Catatan Popular

Rabu, 17 Oktober 2012

KITAB MADARIJUS SALIKIN SIRI 10: Bangunan Iyyaka Na'budu dan Keharusan Ibadah Hingga Akhir Hayat

SIRI 10

IBNU QAYYIM AL JAUZIYYAH

Iyyaka na'budu didasarkan kepada empat kaidah, iaitu mewujudkan
apa yang dicintai Allah dan Rasul-Nya, berupa perkataan hati dan lisan,
amal hati dan anggota badan. Ubudiyah merupakan nama yang meliputi
empat tingkatan ini.
Perkataan hati merupakan keyakinan terhadap apa yang dikabarkan
Allah, tentang Diri-Nya, sifat, asma' dan perbuatan-Nya, para malaikat,
perjumpaan dengan-Nya, yang disampaikan para rasul-Nya. Perkataan
lisan adalah pengabaran tentang keyakinan ini. Amal hati ialah seperti
cinta kepada Allah, tawakal, tunduk, takut dan berharap kepada-Nya serta
hal-hal lain yang merupakan gerak hati. Sedangkan amal anggota tubuh
seperti shalat, jihad, melangkah ke masjid untuk shalat Jum'at dan
jama'ah, membantu orang miskin, berbuat baik kepada sesama manusia
dan lain sebagainya.
Sementara itu, keharusan melaksanakan iyyaka na'budu berlaku
hingga akhir hayat. Allah befirman,

"Dan, sembahlah Rabbmu sampai datang kepadamu yang diyakini
(ajal)." (Al-Hijr. 99).

Di dalam Ash-Shahih juga disebutkan tentang kisah kematian Uts-man
bin Mazh'un, Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

 "Telah datangkepada Utsman ajal dari Rabb-nya."

Hamba tidak terbebas dari ibadah selagi dia berada di dunia. Bahkan
di alam Barzakh pun dia tetap memiliki bentuk ibadah tersendiri tatkala
dua malaikat bertanya kepadanya, "Siapakah yang disembah dan
apakah yang dia katakan tentang Rasulullah?" Maka kedua malaikat
menunggu jawaban yang akan keluar dari hamba itu. Bahkan pada hari
kiamat pun masih ada ibadah yang dilakukan, yaitu saat Allah menyeru
semua makhluk untuk sujud. Maka orang-orang Mukmin sujud, sedangkan
orang-orang kafir dan munafik tidak bisa sujud. Jika sudah masuk surga
atau neraka, maka tidak ada lagi kewajiban, selain dari tasbih yang
dilakukan para penghuni surga.
Siapa yang berpendapat bahwa dia sudah mencapai suaru tingkatan
yang membuatnya terbebas dari ibadah adalah orang zindiq yang kafir
kepada Allah dan Rasul-Nya. Padahal orang yang mencapai sekian banyak
Mereka adalah orang-orang sufi, yang menganggap sesembahannya adalah hakikat
alam yang pertama dan inti yang menjadi sumber kejadian segala sesuatu. Para rasul
menurut pendapat mereka adalah orang-orang yang tidak mengetahui hakikat ini. Karena
itu para rasul tetap bcribadah kepada Allah dan mengajak manusia untuk beribadah,
mengikuti syariat dan hukum-hukum-Nya. Sedangkan orang sufi yang sudah mencapai
tingkatan ma'rifat adalah yang mengetahui hakikat ini dan juga mengetahui bahwa hamba
adalah sesembahan, karena di dalam dirinya ada inti kejadian. Mereka menafsiri "Yang
diyakini" (dalam surat Al-Hijr: 99) seperti anggapan mereka ini. Dengan pengertian,
sembahlah Allah hingga engkau mencapai hakikat ini. Jika engkau sudah mencapai
tingkatan ma'rifat, maka tiada lagi kewajiban atas dirimu, tidak ada batasan wajib dan
haram. Di antara propaganda pendapat ini adalah Ibnu Araby.
tingkatan ibadah, justru ibadahnya semakin besar dan kewajibannya lebih
banyak daripada yang lain, seperti kewajiban para rasul yang lebih banyak
dan lebih berat.

Tiada ulasan: