Catatan Popular

Isnin, 30 Oktober 2017

TAFSIR AL JAILANI SURAH 78 AN NABA, AYAT 6 - 10



TAFSIR AL JAILANI OLEH SYEIKH ABDUL QADIR AL JAILANI (QUTUBUL GHAUTS)

JUZ AMMA

Ayat 6.

(أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا) [Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan]
bagi mereka, di mana ketika bumi tersebut dihamparkan dan dibentangkan, mereka dapat menjelajahi dan beristirahat di atasnya?

Ayat 7.

(وَ) [Dan] bukankah Kami telah menjadikan (الْجِبَالَ أَوْتَادًا) [gunung-gunung sebagai pasak] bagi bumi untuk menguatkan dan mengokohkannya?

Ayat 8.

(وَ خَلَقْنَاكُمْ) [Dan Kami jadikan kamu]
yakni: Kami ciptakan kalian, wahai orang-orang mukallaf, dalam keadaan (أَزْوَاجًا) [berpasang-pasangan] dan bergolong-golongan serta berjenis laki-laki dan perempuan supaya kalian saling mengasihi dan beranak-pinak.

Ayat 9.

(وَ جَعَلْنَا نَوْمَكُمْ) [Dan Kami jadikan tidurmu] di malam-malam yang kamu lalui (سُبَاتًا) [untuk istirahat]
yakni: suatu kondisi yang mencegahmu dari ketersadaran dan dari melakukan gerakan demi untuk mengendurkan semua urat saraf dan ototmu sehingga kamu bisa beristirahat, dan menghilangkan keletihan dan kelemahan yang dialami urat saraf dan ototmu. Dengan istirahat yang cukup, kamu bisa kembali menyibukkan diri dengan berbagai perbuatan di siang harinya dengan keberanian dan kekuatan yang sempurna.

Ayat 10.

(وَ جَعَلْنَا اللَّيْلَ) [Dan Kami jadikan malam] bagimu (لِبَاسًا) [sebagai pakaian],
penutup, dan selimut yang dapat kamu pergunakan untuk menutupi dan menyembunyikan dirimu, karena waktu malam mengandung sesuatu yang dapat menyembunyikan permintaanmu.

Tiada ulasan: