Catatan Popular

Selasa, 20 Mac 2018

BUAH SEDEKAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN MAYAT


Imam Ahmad Syihabuddin Bin Salamah Al-Qulyuby.

Diceritakan dari Abi Qulabah, bahwasanya di dalam tidurnya ia melihat kuburan. Sepertinya kuburannya terbelah, dan mayat-mayat keluar dan duduk pada tepi kuburan. Sepertinya diantara tangan setiap satu orang dari mayat-mayat  itu terdapat mangkok dari cahaya. Ia melihat diantara mayat-mayat itu ada laki-laki dari tetangga-tetangganya  dan tidak melihat cahaya diantara tangannya. Lantas ia bertanya pada laki-laki tadi, dan berkata : “Aku tidak melihat cahaya diantara kedua tanganmu”. Lalu laki-laki itu menjawab : “Sesungguhnya mereka mempunya anak-anak dan teman-teman yang mendoakan mereka  dan bershodaqoh untuk mereka.

Dan cahaya ini dari sesuatu yang anak-anak dan teman-teman mereka kirimkan padanya. Dan padaku anak yang tidak sholeh, yang tidak mendoakan dan shodaqoh untukku maka tidak ada cahaya padaku. Dan sesungguhnya aku lebih memalukan darpada tetanggaku”. Ketika Abu Qulabah sadar,ia memanggil anak mayat laki-laki tadi serta memberitahukan padanya apa yang ia lihat.

Lalu anak itu berkata pada Abi Qulabah : “Aku akan bertobat dan tidaka akan mengulangi apa yang telah aku lakukan. Kemudian ia kembali taat dan berdoa serta bershodaqoh untuk ayahnya. Lalu setelah masa Abu Qulabah melihat kuburan itu pada keadaan mayat yang pertama kali, ia melihat diantara tangan laki-laki itu terdapat cahaya keagungan yang lebih terang daripada cahaya matahari dan lebih sempurna daripada cahaya selainnya.

Kemudian laki-laki itu berkata : “Hai Abu Qulabah, semoga Allah memberikan balasan padamu. Kemudian kamu tinggal menyelamatkan anakku dari neraka dan selamatlah aku dari rasa maluku diantara tetangga-tetangga.

Tiada ulasan: