Catatan Popular

Selasa, 20 Mac 2018

QANAAH DENGAN HARTA YANG SEDIKIT

Imam Ahmad Syihabuddin Bin Salamah Al-Qulyuby.

Diceritakan dari Uwais al Yamani, ia berkata : ada seorang laki-laki yang mempunyai empat orang anak, kemudian laki-laki tadi sakit.

Lalu salah satu dari anaknya berkata pada anaknya yang lain : “Apakah kalian yang akan merawatnya dan kalian tidak mendapatkan sesuatupun dari warisannya, atau aku yang akan merawatnya dan akupun tidak mendapatkan sesuatupun dari warisannya?”.

Mereka tidak mau kemudian ia yang merawatnya sampai ayahnya tersebut mati dan ia tidak mendapakan sepeserpun dari warisannya. Didalam tidur dikatakan padanya : “Pergilah kamu ke tempat seperti ini dan seperti ini lalu ambillah seratus dinar darinya dan padanya tidak ada barakah”. Kemudian menjelang pagi laki-laki tersebut menceritakan hal tersebut pada istrinya.

Si istri berkata pada laki-laki tersebut : “Ambillah dinar itu “. Lalu laki-laki tersebut menolaknya. Pada malam hari kedua dikatakan : “Pergilah kamu ketempat seperti ini dan seperti ini lalu ambillah sepuluh dinar darinya dan didalamnya tidak ada barakah”. 

Kemudian ia musyawaroh dengan istrinya, istrinya membujuk untuk mengambilnya, lalu ia menolaknya. Kemudian pada malam ketiga seseorang dating dan berkata padanya : “Pergilah kamu ketempat seperti ini dan seperti ini lalu ambillah satu dinar dan didalamnya terdapat barokah”. Lantas laki-laki itu pergi ketempat itu dan mengambil harta tersebut.

Ketika keluar dari tempat itu dengan membawa harta ia melihat seseorang yang menjual dua ikan besar. Ia bertanya pada penjual itu : “Dengan harga berapa kamu jual kedua ikan besar ini ?”. Penjual menjawab : “Ku jual dengan harga satu dinar”. Laki-laki itupun mengambil keduanya. Dan pulang dengan kedua ikan itu ke rumahnya. Kemudian merobek perut keduanya, tiba-tiba dalam perut dari setiap ikan itu terdapat intan yatimah. Kemudian ia pergi dengan salah satu dari kedua ikan itu ke raja. Lalu raja dengannya memberikan balasan yang besar.

Dan berkata pada laki-laki itu : “Ini tidak pantas tanpa dengan saudaranya, maka datangkanlah saudaranya dan kami akan memberikan balasan yang sama padamu. Lalu laki-laki itu pergi dan menghadirkan ikan yang satu lagi kemudian raja memberikan harta yang telah raja janjikan padanya. Lalu hasillah barakah orang tuanya.
Semoga Allah merahmatinya

Tiada ulasan: