Catatan Popular

Sabtu, 27 Oktober 2012

TOKOH SUFI KLASIK (6) : DZUN NUN MENANGIS


Suatu hari sahabat-sahabatnya mendapati Dzun Nun sedang menangis.

"Mengapa engkau menangis?", tanya mereka.

"Kemarin malam ketika bersujud di dalam shalat, mataku tertutup dan aku pun tertidur. Terlihat olehku Allah dan Dia berkata kepadaku: 'Wahai Abul Faiz, Aku telah menciptakan semua makhluk terbagi dalam sepuluh kelompok. Kepada mereka aku berikan harta kekayaan dunia. Semuanya berpaling kepada kekayaan dunia kecuali satu kelompok. Kelompok ini terbagi pula menjadi sepuluh kelompok. Kepada mereka Aku berikan surga. Semuanya berpaling kepada surga kecuali satu kelompok.

Kemudian kelompok ini terbagi pula menjadi sepuluh kelompok. Kepada mereka aku tonjukkan neraka. Semua lari menghindar kecuali satu kelompok yaitu orang-orang yang tidak tergoda oleh harta kekayaan dunia, tidak mendambakan surga dan tak takut pada neraka. Apakah sebenarnya yang kalian kehendaki?' Semuanya menengadahkan kepalanya sambil berseru: "Sesungguhnya Engkau lebih mengetahui apa yang kami kehendaki!".

Tiada ulasan: