Catatan Popular

Jumaat, 2 Mac 2018

BELAJAR BERSYUKUR DARI UMAR AL KHATTAB


Bersyukurlah, maka Allah akan melimpahkan Rahmat-Nya kepadamu.

Ada sebuah kisah yang sangat indah dari sahabat Rasulullah Umar bin Khattab.

Umar bin Khattab adalah sahabat Nabi sekaligus khalifah yang sangat zuhud dan pandai bersyukur pada Allah swt. Dalam suatu riwayat diceritakan bahwa Umar bin Khattab ini selalu bersyukur, baik ketika menerima nikmat atau pun sedang ditimpa musibah. Umar selalu mengucapakan hamdalah empat kali ketika ditimpa musibah.

Hamdalah pertama, kata Umar, ia bersyukur karena Allah tidak menurunkan musibah yang lebih berat dari musibah saat itu. Karena, kalau Allah berkehandak, bukankah Dia bisa mendatangkan bencana yang lebih berat dan lebih dahsyat dari itu?

Hamdalah kedua, Umar bersyukur karena Allah tidak menurunkan musibah itu terhadap agamanya. Karena bagi Umar, agama itu jauh lebih berharga dari pada dunia dan seisinya.

Hamdalah ketiga, Umar bersyukur karena Allah masih memberinya kesabaran dan terus memelihara kesabaran itu di dadanya. Karena Umar yakin Allah akan membalas kesabarannya dengan surga. Dan sungguh, surga lebih dirindukan oleh Umar dari pada dunia dan keindahannya.

Hamdalah keempat, Umar bersyukur karena Allah masih menolongnya untuk memperoleh kembali nikmat yang hilang. Karena Allah telah berjanji akan menggantikan setiap apa yang telah lepas darinya dengan rahmat dan kasih sayang Allah. Itu semua jauh lebih berharga dari pada apa yang telah lepas dari genggamannya. Sungguh Allah Maha Kaya, dan adalah mudah bagi-Nya untuk mengganti setiap yang hilang dari hamba-Nya dengan sesuatu yang lebih baik dan lebih berharga.

Tiada ulasan: