Catatan Popular

Selasa, 20 Mac 2018

BERDAGANG DENGAN ALLAH


Imam Ahmad Syihabuddin Bin Salamah Al-Qulyuby.

Diceritakan : pada suatu hari  dirumah Ali ada 5 jiwa : Fatimah, Hasan, Husain, Haris, mereka tinggal disitu tanpa makan, dan Fatimah punya selendang lalu ia berikan ke Ali, supaya menjualnya dengan harga enam dirham dan menyedaqahkannya pada orang fakir. 

Kemudian ditengah jalan ia bertemu dengan Jibril dengan bentuk manusia membawa unta dari surga. Lalu jibril berkata kepadanya : Hai bapaknya Hasan, belilah untaku lalu Ali berkata : aku tidak punya wang untuk membayar.

Jibril berkata : dengan dihutang. Lalu Ali berkata : berapa harganya ?. Jibril menjawab : seratus dirham. Lalu Ali membelinya dengan cara hutang dan memegang kendalinya. Lalu ia pergi. Di tengah jalan ia dihadapi dengan Mikail dengan wujud orang pedalaman.

Lalu Mikail berkata : apa kau jual unta ini hai bapaknya Hasan ?. Ali menjawab : benar. Kau dulu beli dengan harga berapa ? Tanya Mikail. “Seratus dirham”  jawab Ali. Lalu MIkail berkata : sekarang aku akan beli dengan harga seratus enam puluh dirham. Lalu Ali menjualnya dengan harga tersebut. Kemudian mikail membayarkan wangnya, lalu Ali mengambilanya kemudian pergi.

Ditengah jalan ia bertemu dengan penjual yang pertama yaitu jibril. Dia berkata : berikanlah hakku. Lalu Ali memberiakan seratus dirham kepadanya, dan masih mempunyai sisa enam puluh dirham. 

Kemudian wang itu ia bawa pulang kerumahnya disamping Fatimah. Kemudian Ali menggenggamkan wang tadi ditangan Fatimah.

Fatimah bertanya : Dari mana ini ?. Ali menjawab : Aku berdagang dengan Allah enam dirham dan Allah memberiku enam puluh dirham, masing-masing dirham itu sepuluh dirham. Lalu Ali datang kepada Nabi dan mengabarkan kisah tersebut. 

Lalu Nabi berkata : Ya Ali, penjual adalah jibril, pembeli adalah Mikail, sedangkan untanya adalah kendaraan Fatimah di hari kiamat. 

Lalu Nabi berkata : “Hai Ali. Aku memberikanmu tiga perkara yang selainmu tidak kuberikan :
1. Kau punya istri yang menjadi ratu perempuan surga
2. Kau punya anak dua yang menajdi raja surga semua
3. Kau menjadi menantu rajanya utusan.”

Tiada ulasan: