan Tuhan.
Ketiga, Tuhan mengatur alam dan sekaligus memperhatikan perbuatan moral manusia. Sesungguhnya Tuhan ingin menegaskan bahwa manusia harus tunduk pada hukum moral yang telah dia tetapkan dijagad raya. Bagaimanapun, manusia tidak akan hidup sesudah mati. Ketika seseorang mati, maka babak terakhir kehidupannya ditutup.
Keempat, Tuhan mengatur alam dan mengharapkan manusia mematuhi hokum moral yang berasal dari alam. Pandanganaini berpendapat bahwa ada kehidupan setelah mati. Seseorang yang berbuat baik akan dapat pahala dan yang berbuat jahat akan dapat hukuman. Pandangan tersebut berkembang dan banya dianut di Amerika dan Inggris.

Tiada ulasan: