Catatan Popular

Jumaat, 13 Oktober 2017

HIKAM ATHAILLAHKE 32 SYARAH SYEIKH ABDULLAH ASY- SYARQAWI : AIB DIRI LEBIH BAIK DARI MENYIBAK TIRAI GHAIB




Menurut Kalam Al - Arifbillah Syeikh Ahmad Ibnu Athaillah As kandary:

“Usahamu untuk mencari-cari kekurangan yang tersembunyi di dalam dirimu lebih baik daripada usahamu untuk menyibak tirai gaib yang terhijab bagimu”

           Contoh kekurangan diri ialah sifat riya’, tingkah laku tidak sopan, bermuka dua, suka jabatan dan haus akan kedudukan. Maknanya, kau harus mengarahkan tekadmu untuk menghapus semua keburukan itu dengan riyadhah dan mujahadah, serta berusaha untuk terbebas darinya. Upaya ini biasanya harus dibawah bimbingan seorang guru. Langkah di atas lebih baik daripada usahamu dalam menelusuri takdir yang terselubung, pelajaran yang tersembunyi, rahasia-rahasia ilahi, ilmu laduni atau karamah. Biasanya, itu semua ditujukan demi kepuasan dirimu, bukan demi mencari rida Tuhanmu.
            Oleh karena itu, jangan kau cari semua itu dengan amalan-amalanmu. Jangan kau sibukkan hatimu dengannya. Jangan pula berhenti di tempat munculnya karamah tersebut karena hal itu justru akan mengurangi ibadahmu.
            Oleh sebab itu, orang-orang bijakpandai, “jadilah pencari istikamah, jangan menjadi pencari karamah.”
Jiwamu selalu bergerak dan berkeinginan mencari karamah, padahal Tuhanmu menuntutmu untuk istikamah. Untuk itu, menunaikan hak Tuhanmu lebih baik ketimbang kau menunaikan keinginanmu sendiri.

Tiada ulasan: