Catatan Popular

Isnin, 30 Oktober 2017

TAFSIR AL JAILANI SURAH 78 AN NABA, AYAT 26 - 30



TAFSIR AL JAILANI OLEH SYEIKH ABDUL QADIR AL JAILANI (QUTUBUL GHAUTS)

JUZ AMMA

Ayat 26.

Secara garis besar, mereka diberi balasan di neraka dengan (جَزَاءً وِفَاقًا) [pembalasan yang setimpal], sesuai dan selaras dengan perbuatan yang telah mereka lakukan saat di dunia.

Ayat 27.

Ringkasnya, (إِنَّهُمْ) [Sesungguhnya mereka] pada saat secara sengaja melakukan maksiat dan berniat melakukan berbagai perbuatan dosa, (كَانُوْا لَا يَرْجُوْنَ) [tidak takut] dan tidak mengharapkan adanya (حِسَابًا) [hisab] serta tidak takut pada siksa.

Ayat 28.

(وَ) [Dan] karena inilah (كَذَّبُوْا) [mereka mendustakan] ayat-ayat Kami yang menunjukkan betapa sempurna kekuasaan dan kemampuan Kami untuk memberikan berbagai kenikmatan dan pembalasan. Mereka juga mendustakan para rasul Kami yang dikirim kepada mereka dengan membawa (بِآيَاتِنَا كِذَّابًا) [ayat-ayat Kami dengan sungguh-sungguhnya], namun mereka tetap mendustakannya dengan kedustaan yang kuat dan pengingkaran yang sangat keras sampai mereka mencemooh ayat-ayat dan para rasul yang Kami utus.

Ayat 29.

(وَ كُلَّ شَيْءٍ أَحْصَيْنَاهُ كِتَابًا) [Dan segala sesuatu sudah Kami catat dalam suatu kitab] maksudnya: meskipun mereka melakukan pendustaan dan penentangan yang sangat keras, Kami tetap memerinci amalan dan mencatat semua kebiasaan buruk mereka dalam catatan amal mereka. Lalu mereka akan dihisab berdasarkan catatan tersebut dan dibalas sesuai dengan isinya. Setelah mereka dihisab dan dihukum, maka – sebagai celaan dan teguran – , dikatakan kepada mereka:

Ayat 30.

(فَذُوْقُوْا) [Karena itu rasakanlah] wahai orang-orang yang melampaui batas. (فَلَنْ نَّزِيْدَكُمْ) [Dan Kami sekali-kali tidak akan menambah kepada kamu] berdasarkan perbuatan dan kedustaan kalian, (إِلَّا عَذَابًا) [selain daripada azab] di atas azab.
Dalam sebuah hadits dikatakan: “Ayat ini merupakan ayat paling keras dalam al-Qur’an yang ditujukan kepada penghuni neraka.” (651)
Kemudian Allah s.w.t. mengiringi ancaman yang ditujukan kepada ahli neraka dengan janji yang ditujukan kepada kaum Mukmin demi untuk memperbesar siksaan yang mereka terima, dan juga untuk menegaskan bahwa:

Tiada ulasan: