Catatan Popular

Isnin, 28 Jun 2021

KITAB AJARAN KAUM SUFI AL-KALABADZI : AJARAN 69.MENGENAI PERINGATAN TUHAN KEPADA MEREKA MELALUI PEMIKIRAN

Kitab Al-Ta-aruf li-Madzhabi Ahl Al-Tashawwuf

Karya Ibn Abi Ishaq Muhammad ibn Ibrahim ibn Ya’qub Al-Bukhari AL-KALABADZI

 

Abu Bakr ibn Mujahid al-Muqri menuturkan kisah berikut ini. Abu Amr ibn al-Ala pada suatu hari datang untuk memimpin para jamaah untuk berdoa. Waktu itu dia bukan seoarng imam, sehingga dia harus didatangkan. Setelah melangkah, dia berkata kepada orang-orang itu : “Tempatkan diri kalian masing-masing.”

Lalu dia pingsan dn tidak sadar sampai keesokan harinya. Ketika ditanyakan kepadanya mengenai hal ini dia berkata : “Pada saat aku berkata pada kalian, “Tempatkan diri kalian msing-masing,” suatu pemikiran dari Tuhan merasuki hatiku, seolah-olah Tuhan berfirman kepadaku : “Wahai hamba-Ku! Sudahkah engkau tempatkan dirimu bersamaku kecuali hanya sekejap mata saja, dan engkau telah berani memerintah orang lain untuk menempatkan diri mereka?”

Al-Junaid berkata : “Suatu kali aku sakit, dan mohon pada Tuhan agar Dia berkenan menyembuhkanku. Dia bersabda kepadaku di dalam kesadaranku : “Jangan masuk di antara Aku dan jiwamu.”

Salah seorang sahabt kami mendengar Muhammad ibn Sa’dan menuturkan bahwa dia mendengar salah seorang tokoh besar Sufi berkata : “Setiap kali aku tidur sebentar, aku mendengar sebuah suara memanggilku dan berkata : “Apakah engkau tidur dari-Ku? Jika engkau tidur dari-Ku, sesungguhnya aku akan melecutmu dengan cambuk.”

 

Tiada ulasan: